Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

10 Gunung yang Harus Anda Daki di Indonesia

gunung-gunung di Indonesia

Menjelajahi gunung-gunung di Indonesia memang sepertinya tiada akhirnya. Pasalnya, menurut data statistik gunung.id, jumlah gunung di Indonesia sebesar 240 gunung. Lain lagi dengan data yang diperoleh dari peakvisor.com, jumlah gunung yang telah diberi nama di Indonesia menyentuh angka 27.886 gunung.

Anda dapat menghabiskan hidup Anda hanya untuk mendaki semua gunung di Indonesia.

Kendati demikian terdapat beberapa gunung yang direkomendasikan bagi Anda karena pesona alam yang tiada lawannya. Pemandangan mulai dari matahari terbit, tebing curam, padang rumpur, hingga pemandangan di atas awan.

Yuk simak gunung mana saja yang dapat Anda jelajahi;

1. Gunung Bromo

gunung bromo
image by: https://images.pexels.com

Gunung ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur dan menjadi destinasi wisata bagi wisatawan lokan dan mancanegara. Wisatawan berbondong-bondong untuk datang ke Gunung Bromo untuk menikmati sunrise.

Tempat wisata Gunung Bromo ini juga menawarkan wisata lain selain mendaki gunung. Anda apat menyewa mobil jeep untuk berkeliling dan menikmati keindahan pasir hitam Gunung Bromo.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Malang Anti Mainstream

2. Gunung Semeru

Gunung semeru
image by: Okezone Travel

Gunung ini masih berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pemandangan terhadap gungun ini tidak kalah cantiknya dengan Gunung Bromo. Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan menawarkan pemandangan menarik berupa terbitnya matahari yang sangat menawan.

Tidak heran Gunung Semeru adalah destinasi wisata favorit para pendaki gungun yang ingin melihat sunrise dari puncaknya. Perjalanan menuju puncak memang sangat melelahkan, namun Anda akan terpukau dengan keindahan alam selama Anda mendaki.

3. Gunung Prau

Gunung prau
image by: https://images.pexels.com

Gunung yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 2.565 meter di atar permukaan laut. Lebih tepatnya, gunung ini memiliki posisi di daratan tinggi Dieng. 

Gunung ini menawarkan pemandangan indah dengan mempertontonkan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Selain itu, pendaki pemula juga tidak akan kesulitan apabila ingin mencapai puncaknya.

Cek juga: Ingin Kirim Barang ke Wonosobo? Pakai Cargo Wonosobo Ini Aja!

4. Gunung Rinjani

Gunung rinjani
image by: https://images.pexels.com

Lombok adalah destinasi wisata yang tidak hanya ditinjau dari pantainya, namun juga gunungnya. Pulau Lombok memiliki gunung yang bernama Gunung Rinjani.

Gunung rinjani memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut dan sering menjadi wisata trekking terbaik se-Asia Tenggara. Saat mendaki Gunung Rinjani, Anda dapat menikmati pemandangan berupa Danau Segara Anak.


5. Gunung Ijen

gunung kawah ijen
image by: https://images.pexels.com

Gunung Ijen adalah salah satu gunung yang menjadi destinasi wisata favorit yang berada di Provinsi Jawa Timur. Gunung yang sangat cantik ini berada diantara 3 kabupaten yaitu, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso.

Salah satu pemandangan terfavorit bagi wisatawan terhadap gunung ini adalah kawah ijen. Kawah ini memberikan fenomena yang sangat unik yaitu mengeluarkan api berwarna biru pada malam hari. Fenomena Kawah Ijen ini hanya satu-satunya di dunia dan dapat Anda temukan di Pulau Jawa, tepatnya Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jawa Timur Dijamin Ketagihan

6. Gunung Kelimutu

gunung kelimutu
image by: https://kelimutu.id

Gunung Kelimutu adalah sebuah gunung yang berada di Pulau Flores dan menawarkan keindahan berupa danau. Tidak hanya satu danau, loh! Danau di Puncak Gunung Kelimutu memiliki 3 warna yang berbeda.

Apabila Anda memiliki ketertarikan untuk mendaki Gunung Kelimutu, Anda tidak perlu bersusah payah seperti gunung lainnya. Hal ini disebabkan Gunung Kelimutu memiliki fasilitas anak tangga yang dapat membawa Anda dengan mudah untuk mendaki puncak.

7. Gunung Patuha

gunung patuha
image by: https://cdns.klimg.com/merdeka.com

Gunung Patuhan adalah gunung yang berada di Bandung, Jawa Barat. Gunung ini memang cukup asing karena nama lain dari gunung ini adalah Kawah Putih. Sebenarnya, kawah yang berwarna putih ini adalah bagian dari Gunung Patuha.

Tentu saja salah satu keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Patuha adalah Kawah Putih. Namun, air yang berada di Kawah Putih tidak berwarna putih, melainkan berwarna hijau tosca.

8. Gunung Kerinci

gunung kerinci
image by: https://upload.wikimedia.org

Bagi Anda yang telah berpengalaman dalam mendaki dan menginginkan tantangan yang lebih menantang, Anda dapat mendaki Gunung Kerinci. Gunung ini terletak di Provinsi Jambi dan merupakan gunung berapi tertinggi se-Asia Tenggara (3.805 mdpl).

Cek juga: Kirim barang Anda dengan ekspedisi Jakarta Jambi Disini

9. Gunung Cartensz

gunung cartensz jaya wijaya
image by: https://upload.wikimedia.org

Ingin merasakan salju? Anda kini tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke daratan eropa. Anda cukup mendatangi Papua dan Mendaki Gunung Cartenzs. Asing dengan sebutan Gunung Cartensz? Salah satu nama lain dari Gunung Cartensz adalah Puncak Jaya. 

Gunung Cartenzs atau Puncak Jaya adalah satu-satunya gunung di Indonesia yang tertutup salju di puncaknya. Hal ini disebabkan tingginya yang mencapai 4.884 mdpl dan juga menjadi sebab mengapa gunung ini menjadi gunung tertinggi di Indonesia. 

10. Gunung Gede

gunung gede
image by: https://upload.wikimedia.org

Keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Gede tidak perlu Anda ragukan lagi. Tidak heran apabila Gunung Gede sangat sering didatangi oleh wisatawan yang ingin mendaki gunung. Gunung Gede Terletak di Taman Nasional Pangrango, Bogor, Cianjur, Sukabumi, Jawa Barat.

Terdapat beberapa destinasi yang indah di gunung ini yaitu Alun-alun Suryakencana, Kandang Bada, Air Terjun Cibereum, Telaga Biru, Kandang Batu, serta pastinya Puncak Gunung Gede.

Baca Juga: 5 Tips Packing Barang yang Aman dan Siap Kirim

Sudahkan Anda bersiap mengenai apa saja hal yang Anda perlukan ketika mendaki. Kini Anda dapat memperoleh barang-barang untuk mendaki menggunakan layanan TrawlPack dari Trawlbens.

Anda dapat mengirimkan berbagai macam barang mulai dari berat 10 kilogram dengan berbagai macam rute yang ditawarkan. Salah satu rute pengiriman yang dilayani oleh Trawlbens adalah rute ekspedisi Surabaya Jombang.

Ekspedisi yang dilakukan oleh Trawlbens menggunakan rute ini hanya memakan waktu selama 1-2 hari sejak truk berangkat dengan ongkos kirim sebesar Rp 6.000/kg.

Anda dapat menggunakan layanan ekspedisi dari Trawlbens! Gunakan sekarang untuk mempermudah ekspedisi Anda.

× Customer Service