HomeSeputar Dunia LogistikSebelum Kirim Barang, Kenali Dulu 3 Jenis Ekspedisi Kargo ini

Sebelum Kirim Barang, Kenali Dulu 3 Jenis Ekspedisi Kargo ini

Tiga Jenis Ekspedisi Kargo – Berkembangnya ekonomi tak lepas dari kirim-mengirim barang, baik untuk produksi hingga kebutuhan pribadi rumah tangga. Anda sudah sering menggunakan jasa ekspedisi barang, khususnya kargo. Mungkin anda tau tarif pengiriman dari kota satu ke kota lainnya. Namun, tidak banyak yang tau pasti tentang jenis pengiriman yang anda pakai.

Pada dasarnya, jenis ekspedisi kargo sendiri dibedakan dari jalur yang dilalui armada yang digunakan. Jangkauan wilayah menjadi pertimbangan jalur mana yang paling efektif. Selain itu, jenis barang dan waktu pengiriman juga jadi faktor lainnya.

Ada 3 jenis ekspedisi cargo yang bisa anda gunakan saat ini:

1. Pengiriman Cargo via Udara

Yang pertama adalah jenis ekspedisi kargo melalui jalur udara, dimana armada utamanya adalah pesawat terbang. Karena waktu pengirimannya yang dianggap paling cepat, banyak orang yang menggunakan jenis ekspedisi ini. Selain itu, jadwal yang teratus juga jadi alasan kuat kalau kirim barang via pesawat paling tepat waktu. Jadi, jenis pengiriman ini pun menjadi andalan pengiriman barang yang cepat dan tepat waktu.

Disamping itu, jenis ekspedisi kargo lewat udara ini punya kekurangan yang juga jadi pertimbangan banyak orang Indonesia, yakni ongkirnya terpaut mahal. Perusahan yang punya layanan ini menawarkan harga atau ongkir yang tinggi dibanding layanan lainnya. Selain itu, potensi overload yang sering terjadi ketika musim liburan.

2. Pengiriman Cargo via Laut

Ekspedisi dari Mataram ke Sumatera

Jenis ekspedisi kargo selanjutnya adalah melalui jalur laut. Tarif ongkirnya yang paling murah menjadi pilihan tepat untuk pengiriman barang dengan volume besar dan cakupan yang jauh. Kapal memiliki lebih banyak ruang untuk jenis cargo, sehingga sering digunakan untuk mengirim barang-barang yang besar, misalnya, mesin industri antar pulau atau pengiriman alat transportasi dari satu pulau ke pulau lainnya.

Selain itu, kelebihan dalam menjangkau pulau-pulau dimiliki oleh jenis pengiriman ini. Apalagi, Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan oleh selat perairan. Namun, waktu pengiriman barang dengan kapal laut ini lebih lama dari pada menggunakan pesawat. Dan pada beberapa kemungkinan, jadwal dan biayanya bisa berubah-ubah karena beberapa faktor.

3. Pengiriman Cargo via Darat

Ekspedisi dari Semarang ke Maluku

Yang terakhir adalah melalui jalur darat. Ada banyak armada yang digunakan, namun umumnya pengiriman cargo via darat ini memakai kereta atau truk. Jenis pengiriman ini juga banyak digunakan untuk mengirim berbagai jenis barang. Namun, keterbatasan jangkauan wilayah menjadi kekurangan jenis pengiriman cargo ini.

Pertama, jenis pengiriman cargo menggunakan armada kereta sendiri punya 2 pilihan, yakni kereta express dan kereta parcel atau barang. Bedanya terletak pada jenis keretanya itu sendiri. Dimana, kereta express merupakan kereta penumpang yang telah dilengkapi dengan gerbong barang cargo khusus. Sedangkan kereta parcel tidak memiliki gerbong penumpang, karena semuanya merupakan gerbong barang. Salah satu penyedia jasa logistik kereta api ialah Rail Express milik KAI.

Baca juga: Ekspedisi dari Banjarmasin ke Maluku Kirim 10kg Gratis Pickup

Kelebihan ekspedisi menggunakan kereta adalah ongkir yang terjangkau dan ekonomis. Apalagi, ekspedisi ini bisa melayani pengiriman dalam jumlah banyak. Selain bisa menghemat ongkir, waktu pengiriman menggunakan kereta tepat waktu. Hal ini dikarenakan kereta bisa melaju tanpa adanya hambatan.

Disamping kelebihannya itu, kekurangan jenis pengiriman cargo dengan kereta ialah barang yang hendak dikirim harus memiliki berat minimal tertentu. Selain itu, pengawasan terhadap barang seperti uji peti yang mencurigakan hingga pemeriksaan yang ketat sering terjadi. Jadi, pengirim harus memberikan penjelasan yang lengkap perihal barang yang ingin dikirimnya.

Kedua, pengiriman kargo menggunakan truk, atau biasanya disebut dengan trucking. Layanan ini sangat umum dan banyak digunakan oleh orang di kota karena jalurnya yang mudah dijangkau. Untuk ketepatan waktu, pengiriman menggunakan truk ini cukup fleksibel. Hal ini dikarenakan faktor pengemudi, armada truk yang digunakan hingga kondisi lalu lintas di perkotaan yang tidak pasti.

Biasanya, trucking ini punya 2 jenis, yakni Full Truck Load atau FTL dan Less Than Truckload atau LTL. FTL dikhususkan untuk barang yang punya volume cukup besar, karena Anda bisa menyewa 1 truk penuh hanya untuk barang kiriman sendiri. Dengan layanan khusus ini, tentunya harga yang ditawarkan cenderung mahal.

Sedangkan, jenis LTL mengharuskan barang kiriman Anda bercampur dengan orang lain. Artinya, pihak penyedia jasa mengumpulkan beberapa barang konsumen yang membutuhkan layanan sejenis sampai seluruh kapasitas muatan sudah sesuai dan terisi penuh. Sebaliknya, harga yang ditawarkan jenis ini bisa lebih murah.

Nah, setelah tau ketiga jenis pengiriman kargo ini, anda bisa menyesuaikan layanan ekspedisi dengan kebutuhan. Ketiga jenis ini sengaja disediakan oleh perusahaan ekspedisi untuk mempermudah anda dalam mengirim barang dengan pelayanan terbaik dan ongkir terjangkau. Anda juga bisa memilih Trawlbens sebagai mitra jasa ekspedisi barang, karena ongkir yang ditawarkan paling murah. Untuk info lebih lanjut perihal tarif, anda bisa langsung hubungi tim Trawlbens.

Ekspedisi dari Semarang ke Maluku

 

RELATED ARTICLES
New Post

Recent Comments