Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

6 Cara Membangun Tim Kerja Yang Baik di Perusahaan

tangan kerjasama tim
Table of Contents

Perusahaan adalah tempat terjadi kegiatan produksi yang dilakukan oleh setiap bagian dan setiap bagian terdiri dari beberapa orang yang kesemuanya sama-sama bertujuan mencapai target yang telah ditetapkan. Dan untuk mencapai target dengan waktu yang telah ditentukan diperlukan kerja tim yang solid dan saling mengerti satu sama lain. Sehingga target yang akan dikejar dapat diraih tepat waktu.

Sebuah tim kerja mutlak dimiliki oleh setiap perusahaan jika ingin setiap pekerjaan dapat selesai tepat waktu. Karena mustahil jika suatu bidang pekerjaan yang ditarget hanya dilakukan oleh satu orang saja. Walaupun sebenarnya pekerjaan itu dilakukan oleh masing-masing satu orang, namun orang-orang yang dikumpulkan dalam satu tim ini akan dapat menghasilkan output yang terbaik. Untuk itu, dalam membentuk tim yang kuat dan solid, maka diperlukan chemistry yang kuat antar tiap anggota tim kerja. Lalu bagaimana caranya menumbuhkan kerja sama tim yang kompak? Berikut ini tips-tips nya:

Saling Percaya Satu Sama Lain

wirausahawan
image by: pexels

Sebuah kepercayaan adalah kunci dari sebuah kesuksesan dalam tim kerja. Dengan menjaga kepercayaan antara anggota tim yang lain, dapat menumbuhkan chemistry antar sesama anggota. Jika satu orang ditugaskan untuk mengerjakan sebuah pekerjaan, maka tim yang lain harus memberikan kepercayaan penuh kepadanya, sehingga dia dalam mengerjakan tugasnya tersebut akan lebih percaya diri dan membuatnya fokus menyelesaikan tugas itu tepat waktu.  

Baca Juga: 7 Sikap Yang Harus Dimiliki Agar Karir Cemerlang

Bertanggung Jawab

pengertian wirausaha
image by: pexels

Jika seseorang mendapatkan kepercayaan untuk menyelesaikan suatu tugas, maka orang tersebut harus bertanggung jawab dengan tugasnya. Dengan tanggung jawab itu, maka kepercayaan yang telah diberikan kepadanya dapat terbayarkan. Dan lambat laun tim yang solid akan terbangun seiring berjalannya waktu. 

Baca Juga: Prosedur Impor dan Ekspor di Indonesia

Satukan Visi dan Misi

Artikel karyawan meeting
image by: pexels

Sebuah tim kerja diisi oleh beberapa orang yang memiliki latar belakang, sifat, dan juga karakter yang berbeda-beda. Jika sebuah tim yang memiliki karakter yang berbeda tersebut ingin menumbuhkan chemistry satu sama lain, maka mereka harus menyatukan visi dan misi nya dengan acuan benang merah yang sama sebagai satu titik yang harus dituju oleh setiap anggota tim. 

Baca Juga: 10 Tips Untuk Anda Para Pengusaha dan Calon Pengusaha Muda

Menghabiskan Waktu Bersama Di Luar Kantor

1. Pertimbangkan Bentuk Wajah Anda
image by: pexels

Kegiatan yang dilakukan diluar kantor terbukti dapat memupuk kekompakan antar tim kerja. Hal sepele seperti nonton film bersama di bioskop, hangout di cafe pada saat hari libur, dan sebagainya juga termasuk kegiatan yang menumbuhkan chemistry satu sama lain.  Selain itu kegiatan outbond yang biasanya sering diagendakan oleh kantor juga merupakan salah satu kegiatan bersama yang dapat dilakukan. 

Ketika anggota tim berkumpul ditempat selain kantor, maka akan dapat menumbuhkan rasa saling memahami dan menghargai satu sama lain dibandingkan di aura kantor. Toleransi akan menumbuhkan rasa simpati dan empati sehingga chemistry semakin kuat. 

Baca Juga: 11 Tempat Wisata di Jakarta yang Menarik

Junjung Tinggi Profesionalitas

profesionalitas kerja

Profesionalitas dalam bekerja sangat penting ditumbuhkan dalam kerja sama tim yang efektif dan efisien. Ketika bekerja sama dalam tim, maka anda harus mengesampingkan masalah pribadi dan harus fokus dengan tanggung jawabnya. Dengan begitu, pekerjaan nya akan dapat dilakuan dengan baik dan sesuai standar. 

Evaluasi Pekerjaan

evaluasi pekerjaan

Setelah pekerjaan selesai dilakukan oleh masing-masing tim kerja, maka perlu dilakukan evaluasi mengenai pekerjaan yang telah dilakukan. Dengan melakukan evaluasi, maka akan didapatkan hal apa saja yang terlaksana dengan baik dan apa saja yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki.  Saat evaluasi ini lah setiap anggota tim dapat memahami sejauh mana kinerja mereka bagi perusahaan. Berikan lah semacam teguran untuk karyawan yang kurang baik dalam kinerja nya, dan sebaliknya berikan apresiasi untuk karyawan yang pantas diberikan apresiasi. 

Baca Juga: Wujudkan Resolusi di Tahun 2023, Anti Gagal!!! Menurut Hasil Penelitian

Demikianlah penjelasan mengenai cara membentuk kerja sama tim yang solid. Tim yang kuat tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan tetapi juga bagi si karyawan sendiri.

× Customer Service