Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Air Cargo! Keunggulan, Tipe, dan Proses

apa itu Air Cargo! Keunggulan, Tipe, dan Proses

Air Cargo secara mudah dapat diartikan sebagai sebuah layanan pengiriman cargo yang melintasi udara. Salah satu layanan yang dapat diberikan oleh air cargo adalah layanan pengiriman express, cargo, dan surat penyuratan melalui pesawat.

Lantas bagaimana sih cara kerja dari Air Cargo itu? Yuk simak bahasan lengkapnya melalui artikel berikut.

1. Keunggulan Air Cargo

Keunggulan Air Cargo
image by: pexels

Air Cargo adalah salah satu layanan yang dapat mengirimkan cargo atau pengiriman barang ke berbagai tujuan. Berikut adalah berbagai macam keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan layanan cargo melewati jalur udara;

Waktu

Pengiriman barang dengan menggunakan rute udara dapat menyingkatkan waktu. Pengiriman melalui jalur udara jauh lebih cepat dibandingkan kapal, kereta, ataupun truk.

Dapat diandalkan

Penerbangan biasanya dapat diandalkan dalam bagian waktu keberangkatan dan kedatangan dengan sangat minim terjadinya keterlambatan. Jadinya, pengiriman barang memiliki kemungkinan yang tinggi untuk tepat waktu.

Baca Juga: Perbedaan Cargo Laut, Cargo Darat dan Cargo Udara

Premi asuransi rendah

Karena pengiriman barang jauh lebih cepat, penggunaan asuransi premium pada air cargo lebih rendah dibandingkan asuransi lainnya.

Aman

Pengiriman cargo menggunakan jalur udara diamankan secara ketat oleh para petugas. Hal ini menyebabkan kemungkinan untuk pencurian terhadap barang yang Anda kirim tentunya lebih rendah.

Kebutuhan pergudangan menjadi berkurang

Perizinan untuk pengangkutan melalui jalur udara terkesan cepat dan umumnya stok yang perlu dibongkarmuat akan lebih sedikit dibandingkan kapal. Izin bea cukai juga lebih cepat dan kebutuhan terhadap pergudangan lokal akan lebih rendah.

2. Tipe-Tipe Air Cargo

Tipe-Tipe Air Cargo
image by: pexels

Secara umum, terdapat dua tipe air cargo, yaitu

General Cargo (Cargo Umum)

Cargo ini dapat mengangkut barang dengan harga yang tinggi seperti barang elektronik, pergiasan, dan obat-obatan. Pengiriman barang melalui jalur udara tentunya lebih mahal dibandingkan jalur laut, akan tetapi dengan margin yang tinggi dan beberapa kebutuhan tertentu akan lebih baik seseorang untuk mengirimkan barang elektronik melalui jalur udara dibandingkan jalur lainnya.

Special Cargo (Cargo Spesial)

Cargo spesial adalah salah satu bentuk pengiriman cargo yang membutuhkan berbagai macam kondisi untuk menjaga kualitas barang. Salah satu contohnya adalah pengaturan temperatur, kondisi kelembaban udara tertentu, ataupun selubung pengaman terhadap produk yang dikirimkan. Salah satu contoh produk yang dapat dikirimkan menggunakan tipe ini adalah ternak hidup dan zat kimia reaktif yang sangat sensitif dengan suhu.

Baca Juga: Fungsi dan Jenis Pallet Dalam Jasa Cargo

3. Proses Pengiriman Menggunakan Air Cargo

Proses Pengiriman Menggunakan Air Cargo
image by: pexels

Proses pengiriman menggunakan layanan udara bernama Air Cargo memang lebih mudah dan ringkas. Cargo yang Anda kirimkan akan diurus oleh para pelayan pengiriman dan berkoordinasi dengan pengangkut cargo lokal menuju gudang.

Setelah masuk gudang, cargo akan dikirimkan ke tender pengangkut cargo ke bandara. Setibanya di bandara, cargo akan diangkut menuju pesawat dan siap lepas landas menuju bandara tujuan.

4. Air Cargo dari Trawlbens!

pengiriman udara air cargo trawlbens

Pengiriman barang menggunakan layanan jasa ekspedisi Trawlbens memang pilihan yang tepat bagi Anda. hal ini disebabkan karena Trawlbens mampu melayani segala bentuk pengiriman barang menggunakan berbagai armada.

Salah satu armada yang dapat difasilitasi oleh Trawlbens adalah layanan ekspedisi dengan menggunakan jalur udara. Penggunaan jalur ini lebih cepat ketimbang jalur lainnya karena sangat minim hambatan. 

Pengiriman paket dapat menggunakan layanan ekspedisi TrawlPack dari Trawlbens. Layanan ini mampu mengirimkan berbagai macam barang dengan berat minimal 10 kilogram ke berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu rute yang dilayani oleh Trawlbens adalah rute Jakarta Jakarta Semarang dan Jakarta Surabaya. Tentu saja Anda dapat melakukan cek tarif pengiriman kargo dengan harga yang sangat terjangkau. 

Tunggu apa lagi? Segera gunakan layanan Trawlpack dari Trawlbens karena Trawlbens sedekat genggaman tangan Anda.

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber:

https://arcb.com/blog/how-does-air-freight-work

Air Freight

https://www.merriam-webster.com/dictionary/air%20cargo

× Customer Service