Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Apa itu Cargo Manifest?

Apa itu Cargo Manifest

Cargo Manifest adalah sebuah bentuk dokumen administratif yang diadakan oleh para perusahaan pengiriman kargo. Cargo manifest yang telah diadakan akan secara bertahan mencatat berdasarkan pelabuhan tujuan dan isi dari seluruh bill of lading yang dikeluarkan oleh pelabuhan pengapalan.

Yuk simak apa saja sih yang terdapat pada Cargo Manifest;

Isi Konten dari Cargo Manifest

isi cargo manifest
image by: pexels

Berikut adalah detail dari pada isi konten cargo manifest;

  1. Nama dan nomor dari kapal yang mengangkut barang.
  2. Detail-detail penting yang terdapat pada setiap Bill of Lading:
    1. Nama dari pengirim, penerima barang, dan pihak yang diberi tahu.
    2. Penjabaran dari barang yang dikirimkan.
    3. Nomor dari peti kemas atau kontainer.
    4. Nomor segel.
    5. Metode pembayaran untuk angkutan laut. Poin terakhir ini memberi tahu perwakilan pengangkut di pelabuhan bongkar bahwa ia harus mengumpulkan kargo dan semua muatan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Dunia Ekspedisi dan Kargo Serta Istilah-istilahnya

Sebelum kedatangan cargo, para agen dari pengangkut cargo di berbagai pelabuhan akan memberikan cargo manifest kepada pihak berwajib setempat. 

Manifest harus mencantumkan seluruh data cargo dengan benar sesuai dengan Bill of Lading. Hal itu menyebabkan setelah pemuatan cargo selesai, agen akan bertanggungjawab terhadap penyusunan manifes. 

Kemudian agen akan mengirimkan rincian cargo kepada pemilik kapal. Pada tahap terakhir, cargo manifest akan diberikan kepada para petugas di pelabuhan bongkar muat.

Baca Juga: 4 Jenis Kapal Kargo dalam Jasa Pengiriman, Ini Variannya

Begitu banyaknya cargo yang akan dikirimkan membuat para petugas yang membuat cargo manifest terburu-buru. Hal itu menyebabkan terkadang ada saja perincian yang tidak sesuai dengan yang diberikan oleh pengirim dengan yang didaftarkan oleh para pemilik kapal.

Manifes mengandung semua informasi detail yang terdapat pada barang dan dimasukan ke database komputer. Kesalahan yang terjadi tentunya akan ditemukan dengan cepat pada bea cukai di tempat tujuan kapal berlabuh.

Tentu saja hal ini menyebabkan para pelayan penyedia jasa manifes untuk menyediakan korektor manifes pada berbagai macam kecepatan. Korektor manifes adalah dokumen yang memberitahukan entri yang salah dan mengoreksinya.

Apabila pengiriman tidak tepat waktu pada alamat tujuan, maka hal ini akan menghalangi bea cukai untuk “membersihkan” cargo. Hal tersebut tentunya akan menambah denda yang dikenakan oleh otoritas bea cukai dengan cukup berat.

Baca Juga: Cargo Handling pada Ekspedisi Pengiriman Barang

Masalah ini menimbulkan komplikasi terhadap birokrasi sehingga sebaiknya harus dihindari sebisa mungkin. Cargo Manifes juga akan diterbitkan menunjukkan jumlah pembayaran. Jumlah ini mencakup dengan biaya prabayar pengiriman, pembayaran pengiriman di tempat tujuan, dan penggunaan sistem COD. pembayaran akan dikirimkan menggunakan debit oleh pengirim ke penerima untuk setiap layanan tambahan yang diberikan.

Pengangkut cargo dapat setuju untuk menagihkan biaya ini untuk tanggungan pengirim. Manifes yang terpisah wajib dikeluarkan untuk setiap barang yang memiliki potensi berbahaya.

Setiap pelabuhan tujuan tentunya memerlukan sejumlah salinan Cargo Manifest yang berbeda. Penomoran ini tentunya harus diketahui oleh para petugas yang menerbitkan salinan Cargo Manifest.

Tentunya Anda tidak perlu khawatir apabila Anda menggunakan layanan ekspedisi dari Trawlbens.

Apabila Anda ingin mengirimkan cargo dengan jumlah yang besar, Anda dapat menggunakan layanan ekspedisi TrawlPack dari Trawlbens. Trawlpack dapat mengirimkan barang dengan ruang lingkup dari dan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Banyak sekali rute yang dilayani oleh Trawlbens, salah satu rute yang dilayani oleh Trawlbens adalah rute pengiriman dari Jakarta ke Semarang dan Jakarta Surabaya.

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

https://www.searates.com/blog/post/what-is-a-cargo-manifest-in-shipping

× Customer Service