9 Aplikasi Edit Foto Paling Populer

Aplikasi Edit Foto
Images by: Katulis.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Aplikasi edit foto untuk sekarang ini memang ada banyak sekali pilihannya. Anda bisa menemukannya di pusat download aplikasi seperti Play Store. Mungkin ketersediaan yang sangat banyak ini membuat Anda jadi bingung saat memilihnya.

Mengingat setiap aplikasi pengeditan foto tentu punya fitur, tampilan dan kelebihan yang berbeda-beda. Sehingga penting memahami beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk mengedit foto secara cepat lewat smartphone.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Android dan Iphone

Ada beberapa aplikasi untuk pengeditan foto yang bisa Anda pilih dan jadi pilihan untuk memaksimalkan tampilan foto. Aplikasi-aplikasi yang akan dibahas ini merupakan yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone.

Meski ada juga aplikasi yang mengharuskan Anda membeli versi premium untuk membuka semua fiturnya. Untuk lebih jelasnya, ini aplikasi-aplikasinya:

1. PicsArt

PicsArt
Images by: alphr.com

Aplikasi edit foto yang bisa Anda gunakan pertama adalah bernama PicsArt. Untuk aplikasi ini sepertinya bagi sebagian pengguna smartphone sudah tidak begitu asing. Sebab memang PicsArt ini sangat terkenal sebagai aplikasi pengeditan foto yang mudah dan cepat.

PicsArt memiliki banyak sekali alat untuk bisa membuat foto Anda jadi sangat jauh lebih menarik dibandingkan saat belum diedit. Alat-alatnya masih sama seperti yang lainnya yaitu seperti mengubah kontras, memotong, kecerahan dan lain-lain.

Sisi yang menarik dari PicsArt adalah adanya banyak sekali pilihan stiker yang bagus-bagus di dalamnya.

Stiker ini tidak monoton, tapi sangat bernilai seni dan bisa membuat foto Anda jadi indah. Aplikasi ini juga bisa untuk menghilangkan background foto dengan cukup mudah.

2. Snapseed

Snapseed
Images by: apps.aple.com

Snapseed juga bisa menjadi pilihan lain kalau Anda masih cukup bingung mencari aplikasi edit foto. Kalau bicara masalah alat pengeditan, Anda masih akan menemukan alat yang sama dengan aplikasi pengeditan foto lain.

Tapi cara pengoperasiannya jauh lebih mudah sekali dan dijamin tidak akan membuat Anda kebingungan. Ada juga fitur untuk membuat lebih terang atau lebih gelap pada bagian tertentu dari sebuah foto.

Dengan alat ini Anda bisa membuat foto jadi lebih seimbang tanpa ada sisi gelap atau pun terang yang berlebihan. Selain itu Snapseed juga telah mendukung pengeditan file dalam format RAW. Jadi bisa dipakai untuk mengedit foto hasil jepretan kamera digital.

3. Adobe Photoshop Camera

Adobe Photoshop Camera
Images by: xda-developers.com

Semua orang yang mengenal mengenai teknologi pastinya juga sudah tidak asing dengan aplikasi edit foto yang bernama Photoshop. Pada awalnya aplikasi ini memang hanya tersedia untuk perangkat PC saja.

Tapi saat ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini hanya dengan perangkat smartphone. Keberadaan aplikasi ini juga senada dengan langkah yang dilakukan adobe untuk memperluas aplikasi hasil adaptasi dari PC ke smartphone.

Walaupun mungkin Anda tidak akan bisa merasakan dan memanfaatkan alat-alat pengeditan foto yang lengkap seperti pada versi PC.

Tapi alat yang ada di dalam versi smartphone ini sudah sangat cukup untuk menghasilkan foto dengan tampilan yang maksimal.

Apalagi Anda juga bisa menggunakan fitur robot atau AI yang bisa mengedit foto secara otomatis dan cepat.

4. Pixlr

Pixlr
Images by: en.wikipedia.org

Kalau masalah kemudahan penggunaan, sepertinya Pixlr ini jagonya. Aplikasi edit foto yang satu ini punya navigasi yang sangat mudah dan cepat. Meski untuk masalah fitur masih standar seperti yang dibawa oleh aplikasi pengeditan foto lainnya.

Untuk memaksimalkan hasil pengeditan, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam filter yang bisa didownload. Selain itu juga tersedia banyak overlay untuk membuat foto jadi bagus.

Kemudian Pixlr juga menyediakan template untuk membuat gabungan beberapa foto dalam satu bingkai. Pixlr bisa Anda download sebagai aplikasi pengeditan yang instan dan cepat tanpa perlu langkah yang rumit.

Sehingga Cocok Anda gunakan saat kondisi yang mendadak. Sebab fiturnya mudah digunakan.

5. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom
Images by: digital-photography-school.com

Layaknya yang terjadi pada Adobe Photoshop, aplikasi Adobe Lightroom saat ini juga telah diadaptasikan ke dalam aplikasi smartphone. ini merupakan pilihan yang sangat bagus untuk Anda agar bisa menciptakan editan foto yang bagus dan maksimal.

Fitur dan alat pengeditan di dalamnya juga termasuk cukup lengkap kalau dibandingkan aplikasi lain. Tampilannya juga sangat profesional dan tampak seperti aplikasi premium yang mahal.

Menariknya lagi, Adobe Lightroom menyediakan fitur library yang isinya tata cara pengeditan yang bagus.

6. VSCO

Bagi pecinta dunia fotografi tentu sudah kenal dengan aplikasi edit foto yang satu ini yaitu VSCO. Aplikasi VSCO sudah sangat terkenal sekali sebagai aplikasi untuk mengedit foto dengan hasil yang sangat maksimal dan indah.

Foto yang awalnya tampak kusam dan tidak menarik, bisa Anda ubah menjadi sangat berwarna dan bernilai seni tinggi. Anda masih akan menemukan alat-alat edit foto normal seperti aplikasi lain seperti untuk memotong foto, kontras, cahaya dan lain-lain.

Bagian yang menarik dari aplikasi ini adalah tersedia banyak sekali filter yang bagus-bagus. Bahkan dengan filter ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan alat-alat pengeditan lainnya.

Namun sayangnya kalau mau menikmati semua filter yang bagus, Anda harus membeli aplikasi premium dulu. Kalau tidak, jumlah pilihan filter yang tersedia sangat terbatas sekali.

7. Photo Lab

Aplikasi Photo Lab menawarkan banyak sekali fitur yang menarik di dalamnya. Salah satu keunggulan yang dibawanya adalah punya banyak sekali pilihan filter dan efek yang bisa Anda pakai.

Jumlahnya sangat banyak mencapai 900 efek, 30 pilihan frame dan juga 36 filter.

Ini bisa membantu Anda untuk menuangkan ide dan kreativitas jadi lebih maksimal dan bebas. Anda bisa mengedit foto sesuai dengan keinginan dan imajinasi lewat Photo Lab ini. Memang aplikasi Photo Lab ini tersedia secara gratis bagi Anda.

Sayangnya mungkin Anda akan sedikit terganggu dengan adanya iklan di dalam aplikasi dan beberapa pop-up yang muncul tiba-tiba. Kalau mau penggunaan yang nyaman, Anda bisa membeli aplikasi premium agar tidak ada iklan yang muncul tiba-tiba.

8. PicSay

PicSay merupakan aplikasi edit foto yang sejauh ini punya fitur dan alat yang sangat bagus sekali untuk berkreasi. Selain melakukan pengeditan foto secara normal, Anda bisa berkreasi seperti menambahkan doodle dan tampilan komik.

Anda juga bisa menambahkan stiker yang unik-unik pada foto. Selain itu masih ada banyak sekali fitur untuk berkreasi di dalamnya.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi yang punya fitur lebih lengkap, bisa membeli PicSay versi Pro. Meski berbayar, tapi itu akan setara dengan fitur yang Anda terima.

9. Prisma

Berikutnya ada aplikasi bernama Prisma. Memang kalau Anda gunakan, aplikasi ini berbeda dengan beberapa aplikasi pengeditan foto lainnya. Sebab fungsi pengubahan tampilan seperti cahaya, kontras, eksposur dan lain-lain cukup terbatas.

Tapi Prisma menawarkan filter yang sangat menarik sekali dan bagus-bagus. Bahkan filternya mungkin tidak akan bisa Anda temukan pada aplikasi pengeditan foto lainnya.

Prisma juga biasa digunakan untuk membuat gambar foto jadi karikatur yang bagus dan menarik.

Anda bisa menggunakan Prisma versi gratis tapi tentu fitur yang tersedia cukup terbatas. Kalau mau yang lebih lengkap bisa membeli Prisma versi premium.

Anda bisa memilih aplikasi edit foto di atas sesuai kenyamanan dan kelengkapan fitur. Bisa juga memilih aplikasi yang lebih mudah digunakan dan navigasinya tidak membuat bingung.

Berita sebelumya9 Makanan Khas Banjarmasin yang Wajib Coba!
Berita berikutnyaEkspedisi adalah: Pengertian, Bisnis dan Tips