Ingin Lantai Estetik? Ini 5 Rekomendasi Bahan Kayu untuk Anda!

Last Updated on 1 Desember 2023

bahan kayu untuk lantai rumah

Saat ini, kayu tidak hanya sekedar dijadikan material untuk pembuatan furniture, seperti meja, kursi dan pintu. Seiring perkembangan zaman, kayu juga menjadi salah satu bahan yang dijadikan sebagai fondasi utama untuk menghiasi lantai rumah.

Dari berbagai bahan kayu untuk lantai rumah, tentunya masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda untuk menggantikan material lantai yang umum digunakan, seperti keramik, granit, bahkan marmer.

Untuk mengetahui jenis-jenis kayu yang dapat menjadi inspirasi untuk lantai rumah Anda yang lebih natural dan tetap mewah, Anda dapat menyimak artikel di bawah ini.

Kami akan merekomendasikan jenis bahan kayu yang cocok untuk dijadikan sebagai penghias lantai rumah Anda demi tampilan yang lebih baik.

trawlpack banner

5 Rekomendasi Bahan Kayu untuk Lantai Rumah

  • Kayu Solid

Kayu solid merupakan bahan kayu yang terbuat dari 100% kayu asli dan utuh yang dipotong menjadi beberapa bagian berbentuk papan. Proses pembuatan kayu ini tanpa melibatkan lapisan bahan lainnya, sehingga menciptakan ketebalan yang serasi dengan tampilan yang alami untuk 

permukaan lantai.

Selain itu, kayu solid memiliki beberapa keunggulan seperti daya tahan yang kuat, proses pemasangan yang klasik, perawatan yang mudah serta ketahanan terhadap suhu dan kelembaban.

  • Kayu Engineering

Kayu Engineering merupakan bahan kayu yang terdiri beberapa lapisan yang mengkombinasikan bahan, seperti veneer, multipleks serta kayu solid. Struktur ini menciptakan tampilan kayu yang tampak lebih alami dengan daya tahan yang kuat dan tahan lama.

Biasanya, pada bagian lapisan pertama lantai kayu laminated ini disebut veneer dengan motif yang beragam. Kemudian, veneer ini ditempatkan di atas plywood atau multipleks sebagai bagian kedua, dan terakhir, lapisan tersebut dapat ditutupi oleh lapisan kayu solid dengan kualitas yang bervariasi.

  • Kayu Laminated

Selanjutnya adalah kayu laminated. Kayu ini terbuat dari bahan utama berupa serbuk kayu, veneer dan substrat yang diolah melalui teknik laminasi dengan menggunakan teknologi modern yang bernama High Density Fiberboard (HDF) atau particle board.

Sebagaimana dengan fungsi kayu lainnya, bahan kayu ini memiliki tingkat ketahanan terhadap kelembaban yang lebih baik daripada lantai kayu solid. Selain itu, harga dari kayu ini lebih ekonomis dibandingkan kayu solid dan kayu engineering.

  • Kayu Vinyl

Terbuat dari material kayu asli dengan material vinyl berpola kayu, kayu ini memiliki karakteristik yang tahan terhadap noda, goresan, dan aus. Adapun tampilan dari kayu ini sangat mirip seperti tekstur kayu alami, sehingga fleksibilitas desain yang beragam dapat menjadi inspirasi untuk lantai rumah Anda. 

Selain itu, kelebihan dari kayu ini dapat dipasang dengan mudah serta ketahanannya terhadap kelembaban sangat cocok digunakan untuk ruang seperti kamar mandi atau dapur.

  • Kayu Sonokeling

Kayu ini memiliki tampilan yang estetis dengan warna yang bervariasi dari coklat muda hingga coklat tua. Dengan tingkat kekerasan yang baik, kayu ini cocok digunakan untuk material lantai rumah Anda. Kekuatan dan kepadatan kayu ini memberikan daya tahan terhadap aus dan goresan, serta menjaga kelembaban dengan baik.

Selain menjadi material pembuatan lantai, kayu ini juga sering digunakan dalam pembuatan furniture, seperti meja, kursi, dan lemari, karena karakteristiknya yang memberikan sentuhan keanggunan dan kehangatan alami pada ruangan.

Baca juga: Jenis Dinding Rumah Yang Paling Diminati di Indonesia

Demikianlah 5 bahan kayu untuk lantai rumah yang dapat Anda jadikan referensi untuk menciptakan tampilan lantai rumah Anda yang bernuansa alami dan estetis.

Dengan memilih bahan kayu yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan desain interior Anda, Anda dapat menciptakan suasana yang hangat dan indah di setiap ruangan yang dilapisi dengan lantai berbahan kayu. 

Pastikan untuk mempertimbangkan faktor fungsionalitas dan estetika dari bahan kayu yang akan Anda pilih, mulai dari ketahanan, cara perawatan, hingga harga, saat memilih bahan kayu untuk lantai rumah Anda. 

Semoga Anda dapat menentukan bahan kayu pilihan terbaik yang memadukan kebutuhan fungsional dan estetika, sehingga menciptakan investasi berharga dalam jangka waktu yang panjang.