HomeLifestyleBandung Kiblat Fashion Paling Populer di Indonesia Sejak 1900-an

Bandung Kiblat Fashion Paling Populer di Indonesia Sejak 1900-an

Bandung Kiblat Fashion

Bandung kiblat fashion Indonesia adalah kata yang dapat menggambarkan daerah yang penuh seni dan kreatifitas. Sebagai salah satu wilayah yang dikenal memiliki sejarah dan kemajuan industri yang cukup pesat khususnya, dibidang fashion dan style. Banyak faktor yang menyebabkan pesatnya pertumbuhan industri kreatif tersebut. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Bandung Kiblat Fashion karena Pusat Tekstil Terbesar di Indonesia

Bandung sendiri menjadi salah satu pusat tekstil terbesar di Indonesia, sejalan dengan roadmap Making Indonesia 4.0 bahwa industri tekstil dan pakaian jadi satu dari lima sektor manufaktur prioritas dalam pengembangannya. Kota Bandung menjadi salah satu penopang industri tekstil di Indonesia. Selain menjadi pusat industri tekstil, “Bandung kiblat fashion di Indonesia” itu yang banyak dikatakan banyak orang Indonesia. Kota itu pun seakan tak pernah kehabisan ide untuk fashion dan selalu saja menghadirkan berbagai inovasi terbaru dan menarik perhatian para fashionista di berbagai penjuru negeri.

Awal Mula Bandung jadi Kiblat Fashion

Bagaimana awal mula kota Bandung jadi Kiblat Fashion di Indonesia? Seakan menjadi magnet dan kiblat fashion di Indonesia. Banyak brand clothing dan factory outlet juga banyak ditemukan  di Bandung. Jika kita tarik lagi dari segi sejarah, dahulu kala di tahun 1900-an Bandung sendiri dijuluki sebagai “Parijs Van Java”. Julukan itu dipakai untuk promosi dagangan hasil garmen dan pakaian. Karena Paris menjadi kiblat atau pose mode dunia. Ini pun juga berhasil membuat Bandung melahirkan berbagai brand lokal yang ciamik yang lahir dari Bandung.

Hal ini juga tidak lepas dari gairah fashion orang-orang Bandung disana yang menyukai selera fashion ala Paris. Pada era 1900-an ada sebuah toko fesyen bernama Aug. Hegelsteens Kledingmagazin yang terletak di kawasan Jalan Braga, di mana kala itu menjadi tempat kekinian di kota Bandung. Toko fashion itu kian terkenal sejak berganti nama dengan menggunakan bahasa Prancis: Au Bon Marche Modemagazijn yang didirikan oleh pebisnis A. Makkingga pada 1913.

Pada era kejayaan, busana atau pakaian terbaru dari kota Paris akan segera diperkenalkan dan ditunjukkan kepada publik Bandung. Toko Au Bon Marche dikenal sangat bergengsi kala itu bisa dilihat dari produk-produk fesyen atau busana yang dipajang yang terbuat dari bahan sutra lembut dengan bermotif bunga dan bergaya elegan di etalase toko serta iklan-iklan yang dipublikasikan di majalah-majalah fashion. Untuk semakin menyakinkan pembeli, toko Au Bon Marche memasang slogan di etalase mereka bertuliskan “Wij brengen steeds de laatse mode” yang berarti kami selalu menyajikan mode terbaru.

Jika berbicara mengenai harga jual kala itu, harga busana di Toko Au Bon Marche sangat mahal sekali dan hanya kalangan yang tertentu saja yang mampu membeli busana dari toko tersebut. Hal ini tidak sejalan dengan nama dari toko tersebut “Au bon marche” yang memiliki arti belanja murah meriah. Bahkan hingga saat ini pun orang tau kalau Bandung Kiblat Fashion di Indonesia dan surga bagi para pelancong yang ingin mencari produk fashion murah namun tetap bermerek.

Dan juga di tahun 2020 lalu Bandung kembali memantapkan gelarnya sebagai salah satu kota mode di Indonesia melalui gelaran bertajuk Fashionaxy 4.0 pada 14 – 16 Februari 2020 di Lanud Husen Sastranegara, Bandung, Jawa Barat yang akhirnya juga turut melahirkan gerakan local pride dan #banggabuatanIndonesia. Hal ini juga telah membuktikan ke anak muda bahwa untuk tampil fashionable juga tidak perlu membeli produk high end dengan harga yang selangit produksi luar negeri, namun banyak sekali pilihan brand clothing lokal yang menawarkan style dan kualitas yang gak kalah keren, dibanding produksi luar negeri. Bandung Kiblat Fashion, begitu akhirnya orang menyebutnya. Kebanyakan yang ingin bepergian ke Bandung, mereka sudah tau apa yang harus dijelajahi.

Baca juga: Kirim Barang Diatas 10 kg dari Bandung, Gratis Ongkir

Perkembangan Industri Retail, Garmen, Fashion dan Style di bandung yang terus menggeliat dewasa ini, juga perlu dukungan agar dapat berkembang. Salah satunya jasa pengiriman handal yang dapat mensupport laju perekonomian dan perkembangan UMKM khususnya Industri Retail, Garmen, Fashion dan Style yang bertumbuh pesat di Bandung, maka dari itu TRAWLBENS sebagai ahlinya jasa pengiriman spesialisasi diatas 10Kg yang hadir dan siap membantu kamu mengirimkan seluruh kebutuhan kamu hingga keseluruh Indonesia, dengan layanan yang mempuni dan memberikan pengalaman yang mudah untuk kamu dalam mengirimkan barang kamu, khususnya barang dengan ukuran diatas 10Kg keatas, hanya tinggal siapkan barang yang akan kamu kirim, download aplikasi TRAWLBENS, dan tunggu kurir kami menjemput barang kamu!

RELATED ARTICLES
New Post

Recent Comments