HomeBisnis & KeuanganBisnis Dropship: Pengertian, Cara Kerja, Keuntungan & Cara Memulainya

Bisnis Dropship: Pengertian, Cara Kerja, Keuntungan & Cara Memulainya

Saat ini, tentunya istilah dropship sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dengan banyaknya marketplace yang ada, Anda bisa memulai bisnis dropship dengan mudah. Apalagi, Anda tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai usaha ini. Apa itu bisnis dropship dan bagaimana cara untuk memulainya? Simak ulasan berikut ini mengenai pengertian, cara kerja, keuntungan dan cara memulai bisnis dropship

Pengertian Bisnis Dropship

Melansir laman Big Commerce, bisnis dropship adalah metode pemenuhan pesanan yang tidak mengharuskan bisnis untuk menyimpan produk dalam stok. Sebaliknya, toko menjual produk dan meneruskan pesanan penjualan ke pemasok pihak ketiga, yang kemudian akan mengirimkan pesanan ke pelanggan. Berbeda dengan sistem reseller, yang mengharuskan Anda untuk membeli stok produk dalam jumlah tertentu. 

Cara Kerja Bisnis Sistem Dropship

Bisnis dropship

Secara singkat, bisnis sistem dropship menguntungkan bagi Anda yang ingin terjun ke dunia usaha tanpa modal. Seperti apa sistem dropship itu? Berikut adalah cara kerjanya:

  • Penjual menerima pesanan
  • Penjual menginformasikan pemasok pesanan 
  • Pemasok memenuhi pesanan

Anda sebagai penjual tidak perlu repot untuk menyimpan barang-barang produk yang akan dijual. Karena hal ini sudah ditangani oleh pemasok secara langsung. Anda hanya perlu menyiapkan handphone, kuota internet, dan toko online Anda di marketplace. Sangat praktis bukan? 

Lalu bagaimana prosesnya dari sistem dropship itu sendiri? Di bawah ini merupakan proses dropship, seperti yang dilansir dari laman Amazon:

  1. Anda membuat kesepakatan dengan pemasok untuk menjadi dropshipper mereka.
  2. Pemasok memproduksi dan menyimpan produk.
  3. Anda membuat situs web atau toko online untuk memasarkan dan menjual produk Anda.
  4. Pelanggan memesan produk di toko online Anda. 
  5. Anda meneruskan pesanan pelanggan ke pemasok.
  6. Pemasok mengemas dan mengirimkan produk ke pelanggan.
  7. Anda memberitahu pelanggan bahwa pesanan mereka sedang dalam perjalanan. 

Keuntungan Bisnis dengan Sistem Dropship

Bisnis dropship

Ada berbagai keuntungan jika Anda berbisnis dengan sistem dropship. Salah satunya adalah biaya awal yang rendah. Hal ini adalah karena barang yang Anda pasarkan telah dipasok, dan Anda tidak perlu untuk membeli inventaris atau memiliki gudang penyimpanan. Oleh karena itu bisnis dropship cocok untuk Anda yang masih memiliki modal sedikit. 

Baca Juga : Bisnis Jasa Ekspedisi Menguntungkan, Yuk Rasakan!

Selain minim modal, keuntungan yang lainnya dari bisnis ini adalah biaya persediaan yang rendah. Jika Anda mempunyai inventaris, mungkin nantinya akan ada masalah dengan kelebihan dan kekurangan stok. Masalah yang pertama adalah bisa menyebabkan keusangan, terutama jika produk mudah rusak, yang kedua adalah bisa mengakibatkan hilangnya pendapatan. 

Cara Memulai Bisnis Dropship

Mungkin Anda saat ini sudah tertarik dengan dropship, namun masih bingung cara memulai bisnis dropship. Nah, kami memiliki beberapa tips cara untuk memulai bisnis dropship. Simak yuk!

1. Riset produk dropship yang paling laris

Bisnis dropship

Sebelum Anda memulai bisnis dropship, ada baiknya Anda riset produk paling laris terlebih dahulu. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk riset produk untuk dropship, salah satunya adalah melalui marketplace seperti Tokopedia maupun Shopee. Jika Anda menggunakan Shopee, Anda bisa klik kategori produk yang ingin Anda jual dan pilih produk terlaris.

2. Cari supplier dropship yang terpercaya

Bisnis dropship

Setelah Anda sudah menemukan produk apa yang ingin Anda promosikan, langkah selanjutnya adalah Anda perlu mencari supplier bisnis dropship yang terpercaya. Mencari supplier yang trusted, penting untuk kelancaran usaha dropship Anda. Di bawah ini adalah contoh cara mencari supplier melalui Tokopedia untuk bisnis dropship Anda:

  • Masuk ke laman website Tokopedia
  • Pilih kategori produk yang Anda inginkan, seperti Fashion Muslim dengan produk atasan muslim wanita.
  • Pilih Gold Merchant. 
  • Lakukan filter dengan mengurutkan paling sesuai, ulasan, terbaru, harga tertinggi ataupun harga terendah. 
  • Perhatikan detail dari produk yang Anda pilih. Baik dari ulasan maupun jumlah penjualan. 

3. Membuat Situs Web 

Bisnis dropship

Setelah mencari supplier yang terpercaya, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat website. Hal ini dapat bermanfaat agar pelanggan semakin percaya dengan produk yang Anda jual. Anda dapat membuat situs web toko online sendiri, ataupun menggunakan jasa pembuatan situs web. 

4. Promosi 

Bisnis dropship

Jika situs web atau toko online di marketplace Anda sudah selesai, itu berarti Anda sudah siap jualan. Agar produk Anda dapat menjangkau pasar yang luas, Anda dapat melakukan berbagai strategi marketing seperti melalui sosial media. Saat ini, sosial media menjadi platform yang cukup menjanjikan untuk pemasaran. Anda dapat beriklan ataupun bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk dropship Anda. 

Baca Juga : Ekspedisi Logistik Mainkan Peran Penting Dalam Bisnis, Ini Penjelasannya

Demikian pembahasan kali ini mengenai pengertian, cara kerja, keuntungan dan cara memulai bisnis dropship. Untuk Anda yang pemula, bisnis dropship ini memang menjanjikan karena modal yang minim. Selamat mencoba ya!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

New Post

Recent Comments