Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Bisnis Import, Inilah Langkah-Langkah dan Keuntungannya!

bisnis import

Table of Contents

Istilah impor sudah sangat familiar di telinga kita. Kegiatan impor seringkali dilakukan oleh para pebisnis. Era perdagangan bebas seperti sekarang ini, bisnis import mulai menjamur dan banyak digeluti. Selain memiliki banyak keuntungan, dalam menjalankan bisnis ini juga tidak terlalu sulit, terutama yang sudah memiliki banyak pengalaman terkait bidang tersebut.

Banyak perusahaan di Indonesia yang membutuhkan lebih banyak bahan baku untuk proses produksi. Hal inilah yang kemudian cukup sulit untuk mengandalkan bahan baku dari dalam negeri karena jumlah dan ketersediaannya yang sangat terbatas. Supaya proses produksi semakin lancar, impor bahan baku pun dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan importer.

Baca Juga : Bisnis Ekspedisi Moncer, Cicipi Lewat 5 Bentuk Kemitraan Ini

Pengertian Bisnis Import

Import sendiri merupakan kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Banyak jenis barang yang bisa kita masukkan ke dalam negeri. Seperti halnya, bahan makanan mentah, pakaian, alat elektronik, hingga alat transportasi sekalipun. Sementara itu, definisi bisnis import adalah bisnis yang kegiatannya berfokus untuk memasok barang dari luar negeri dan dijual kembali ke dalam negeri dengan tujuan mencari keuntungan.

Kemudian, dalam menjalankan bisnis ini, ada dampak positif maupun negatif bagi perkembangan bisnis Indonesia. Dampak positifnya, tersedia banyak produk yang bisa kita gunakan untuk kegiatan produksi. Sedangkan, dampak negatifnya muncul persaingan produk yang semakin ketat. Itulah mengapa, penting untuk memperhatikan banyak hal sebelum memulai bisnis ini.

Cara Bisnis Import

Untuk memulai bisnis satu ini caranya cukup mudah. Hal pertama kali yang mesti Anda persiapkan adalah memenuhi syarat dan ketentuan. Syarat pertama, adalah perizinan, Anda harus memiliki lisensi atau perizinan sesuai dengan Permendagri nomor 59/M-DAG/PER/9/2012. Kemudian, pengiriman barang, pengiriman barang dalam aktivitas import telah tercantum dalam Incoterms (International Commercial Terms).

Selain itu, terdapat pengurusan dokumen yang nantinya akan diterima oleh importir, seperti Invoice, Bill of lading SKA, Packing List dan lain sebagainya. Syarat lainnya, yakni bea yang dikenakan untuk barang masuk dari luar negeri sesuai aturan Buku tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI). Terakhir, adalah pemeriksaan barang yang diimpor. Mulai dari pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan dokumen.

Langkah-Langkah Bisnis Import

Setelah memenuhi semua syarat seperti yang disebutkan sebelumnya, terdapat langkah-langkah yang mesti Anda ikuti untuk memulai bisnis ini. Selain itu, langkah-langkah ini juga bisa Anda gunakan untuk menjadi seorang importir. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah, prosedur, dan juga mekanisme yang dapat Anda ikuti dalam memulai bisnis ini.

  • Lakukan riset produk dan pasar.
  • Carilah penjual yang memberikan Anda harga terbaik.
  • Pasarkan bisnis Anda melalui online. Baik itu dengan memanfaatkan website maupun media sosial. Dengan demikian, klien akan semakin luas.
  • Buatlah tanda pengenal importir.
  • Langkah terakhir, yakni dengan mengelola keuangan bisnis Anda dengan tepat.

Keuntungan Bisnis Import

Pada pembahasan awal, kita sudah menyinggung dampak positif dan negatif dari bisnis ini. Import menjadi aktivitas maupun kegiatan yang dapat mengurangi devisa negara, sehingga menjadikan defisit neraca perdagangan negara. Sejatinya, bisnis ini memiliki berbagai keuntungan yang tidak semua orang tahu. Berikut ini beberapa keuntungannya.

  • Memiliki kebebasan dalam menentukan jumlah keuntungan yang ingin Anda dapatkan.
  • Selain itu, memiliki jangkauan penjualan yang sangat luas, sehingga Anda bisa memaksimalkan keuntungan.
  • Mendapatkan produk berkualitas yang dijamin oleh produsen, sehingga mampu meningkatkan minat klien atau pelanggan.

Baca Juga : Ekspedisi Logistik Mainkan Peran Penting Dalam Bisnis, Ini Penjelasannya

Itulah tadi pengertian, cara, langkah-langkah, dan keuntungan dari bisnis import. Pada dasarnya terdapat banyak peluang dalam memulai dan menjalankan bisnis ini. Mulai dari jasa importir, distributor barang import, perusahaan hardware teknologi, perusahaan pengelolaan barang impor, jasa asuransi barang import, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih salah satunya sesuai minat, kemampuan, dan prospek kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *