Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Bulk Cargo secara Definisi dan Tipenya

bulk cargo

Bulk Cargo mungkin adalah sebuah kata yang asing bagi Anda yang tidak berkecimpung di dunia ekspedisi dan pengiriman barang. Secara mudahnya, Bulk Cargo dapat diartikan sebagai sebuah komoditas cargo yang dikirimkan tanpa pengemasan namun dalam ukuran yang sangat besar.

Mungkin definisi sesingkat itu belum dapat menjabarkan apa itu Bulk Cargo. Yuk simak artikel berikut apabila Anda masih penasaran dengan apa itu Bulk Cargo.

1. Definisi Bulk Cargo

Bulk cargo dapat didefinisikan sebagai suatu cargo yang dikirimkan tanpa menggunakan pengemasan atau suatu kargo yang tidak dapat dengan mudah untuk dikemas dan dikirimkan menggunakan angkutan kargo.

Baca Juga: Mengenal Dunia Ekspedisi dan Kargo

Produk yang dapat dimasukkan ke dalam Bulk Cargo adalah cairan, pasir, krikil, batu bara, dan sebagainya. Poin pentingnya, bulk cargo adalah seluruh barang yang berbentuk butiran bebas (zat padat ataupun cair).

Industri yang berpotensi untuk mengirimkan Bulk Cargo

Tentunya seluruh industri yang memproduksi barang berupa butiran yang bebas bergerak, baik berbentuk padat maupun cair.

Sering kali industri konstruksi menggunakan layananan Bulk Cargo seperti tanah, batu kerikil, maupun produk lainnya yang dibutuhkan untuk mengisi suatu lahan yang kosong.

Industri pertanian dan peternakan juga tidak jarang menggunakan pengiriman Bulk Cargo. Pengiriman ini dipilih untuk mengirimkan pakan ternak atau bibit-bibit unggul dalam jumlah yang besar.

Industri pertambangan pun akan menggunakan pengiriman Bulk Cargo untuk mengirimkan bongkahan logam, bijih besi, dan batu bara. Barang yang dikirimkan juga bergantun pada barang yang diekstrasi dari bumi.

Industri kimia atau pembangkit listrik juga akan sering mengirimkan nitrogen cair atau bensin dan cairan-cairan lainnya yang berkepentingan.

Cara Menangani Pengiriman Bulk Cargo

Pengiriman Bulk Cargo memang cukup menyulitkan karena cargo tidak dikemas dengan mudah. Pengiriman barang akan cukup merepotkan dan sangat kompleks untuk ditangani.

Pengiriman dengan Bulk Cargo pastinya akan membutuhkan mesin yang memakan biaya dan alat yang berfungsi untuk membongkar muatan ke angkutan tranportasi pengiriman. Apabila Anda ingin mengirimkan barang dengan tipe Bulk Cargo seperti ini, sebaiknya Anda menggunakan layanan jasa ekspedisi yang terpercaya.

2. Kategori Bulk Cargo

jenis batu bara bulk
image by: pexels

Bulk Cargo terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Solid Bulk, Liquid Bulk, dan Break Bulk;

Solid Bulk Cargo

Solid cargo bulk adalah berbagai material yang lepas, tidak dikemas, dan padat namun dengan komposisinya yang seragam dan akan dimuat langsung ke ruang cargo pada kapal. Contoh produk yang termasuk pada kategori ini adalah gula, kakao, kopi, bijih besi, pupuk, dan lain sebagainya.

Barang yang termasuk dalam kategori Solid Bulk Cargo adalah material yang homogen dan tidak dikemas. Mayoritas pengiriman kategori ini disimpan pada kapal menggunakan alat seperti silo, crane, conveyor belt, atau hopers. Barang-barang ini tentunya akan dijaga agar tetap dalam kondisi kering.

Baca Juga: 4 Jenis Kapal Kargo dalam Jasa Pengiriman, Ini Variannya

Break Bulk Cargo

Break bulk cargo adalah cargo yang telah dikemas dan disatukan ke dalam drum, peti, pallet, atau kantong-kantong. Break bulk cargo biasanya dapat berupa cargo yang tidak dapat disatukan seperti kendaraan atau baja. 

Pada umumnya, break bulk cargo digunakan ketika mengacu kapada cargo yang dapat diukur secara jumlah atau quantitatif. Secara garis besar, Break Bulk Cargo dapat merujuk kepada suatu cargo yang tidak dapat ditampung pada satu wadah besar.

Baca Juga: Sebelum Kirim Barang, Kenali Dulu 3 Jenis Ekspedisi Kargo ini

Liquid Bulk Cargo

Liquid bulk cargo adalah cargo yang diangkut tanpa pengemasan dalam jumlah berapapun. Biasanya diangkut dengan kapal tanker dan dibuat khisis untuk memudahkan proses bongkar muat. 

Cargo ini diklasifikasikan dari tipe komoditas yang dapat dikonsumsi (seperti minyak goreng) hingga tidak dapat dikonsumsi (seperti bensin). 

Kategori cargo yang dapat dikirimkan menggunakan liquid bulk cargo adalah cairan konsumsi, cairan tidak dapat dikonsumsi, cairan berbahaya, dan cairan tidak berbahaya.

Baca Juga: Waspada! Jangan Memilih Jasa Pengiriman Barang Seperti Ini

3. Layanan Terpercaya dalam Mengirimkan Cargo Bulk

Ekspedisi dari Jakarta ke Delta Pawan Ketapang

Tentunya pengiriman Cargo Bulk membutuhkan penanganan khusus yang dapat menjaga kualitas barang selama pengiriman. Salah satu layanan yang dapat Anda gunakan untuk mengirimkan Cargo Bulk adalah dengan menggunakan layanan ekspedisi dari Trawlbens.

Trawlbens dapat memberikan banyak sekali layanan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan masyarakat dalam mengekspedisikan barang seperti layanan TrawlPack. Pengiriman barang menggunakan layanan Trawpack dari Trawlbens dapat memberikan kenyamanan bagi Anda untuk mengekspedisikan berbagai barang dengan cakupan berbagai daerah di Indonesia.

Pengiriman menggunakan jasa ekspedisi Trawlbens tentu saja dapat mengirimkan barang dengan cakupan ke seluruh wilayah di Indonesia. Salah satu rute yang dapat dilayani oleh Trawlbens adalah rute Ekspedisi Jakarta Semarang dan Ekspedisi Jakarta Surabaya.

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

https://www.maritime.dot.gov/sites/marad.dot.gov/files/docs/resources/3686/glossaryfinal.pdf

What is Bulk Cargo?

https://www.linkedin.com/pulse/types-bulk-cargo-break-solid-liquid-abdul-gafoor/

× Customer Service