Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

5 Cabang Olahraga Atletik Dasar dalam Olimpiade

5 Cabang Olahraga Dasar dalam Olimpiade
Table of Contents

Atletik adalah sebuah cabang olahraga yang paling tua di dunia ini. Karakteristik atletik ini adalah sebuah dasar dari semua cabang olahraga yang ada. Empat gerakan dasar olahraga itu adalah jalan, lari, lompat, dan lempar. Gerakan-gerakan tersebut kemudian dikembangkan menjadi berbagai macam olahraga atletik.

Yuk simak apa saja dasar cabang olahraga atletik dalam olimpiade

Atletik Jalan

Atletik Jalan
image by: pexels

Jalan memang sebuah keterampilan yang paling pertama diajarkan oleh orang tua kepada anaknya. Namun tidak semua orang dapat melakukan jalan dalam kehidupan sehari-hari.

Jalan sendiri telah di breakdown dan kemudian divariasikan menjadi olimpiade jalan cepat. Teknik jalan cepat dalam olimpiade atletik ini tidak hanya mengutamakan kecepatan, melainkan juga ketahanan dan kecakapan untuk melakukan gerakan sesuai aturan

Jalan Cepat

Jalan cepat memiliki nama lain yaitu race walking. Berbeda dengan berlari, perlombaan ini umumnya dilakukan di jalan raya dan dibagi menjadi beberapa jarak, yaitu, 20 kilometer dan 50 kilometer

Baca Juga: Kiat Sukses Berolahraga Mulai Hari Ini

Atletik Lari

Atletik Lari
image by: pexels

Lari sendiri terbagi menjadi beberapa olimpiade yang menekankan beberapa elemen, yaitu kecepatan, ketahanan, dan ketangkasan. Yuk simak apa saja cabang olahraga atletik lari;

Sprint

Lari jarak pendek atau sprint adalah olimpiade yang memiliki keutamaan untuk mencapai kecepatan hingga menjadi yang pertama untuk mencapai garis akhir. Atlet harus mampu mencapai garis akhir dalam jangka waktu yang singkat dan terbagi menjadi 3 jarak, yaitu 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Lari Jarak Menengah dan jauh

Seorang atlet jarak menengah dan jauh membutuhkan kecepatan, mental, stamina, dan daya tubuh yang tinggi. Lari jarak ini terbagi menjadi 4, yaitu 800 meter, 1.500 meter, 5.000 meter, dan 10.000 meter.

Selain itu, terdapat juga lari halang rintang atau steeplechase yang termasuk kepada cabang olahraga ini. Jarak 3.000m adalah jarak yang digunakan untuk cabang olahraga lari halang rintang. Pelari diwajibkan untuk melompati empat buah rintangan dalam sekali putaran dan satu ringangan lain berupa air

Baca Juga: Macam-macam Gaya dalam Berenang

Lari Estafet

Lari estafet adalah sebuah cabang olahraga yang memeiliki nama berupa relay racce dan merupakan variasi dari lari jarak pendek. Sama seperti cabang olahraga lari jarak pendek, cabang olahraga ini memiliki banyak hal yang dibutuhkan untuk mencapai goal dan ditambah lagi dengan kerja sama tim. 

Cabang olahraga ini akan dibagi menjadi 2 jarak, yaitu 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter.

Lari Gawang

Lari ini juga memiliki nama lain yaitu hurdles dan termasuk pada lari jarak pendek. Pelari harus melewati setidaknya 10 gawang dengan ketinggian dan jarak yang telah tertulis dalam sebuah lintasan. Gawang memiliki spesifikasi berupa mudah jatuh apabila tersenggol dengan kaki atau bagian tubuh lainnya. Kendati demikian hal ini tidak akan mendiskualifikati pelari namun hanya akan menghambat. Lagi-lagi cabang olahraga ini terbagi menjadi beberapa jarak, yaitu 110 meter putra, 100 meter putri, dan 400 meter.

Lari Marathon

Lari ini adalah sebuah cabang olahraga yang memiliki jarak tempuh paling jauh dibandingkan lari lainnya. Jarak seorang pelari marathon akan menempuh jarak sejauh 42,195 km. ada juga lari setengah marathon yang menempuh jarak sejauh 21.0975 km.

Baca Juga: 10 Tips Gerakan Olahraga Pengecil Perut

Atletik Lompat

Atletik Lompat
image by: pexels

Lompat adalah sebuah olahraga yang diuji dalam atletik yang membutuhkan kecepatan dan daya ledak otot. Hal ini difungsikan untuk meraih jarak dan ketinggian tertentu. Atlet juga dituntut untuk memiliki kelenturan tubuh serta ketangkasan saat menggunakan alat tertentu dalam cabang olahraga.

Lompat Tinggi

Ketangkasan yang dibutuhkan pada olahraga ini adalah tolakan pada suatu kaki untuk melompat, mengatur titik berat pada tubuh selama di udara, dan melewati suatu mistar tanpa menjatuhkannua. Seorang atlet dituntut untuk berlaru paling tidak sejauh 15 meter.

Lompat Jauh

Lompat jauh adalah sebuah teknik untuk melompat dan membawa titik berat tubuh selama mungkin pada udara untuk mencapai titik terjauh. Gerakan lompat ini dipengaruhi oleh ancang-ancang lari sebagai permulaan, daya hentakan kaki saat akan melompat, postur tubuh di udara, dan keahlian saat mendarat di pasir.

Baca Juga: 8 Tata Cara Pindah Rumah Anti Repot!

Lompat Galah

Hampir sama seperti lompat tinggi, bedanya lompat galah dibantu dengan galah yang bertujuan untuk melewati tanpa menyentuh mistar. Tentunya ketinggian dari lompat galah lebih tinggi dibandingkan lompat tinggi. 

Atlet lompat galah akan membawa galah selama berlari dan ditancapkan kepada papan henti untuk melompat dan melewati mistar.

Lompat Jangkit

Lopat jangkit adalah sebuah teknik melompat ke depan mirip seperti lompat jauh. Kendati demikian, lompat jangkit memiliki perbedaan seberti berlari dan melakukan hentakan untuk melompat. Atlet harus melompat dua kali sebelum mendarat di bak pasir.

Atletik Lempar

Atletik Lempar
image by: pexels

Olahraga ini membutuhkan gerakan otot kaki dan memusatkan kekuatan otot lengan untuk melempar. Olahraga ini diberikan alat bantu seperti cakram, lembing, martil, dan bola logam.

Lempar Lembing

Olahraga lempat lembing membutuhkan sejenis alat berupa tombak dengan bahan material ringan berujung logam. Tombak harus dipegang dengan satu tangan dengan jari kelingking dekat ujung alat. Lembing sendiri memiliki berbagai macam ukurang dengan berat minimal untuk putra 800 gram dan panjang 2.6 hingga 2.7 meter, sedangkan putri seberat 600 gram dan 2.2 hingga 2.3 meter. 

Lempar Cakram

Lempar cakrammengharuskan seorang atlet untuk melempar sebuah cakram logam dan mendarat pada bagian tertentu yang telah ditandai. Ukurannya pun juga berbeda, putra 2 kg dengan diameter 22 cm, putri 1 kg diameter 18 cm.

Lempar Martil

Lempar martil atau palu memerlukan kekuatan otot lengan untuk meempar beban sejauh mungkin. Martil memiliki ukuran untuk prias seberat 7.26 kg dan wanita 4 kg.

Tolak Peluru

Shot Put adalah sebuah cabang olahraga atletik yang memusatkan pergerakan untuk menolak atau mendorong bola logam. Ukuran bobot untuk pria adalah 7.26 kg dan wanita seberat 4 kg.

Baca Juga: 10 Gunung yang Harus Anda Daki di Indonesia

Cabang Olahraga Gabungan

Cabang olahraga ini mencakup gabungan antar olahraga yang telah disebutkan diatas. Seorang atlet akan menargetkan goal pada mengumpulkan poin dari segala hal yang diperlombakan dalam cabang olahraga gabungan ini.

Decathlon

Cabagang olahraga ini memiliki 10 macam cabang olahraga dan diperlombakan selama 2 hari;

  1. Hari pertama: lari 100 meter, lompat jauh, tolak peluru, lompat tinggi, dan juga berlari dengan jarak sejauh 400 meter.
  2. Hari kedua: lari gawang 110 meter, lempar cakram, lompat galah, lempar lembing, dan juga berlari sejauh 1.500 meter

Heptathlon

Olahraga ini mencakup 7 macam disiplin atletik selama 2 hari;

  1. Hari pertama lari gawang 100 meter, lompat tinggi, tolak peluru, dan lari 200 meter.
  2. Hari kesua: lompat jauh, lempat lembing, dan lari sejauh 800 meter.

Olahraga ini dapat Anda tingkatkan potensinya dengan mengirimkan berbagai macam alat yang dapat membantu pelatihan atlet. Anda dapat mengirimkan produk dengan menggunakan layanan Trawlpack dari Trawlbens.

Trawlbens memiliki berbagai rute yang dapat membantu Anda untuk mengirimkan barang ke berbagai daerah. Salah satu rute yang dialayani oleh Trawlbens adalah rute Ekspedisi Jakarta Semarang dan Ekspedisi Jakarta Surabaya.

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

https://hellosehat.com/kebugaran/kardio/macam-macam-olahraga-atletik/

× Customer Service