Bagaimana Cara Kerja Ekspedisi? Ini Jawabannya!

Cara Kerja Ekspedisi

Ekspedisi dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pengiriman surat, barang, dan sebagainya. Selain itu ekspedisi dalam KBBI juga memiliki arti sebuah perusahaan pengangkut barang. 

Dari dua pengertian ini, dapat disimpulkan bahwa ekspedisi merupakan perusahaan yang bersangkutan dengan kegiatan pengiriman surat, barang, dan lain sebagainya. 

Namun, pengiriman barang tersebut tentunya menimbulkan banyak pertanyaan bagi kita, bagaimana cara kerja ekspedisi? 

Sebab, jika dipikir-pikir bagaimana mungkin kita bisa menitipkan sebuah surat, barang, atau apapun itu yang dapat dikirimkan oleh seseorang atau penyedia jasa dengan percaya dan tanpa khawatir. 

Serta, bagaimana mungkin barang yang kita titipkan dapat sampai ke tujuan yang kita inginkan? 

Guna mengetahui hal-hal tersebut, berikut Trawlbens jelaskan cara kerja ekspedisi untuk kamu yang ingin tahu!

Inilah Cara Kerja Ekspedisi

Secara singkat ekspedisi merupakan kegiatan bisnis yang bergerak pada bidang jasa pengiriman barang, surat, dan sebagainya. Pengiriman tersebut dilakukan secara beragam melalui jalur darat, laut, bahkan udara. 

Jasa ekspedisi ini hadir dan eksis hingga kini karena pengiriman yang harganya murah. Hal ini dikarenakan pembeli hanya akan dikenakan biaya sesuai dengan berat barang dan jarak pengiriman yang akan ditempuh. 

Selain itu, biasanya jasa ekspedisi juga menawarkan kemudahan ke pengguna dalam pengiriman barang yang mampu berbagai daerah antar kota, antar provinsi, hingga antar pulau. Sehingga penggunaan jasa ekspedisi ini tetap dibutuhkan hingga sekarang. 

Terlebih lagi karena maraknya e-commerce serta kegiatan berbelanja online yang intensitasnya makin lama makin tinggi di masyarakat Indonesia. Membuat jasa ekspedisi selalu dipergunakan. 

Tapi, tak jarang masyarakat yang ragu akan jasa pengiriman karena takut barang yang dititipkan ke penyedia jasa tidak sampai ke tujuan, ataupun barang rusak ketika masa pengiriman. Penyedia jasa biasanya akan menyediakan klaim ataupun asuransi sebagai garansi untuk pengguna. 

Namun, walaupun jasa tersebut menyediakan garansi ataupun asuransi untukmu. Kamu juga harus perlu tahu cara kerja ekspedisi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada barang yang ingin kamu kirimkan serta agar kamu tidak mudah di tipu. 

Berikut, Trawlbens rangkum cara kerja ekspedisi yang perlu kamu ketahui!

Baca juga: Istilah Pengiriman Barang Dalam Logistik yang Perlu Diketahui

Screening barang masuk dan barang yang akan di kirim 

Untuk tahap awal cara kerja ekspedisi adalah proses screening. Proses ini dilakukan terhadap semua barang yang masuk ketika ingin dikirimkan. Biasanya pengecekan ini dilakukan pada saat barang pertama kali datang pada kantor cabang jasa ekspedisi. 

Petugas akan menanyakan barang apa yang akan dikirimkan ke kamu dan memastikan apakah barang tersebut aman untuk dikirim. Selain itu, seluruh penyedia jasa tidak akan mau menerima barang-barang berbahaya yang dilarang oleh undang-undang seperti narkoba, miras, hingga barang-barang yang mudah meledak. 

Pengemasan barang yang akan di kirim 

Setelah proses screening, barang akan langsung dikemas oleh petugas ekspedisi. Walaupun biasanya barang sudah dikemas oleh pelanggan, namun petugas ekspedisi biasanya akan tetap memberikan packing tambahan.

Selain itu, tiap barang yang dikirim  mempunyai perlakuan yang berbeda dalam pengirimannya. Perbedaan treatment ini tentunya bertujuan agar barang yang dikirimkan aman sampai tujuan. Maka dari itu, pengemasan ini dilakukan oleh petugas untuk memisahkan tiap barang yang akan dikirim. 

Trawlbens

Melakukan administrasi 

Setelah selesai melakukan pengemasan, pelanggan diharuskan melakukan administrasi. Proses administrasi ini harus dilakukan sebelum barang dikirim oleh penyedia jasa ekspedisi. 

Biasanya administrasi yang perlu dilakukan oleh pelanggan adalah pengisian lokasi, isi barang, data diri, pembayaran ongkir, hingga bea cukai jika barang tersebut dikirimkan ke luar negeri. Hal ini dilakukan oleh penyedia jasa demi mendapatkan informasi dan data diri yang jelas dari penerima barang. 

Memasukkan barang dan mengecek transportasi 

Setelah administrasi selesai, barang yang akan dikirimkan akan dimasukan ke dalam muatan transportasi sesuai dengan destinasi atau tujuan lokasi transportasi tersebut. 

Sebelum berangkat, transportasi juga akan dicek oleh penyedia jasa ekspedisi. Transportasi akan dicek kelayakan jalannya, kondisi fisik kendaraan, mesin, hingga kondisi pengemudi juga akan dicek guna pengantaran barang selamat sampai tujuan. 

Kesimpulan

Itulah empat cara kerja ekspedisi yang harus kamu ketahui. Empat tahap tersebut memastikan barang yang kamu percayakan pada jasa ekspedisi tersebut aman.  Karena empat tahap tersebut juga merupakan cara kerja dasar yang dilakukan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang kamu. 

Jika salah satu dari empat tahap tersebut itu terlewat atau tidak dilaksanakan, sebaiknya kamu perlu bertanya atau bisa selesaikan proses pengiriman barangmu dan mencari layanan lain. 

Selain empat tahap tersebut, berbagai layanan juga kadang menawarkan layanan tambahan mulai dari asuransi ataupun layanan door to door. Jadi jika kamu ingin menggunakan jasa ekspedisi, hal yang terpenting adalah mencari informasi mengenai layanan ekspedisi yang ingin kamu gunakan. 

Artikel ini dipersembahkan oleh Trawlbens. Trawlbens memiliki layanan Trawlpack yang merupakan jasa pengiriman kargo terpercaya dan berbasis aplikasi smartphone. Download aplikasi Trawlbens di google play & app store sekarang!