Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Cara Membuka Usaha Ekspedisi Rumahan dan Peluang Keuntungannya

pengemasan barang paket kiriman

Table of Contents

Untuk Anda ingin terjun ke dunia bisnis, saat ini telah tersedia berbagai macam peluang usaha yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah peluang bisnis usaha ekspedisi rumahan. Mengapa rumahan? Dengan membuka usaha di rumah, tentunya Anda dapat menghemat biaya sewa di luar. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah awal cara membuka usaha ekspedisi rumahan dan peluang keuntungannya. Simak yuk!

Cara Membuka Usaha Ekspedisi

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha ekspedisi, di bawah ini adalah beberapa tips dari kami, yaitu sebagai berikut:

1. Siapkan Budget

usaha ekspedisi

Dalam memulai usaha apa pun, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan modal. Baik itu untuk modal usaha ekspedisi ataupun biaya untuk operasional nantinya. Selain biaya yang perlu Anda perhatikan, Anda perlu menyiapkan kendaraan operasional seperti mobil dan motor untuk pengantaran barang. 

2. Menentukan Layanan

pexels ketut subiyanto 4246120 1 scaled

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan layanan jasa ekspedisi rumahan Anda. Tentukan layanan yang ingin Anda berikan kepada konsumen, seperti jasa pengiriman barang, dokumen atau makanan.

Baca Juga : 6 Ide Bisnis Dropship Untuk Pemula, Auto Cuan!

Untuk jasa pengiriman barang, karena setiap barang memerlukan penanganan yang berbeda, Anda perlu membedakannya menjadi beberapa jenis, yaitu kategori obat, barang pecah belah atau kargo. 

3. Tentukan Jangkauan Usaha 

usaha ekspedisi

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis ekspedisi rumahan, Anda dapat memulai dari wilayah kota perumahan Anda terlebih dahulu. Jika nanti usaha Anda telah berkembang, Anda dapat meluaskan cakupan usaha Anda. Untuk langkah awal, Anda dapat menawarkan jasa Anda kepada tetangga terdekat. 

4. Tentukan Waktu Pengiriman

usaha ekspedisi

Setelah Anda telah menentukan cakupan wilayah usaha ekspedisi rumahan Anda, selanjutnya adalah menentukan waktu pengiriman barang Anda. Jika Anda menyediakan layanan pengiriman barang secara kilat, pastikan Anda sudah siap dengan kendaraan operasional yang lebih. Apabila kendaraan terbatas, untuk langkah awal Anda dapat menyediakan jasa pengiriman reguler terlebih dahulu. 

5. Menentukan Tarif Pengiriman

usaha ekspedisi

Untuk langkah selanjutnya, Anda bisa menentukan tarif pengiriman barang sesuai dengan jarak tempuh dan berat barang. Agar dapat bersaing dengan usaha ekspedisi rumahan yang lainnya, Anda dapat memberikan potongan harga di awal dan promosi yang menarik supaya bisnis Anda dapat dikenal. 

6. Lakukan Promosi

usaha ekspedisi

Setelah membuka usaha ekspedisi rumahan Anda, selanjutnya adalah melakukan promosi melalui berbagai sosial media bisnis yang Anda miliki. Untuk langkah awal, Anda bisa melakukan promosi mouth-to-mouth atau mulut ke mulut.

Baca Juga : Bisnis Ekspedisi Moncer, Cicipi Lewat 5 Bentuk Kemitraan Ini

Anda dapat memulai dari pelanggan terdekat Anda, yaitu tetangga. Jika nanti usaha Anda telah berkembang, Anda dapat melakukan promosi melalui iklan di akun media sosial, ataupun memasang banner di depan rumah Anda. 

Perhitungan Modal dan Peluang Keuntungan Usaha Ekspedisi

Mungkin Anda bertanya-tanya berapa modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha ekspedisi rumahan dan peluang keuntungannya. Berikut adalah rincian biaya membuka bisnis ekspedisi, seperti yang dilansir dari Cermati. 

Estimasi modal: 

  • Biaya pembelian kendaraan operasional: Rp. 100 juta
  • Peralatan kantor: Rp. 10 juta
  • Timbangan dan peralatan lainnya: Rp. 6 juta
  • Pengurusan izin usaha: Rp. 1 juta

Total estimasi modal: Rp. 117 juta

Estimasi operasional:

  • Gaji pegawai (2 orang): Rp. 5 juta
  • Biaya internet, air, listrik, telepon: Rp. 1 juta
  • Biaya tidak terduga: Rp. 1 juta

Total estimasi operasional: Rp. 7 juta

Dengan estimasi biaya yang telah disebutkan di atas, maka total biaya yang perlu Anda siapkan sebelum membuka usaha ekspedisi rumahan adalah Rp. 124 juta. Untuk menghitung laba, Anda dapat mengurangi total pendapatan dengan total biaya operasional. Waktu untuk balik modal pada umumnya diperlukan 3 bulan atau lebih, namun jika Anda memiliki mobil atau motor sendiri untuk kendaraan operasional, tentunya balik modal akan semakin cepat. 

Nah, itulah tips dari kami untuk Anda yang ingin membuka usaha ekspedisi rumahan. Untuk bisa memulai usaha dengan baik, pastikan Anda sudah memiliki niat dan tekad yang kuat. Selamat mencoba ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *