Cara Memilih Pasir Yang Bagus Untuk Kebutuhan Konstruksi

cara memilih pasir yang bagus

Pasir merupakan material butiran yang sering digunakan dalam membangun konstruksi bangunan. Ketika kita membeli pasir tentunya kita menginginkan pasir yang kualitasnya bagus. Semakin baik kualitas pasir yang digunakan maka semakin kuat pula struktur beton yang dihasilkan. Cara memilih pasir yang bagus memang tidak bisa dianggap enteng lho. Keunggulannya terletak pada keawetan struktur bangunannya yang jauh lebih tahan lama.

Pasir yang bagus adalah pasir yang masih murni tanpa adanya tambahan campuran apapun, seperti sampah, lumpur, tanah liat, bahan organik dsb. Adanya bahan selain pasir yang ada di pasir menyebabkan penurunan kualitasnya. Sayangnya harga pasir dengan kualitas bagus cukup mahal dan sulit ditemukan. Cara paling mudah untuk mengecek kualitas pasir yang baik adalah dengan memastikan pasir tersebut tidak mengandung kotoran seperti debu pasir atau biasa disebut pasir. 

Pasir yang berkualitas berpengaruh terhadap beton yang digunakan untuk konstruksi sebuah bangunan sehingga jadi lebih kokoh. Ingin tahu cara memilih pasir yang bagus seperti apa? Yuk simak selengkapnya di bawah ini, cekidot!

trawlpack banner

5 Cara Memilih Pasir Yang Bagus Untuk Kebutuhan Konstruksi

  • Ketahui Ciri-Cirinya

Pasir yang bagus memiliki ciri-ciri yang mengacu pada standar SNI. Dimana ciri-cirinya meliputi indeks kekerasan yang berada di bawah 2.2 dengan butiran tajam dan keras, tidak mudah hancur, tidak mengandung lumpur melebihi 5%, tidak banyak mengandung bahan organik, susunannya beraneka ragam, memiliki reaksi negatif terhadap golongan alkali, untuk pasir laut tidak boleh dibuat untuk campuran beton, dan gunakan pasir pasang untuk plester.

  • Ketahui Kandungannya

Kandungan pasir yang bagus juga harus sesuai SNI meliputi sebaiknya kandungan lumpur di bawah 3% dari berat atau 12% dari volume, bebas dari kandungan organik, dan tidak mengandung kotoran yang berbahaya misalnya besi, alkali, garam, pirit, batu bara, atau kotoran lainnya.

  • Sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)

Bahan bangunan umumnya dilengkapi dengan standar kesesuaian. Tujuannya agar bangunan menjadi kokoh dan layak huni dalam jangka panjang. Persyaratan standar pasir menurut SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah sebagai berikut: Butiran pasirnya harus keras dan di sela-selanya juga harus tajam. Indeks kekerasan harus lebih besar dari 2,2.

Kandungan pasirnya tidak boleh mengandung lumpur lebih dari 5 persen. Jika terdapat banyak kandungan lumpurnya, maka pasir tersebut harus dicuci terlebih dahulu. Anda sebaiknya tidak menggunakan pasir laut untuk membangun bangunan. Kecuali Anda telah mendapat instruksi dan izin dari lembaga resmi pemerintah.

  • Tes Secara Manual

Cara memilih pasir konstruksi yang berkualitas cukup sederhana, namun membuahkan hasil. Yaitu dengan mengambil segenggam pasir, lalu menggosokkannya pada telapak tangan dan membuangnya. Pasir berkualitas tidak akan menempel di tangan Anda. Cara ini bisa Anda coba saat memilih pasir berkualitas tinggi untuk bahan bangunan.

  • Ketahui Harganya

Pasir dengan kualitas terbaik biasanya hargaya tergolong mahal dan cukup langka dicari. Anda perlu riset terlebih dulu di internet atau bisa juga bertanya kepada kerabat/kawan yang pernah membangun rumah atau bangunan lainnya. Jika memang Anda memiliki budget berlebih maka pilihlah pasir yang berkualitas terbaik untuk konstruksi bangunan Anda. 

Penutup 

Dalam membangun sebuah bangunan, kebutuhan akan bahan bangunan memang sangat diperlukan dan harus ada. Selain ada yang sebagai material utama, bahan bangunan itu akan menunjang lancarnya proses operasional dalam membangun bangunan. Salah satu material penting dan utama dalam membangun bangunan yaitu pasir. Pasir adalah barang tambang berbentuk butiran kecil yang menjadi kebutuhan banyak orang dalam membangun bangunan. 

Bahan bangunan yang digunakan untuk membangun sebuah bangunan pastinya harus bagus dan memiliki kualitas terbaik supaya bangunan bisa berdiri kokoh. Salah satunya dalam hal memilih pasir. Cara memilih pasir yang bagus ternyata bukan perkara mudah lho. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Selain itu, bagi Anda ingin membawa atau mengirimkan pasir tersebut bisa menggunakan jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya.