Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

6 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Bulanan dengan Cerdas dan Cermat

cara mengatur keuangan usaha

Table of Contents

Tabungan memiliki manfaat untuk masa depan, baik untuk kesehatan, pendidikan maupun dana pensiun.  Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa mengatur keuangan pribadi bulanan dengan tepat.

Baik Anda mempunyai pemasukan yang besar maupun kecil, pastikan Anda tidak boros dan dapat mengelola uang dengan cerdas. Lantas bagaimana cara mengatur keuangan pribadi, agar tabungan Anda cukup untuk masa depan? Yuk simak ulasan berikut!

1. Aturan 50-30-20

cara mengatur keuangan pribadi

Cara mengatur keuangan agar tidak boros adalah dengan menggunakan 50-30-20. Aturan ini merupakan metode penganggaran bulanan langsung yang memberi tahu Anda dengan tepat berapa banyak yang perlu ditabung dan biaya hidup Anda setiap bulannya. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa menghindari pengeluaran yang berlebihan dan dapat menambah tabungan Anda, tanpa perlu mencatat setiap transaksi yang keluar. 

Baca Juga : Bisnis Dropship: Pengertian, Cara Kerja, Keuntungan & Cara Memulainya

50% adalah untuk biaya hidup sehari-hari, 30% untuk keinginan dan selanjutnya, 30% untuk tabungan atau membayar hutang. Dengan mengeluarkan biaya sesuai dengan porsinya, Anda bisa menggunakan uang bulanan Anda secara efisien dan menghemat waktu untuk menghitung detail pengeluaran. Yuk dicoba!

2. Buat Rencana Anggaran 

cara mengatur keuangan pribadi

Cara untuk mengatur keuangan bulanan yang selanjutnya adalah dengan membuat rencana anggaran setiap bulan. Untuk mencapai jumlah tabungan yang Anda inginkan, Anda perlu membuat catatan kemana uang dihabiskan agar Anda bisa mengendalikan pengeluaran Anda. Buat rencana anggaran setiap bulan dengan cara membagi pengeluaran Anda ke dalam beberapa kategori dan pastikan Anda mematuhinya. 

3. Kurangi Pengeluaran Bulanan

cara mengatur keuangan pribadi

Agar Anda bisa hemat setiap bulannya, pastikan Anda mengetahui skala prioritas dalam pengeluaran sehari-hari. Dalam hal ini, tentunya tidak ada rumus keuangan pribadi yang seratus persen akan sesuai dengan Anda. 

Di bawah ini merupakan pengeluaran yang bisa Anda kurangi untuk menghemat uang dari gaji setiap bulan, antara lain:

  • Biaya transportasi
  • Isi ulang ponsel
  • Shopping online
  • Biaya hiburan
  • Pesanan makanan dari luar
  • Pembelanjaan kartu kredit
  • Biaya minum dan merokok

4. Hindari Menggunakan Kartu Kredit

cara mengatur keuangan pribadi

Cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros yang selanjutnya adalah dengan menghindari menggunakan kartu kredit. Memang sebagian besar dari kartu kredit mudah untuk didapatkan, namun hal ini bisa menjadi malapetaka jika Anda tidak bisa mengelola kartu kredit dengan baik. Dengan hutang yang meningkat jika Anda telat bayar kartu kredit, Anda tidak bisa memiliki kendali atas pengeluaran bulanan Anda. 

5. Jangan Boros!

cara mengatur keuangan pribadi

Anak muda pada umumnya sering berbelanja online, makan di luar bersama teman, menonton bioskop, dan membeli pakaian serba baru. Tentunya ini sangat boros dan nantinya Anda tidak mampu untuk menabung. Keluarkan maksimal 15% dari total pemasukan bulanan Anda untuk biaya kesenangan Anda. Agar Anda bisa mengelola uang bulanan dengan baik, pastikan Anda tidak melebihi dari batas pengeluaran ini. 

6. Investasi 

cara mengatur keuangan pribadi

Tidak ada kata terlambat untuk belajar investasi seperti saham, forex, maupun investasi lainnya seperti tanah dan properti. Selain itu, Anda bisa mulai untuk membeli asuransi kesehatan. Investasi sangat bermanfaat untuk masa depan, dan untuk persiapan dana pensiun. Apapun investasi yang Anda pilih, pastikan Anda sudah mempelajarinya terlebih dahulu, karena saat ini sudah banyak penipuan atas nama investasi di dunia maya. 

Manfaat Mengatur Keuangan Pribadi

Mengatur keuangan pribadi, tentunya sangat bermanfaat untuk tabungan darurat, maupun dana pensiun. Dengan tabungan yang cukup, Anda di masa depan bisa terhindar dengan yang namanya hutang. Pastikan Anda dari sekarang mulai menghindari hutang dalam bentuk kredit ataupun paylater untuk keperluan yang tidak mendesak. 

Baca Juga : Bisnis Jasa Ekspedisi Menguntungkan, Yuk Rasakan!

Selain untuk tabungan, manfaat dari mengatur keuangan pribadi yang lainnya adalah untuk belajar hemat. Hindari mengeluarkan biaya untuk hal-hal yang tidak prioritas dan berlebihan. Keuangan pribadi yang teratur dapat membantu Anda untuk mencapai kebebasan finansial yang Anda inginkan di masa depan. 

Itulah ulasan kali ini mengenai cara mengatur keuangan pribadi bulan dengan cerdas dan cermat. Untuk mendapatkan uang terkadang memang mudah, namun pada dasarnya mengeluarkan uang lebih sulit jika Anda tidak tahu cara bagaimana mengelolanya dengan baik. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *