Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil yang Wajib Dilakukan Pengusaha

cara menghitung berat paket

Table of Contents

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil, Anda perlu untuk mengatur keuangan usaha secara tepat. Selain dapat mengetahui pengeluaran dan pemasukan, Anda bisa menggunakan hasil keuntungan sebagai tabungan Anda di masa depan nanti. Pastikan Anda tidak mencampur antara uang usaha dengan uang pribadi. Sebab, hal ini dapat mengacaukan perhitungan keuntungan usaha. Yuk, simak ulasan berikut mengenai cara mengatur keuangan usaha Anda. 

Manfaat Mengatur Keuangan Usaha dengan Baik

cara mengatur keuangan usaha

Dengan mengatur keuangan usaha Anda dengan baik, Anda bisa belajar untuk menjadi lebih hemat. Anda bisa mengetahui pengeluaran apa yang sebenarnya tidak perlu, sehingga Anda nantinya berhati-hati saat membeli sesuatu. Dengan berhemat, Anda dapat mengalokasikan uang menjadi investasi dan cadangan kas. 

Selain Anda menjadi lebih hemat, manfaat yang selanjutnya adalah mudah untuk cek keuntungan dari bisnis. Bayangkan jika Anda tidak melakukan pengaturan keuangan usaha, sudah pasti Anda tidak bisa mengetahui berapa keuntungan dari usaha Anda setiap bulannya. Profit dari bisnis ini nantinya dapat Anda putar untuk modal usaha selanjutnya.  

Baca Juga : Cara Membuka Usaha Ekspedisi Rumahan dan Peluang Keuntungannya

Tips Mengatur Keuangan Usaha Kecil Agar Berkembang

cara mengatur keuangan usaha

Inilah beberapa tips dari kami mengenai cara mengatur uang hasil jualan agar bisnis Anda berkembang, yaitu sebagai berikut:

1. Pisahkan Uang Pribadi dan Usaha

Mungkin banyak dari Anda yang masih menggunakan rekening pribadi untuk mengelola uang pribadi dan usaha. Hindari hal ini karena nantinya dapat mengacaukan perhitungan profit dari bisnis Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuka rekening bank bisnis untuk pemasukan dan pengeluaran usaha Anda. 

 2. Buat Perencanaan Keuangan

Membuat anggaran yang tepat dapat bermanfaat untuk mencapai pendapatan yang lebih cepat. Dengan perencanaan keuangan, Anda bisa memperkirakan profit yang akan dihasilkan bisnis Anda dan mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu. Idealnya, Anda harus membuat anggaran operasional terlebih dahulu. Setelah itu, fokus pada anggaran arus kas untuk melacak uang masuk dan keluar. 

3. Jangan Takut Dengan Pinjaman

Cara mengatur modal dan keuntungan yang selanjutnya adalah jangan takut dengan pinjaman. Mungkin banyak pemilik bisnis takut dengan perangkap hutang begitu mereka mulai meminjam uang. Namun, dengan pinjaman bisnis, Anda bisa mengatasi pengeluaran tidak terduga. Kelebihan dari pinjaman usaha kecil salah satunya adalah bunga cicilan yang rendah. Pinjaman tersebut dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan usaha Anda seperti membeli persediaan, membayar gaji dan tagihan listrik.

Baca Juga : Bisnis Jasa Ekspedisi Menguntungkan, Yuk Rasakan!

4. Perhatikan Arus Kas

Dalam usaha kecil dan menengah, Anda perlu memperhatikan arus kas keuangan usaha Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kebocoran uang kas. Untuk dapat memantau kas, Anda perlu teliti dan memiliki ilmu dasar akuntansi agar mengerti kas keuangan usaha Anda. Manfaatkan berbagai aplikasi arus kas untuk memantau pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda. 

5. Menyiapkan Dana Darurat

Selain menyisihkan keuntungan uang dari usaha untuk modal selanjutnya dan tabungan, Anda juga perlu untuk menyiapkan dana darurat. Memang kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, namun Anda harus menyiapkan hal-hal terburuk jika usaha Anda tidak berjalan lagi sesuai rencana. Siapkan dana darurat ini sedini mungkin, dan gunakan hanya jika Anda mengalami kerugian di kemudian hari. 

Nah itulah ulasan kali ini mengenai cara mengatur keuangan usaha kecil yang wajib dilakukan pengusaha. Ikuti tips di atas agar bisnis Anda bisa berkembang menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *