Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

5 Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Menurut penelitian, lebih dari setengah karyawan di perusahaan, rata-rata mencari peluang kerja lainnya. Dan tidak heran banyak perusahaan kehilangan sekitar sepertiga dari basis karyawan mereka setiap tahun. Dengan angka-angka seperti itu, loyalitas karyawan terasa seperti hal yang langka.

Menurut sebuah studi oleh Center of American Progress jika mempekerjakan pengganti, biasanya biayanya sekitar 20% dari gaji rata-rata karyawan lama. Jelas saja, menanamkan loyalitas pada karyawan anda itu adalah hal yang sangat berharga.

Tetapi, bagaimana anda melakukannya? Berikut ini adalah 6 cara meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan anda.

1. Memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Loyalitas Karyawan

Definisi Franchise secara Hukum dan Etimologi
image by: pexels

Loyalitas karyawan adalah istilah umum untuk serangkaian emosi yang membuat karyawan merasa terikat dengan majikan mereka saat ini, dan kecil kemungkinannya untuk melihat rumput yang lebih hijau di tempat lain.

Untuk meningkatkan loyalitas karyawan, anda harus meningkatkan emosi positif dan mengurangi energi negatif yang dirasakan karyawan saat mereka membuat keputusan untuk tinggal dan pergi.

Baca Juga: Deep Talk: Fungsi dan Cara Memulainya

2. Menawarkan Kompensasi Yang Kompetitif dan Adil

penawaran kompensasi gaji
image by: pexels

Karyawan mengharapkan bayaran sebanyak penghasilan yang bisa mereka dapatkan di tempat lain dengan pekerjaan yang sama. Karyawan juga mengharapkan bayaran sebanyak rekan-rekan mereka yang melakukan pekerjaan yang sama, terlepas dari apakah rekan-rekan mereka lebih baik dalam menegosiasikan gaji.

Cara paling sederhana untuk membangun keadilan kompetitif adalah dengan mempublikasikan kompensasi setiap orang seperti perusahaan publik yang mempublikasikan kompensasi eksekutif. Perusahaan media sosial telah melakukan langkah ini selama bertahun-tahun dan sukses menjaga loyalitas karyawan mereka.

3. Sewa Lebih Banyak Referensi

tepat memlih mitra bisnis

Cara mudah untuk memastikan bahwa hubungan antar karyawan adalah dengan membuat bonus referensi dan memiliki program referensi karyawan yang memudahkan karyawan untuk merekomendasikan teman-teman mereka.

Baca Juga: Membangun Bisnis Bersama Sahabat? Ini 3 Tipsnya

4. Berikan Karyawan Lebih Banyak Kendali

Artikel karyawan meeting
image by: pexels

50 tahun yang lalu, kata kunci konsep manajemen merupakan “delegasi”, lalu 25 tahun setelahnya adalah “pemberdayaan”, namun sekarang kata kunci untuk konsep manajemen adalah “wewenang”. Ketiga kata kunci ini memiliki arti yang sama yaitu manajer harus mengendalikan karyawan.

Perusahaan yang memiliki karyawan yang diberi kendali lebih, memiliki tingkat turnover 31% lebih rendah jika dibandingkan karyawan yang hanya disuruh untuk mengikuti perintah.

Cara termudah untuk meningkatkan keterlibatan karyawan adalah meminta mereka menetapkan jam kerja mereka sendiri dan memutuskan apa dan kapan harus bekerja dari jarak jauh.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Dropship Untuk Pemula, Auto Cuan!

5. Lepaskan Benalu

Artikel karyawan toxic bermasalah
image by: pexels

Sulit atau tidak mungkin bagi karyawan untuk merasa loyal kepada perusahaan yang mentolerir individu yang membuat tempat kerja itu menjadi tidak nyaman dan menyengsarakan bagi karyawan yang lain.

Bos atau rekan kerja yang kasar sangat meningkatkan stres, bahkan diantara mereka memilih untuk resign karena sikap orang yang menyebalkan tersebut.

Solusi yang jelas untuk permasalahan ini adalah dengan memutasi atau memberhentikan karyawan yang secara konsisten menjengkelkan dan bersikap kasar kepada karyawan yang lain. Dengan syarat dia tidak mau mengubah sikap dan perilakunya, maka orang seperti itu dapat dikatakan sebagai benalu di kantor dan sangat tepat untuk dirumahkan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Jasa Cargo di Banjarmasin Paling Murah dan Aman

Demikianlah 5 cara untuk menumbuhkan raya loyalitas yang tinggi karyawan kepada perusahaan anda. Dengan melakukan lima hal ini, anda akan dapat meningkatkan loyalitas karyawan anda, karena yang lebih penting adalah tenaga kerja anda lebih bahagia, lebih produktif dan lebih sukses.

× Customer Service