HomeBisnis & KeuanganCara Riset Produk Terlaris di 3 Marketplace Terpopuler

Cara Riset Produk Terlaris di 3 Marketplace Terpopuler

Saat ini, sudah semakin banyak bisnis yang memasarkan produknya melalui berbagai marketplace. Nah, untuk Anda yang ingin terjun dalam dunia bisnis dan masih bingung untuk memproduksi barang apa, Anda bisa melakukan riset di marketplace untuk mengetahui produk-produk terlaris. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini. 

Apa itu Riset Produk?

Melansir laman Shopify, riset produk adalah bagaimana Anda memvalidasi ide produk dan melihat apakah itu akan berhasil atau tidak. Ini adalah bagian dari proses pengembangan produk yang membantu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Hasilnya adalah pengembalian investasi yang lebih baik pada produk Anda. 

Perlu diketahui bahwa, bisnis yang melakukan riset produk secara rutin bisa bersaing lebih baik dibandingkan kompetitornya. Hal ini juga bisa membantu Anda tetap update mengenai tren terkini dan mengetahui apakah tren tersebut akan tetap berlanjut atau tidak. 

Riset produk menjawab beberapa pertanyaan, seperti:

  • Apakah produk akan menjadi sukses?
  • Produk apa yang serupa di pasaran?
  • Bagaimana cara terbaik untuk mengembangkan produk?

Manfaat Riset Produk

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari riset produk, yaitu sebagai berikut:

1. Fokus Pada Kebutuhan Pelanggan

Dengan melakukan riset produk, Anda bisa tetap fokus pada kebutuhan dan permintaan pelanggan. Dengan banyak cara untuk menjangkau pelanggan seperti komunitas web, survei telepon, dan wawancara, riset pasar membuat Anda mencari cara bagaimana untuk meningkatkan layanan pelanggan maupun penawaran produk Anda. 

2. Menghindari Kesalahan Kompetitor

Dengan melakukan riset produk, Anda dapat mengetahui produk-produk lain yang ditawarkan oleh kompetitor Anda. Setiap bisnis tentunya ingin menonjol, dan riset produk menjadi hal yang penting. Jika pesaing Anda menjual produk secara maksimal dan menawarkan kualitas yang lebih rendah, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mencari celah kompetitor. 

3. Membantu Anda Mengidentifikasi Niche Market

Bisnis yang memahami niche marketnya dapat menciptakan hubungan baik dengan para konsumen. Apabila riset produk tidak dilakukan, maka produk dapat diluncurkan kepada audiens yang salah. Riset produk memiliki manfaat untuk mengurangi risiko karena bisnis mengetahui untuk siapa produk dibuat dan diproduksi. Saat Anda mengidentifikasi niche market Anda, Anda bisa mengetahui volume pencarian dan seberapa banyak permintaan produk Anda. 

Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

riset produk

Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang didirikan pertama kali di Singapura pada tahun 2015. Nah untuk mengetahui cara riset produk terlaris di Shopee, Anda dapat menggunakan fitur terlaris yang sudah disediakan oleh Shopee. 

Nah, gambar di atas merupakan contoh dari riset produk yang dapat Anda lakukan dengan klik fitur terlaris pada bagian atas produk kategori. Ini adalah beberapa produk terlaris Shopee di kategori sepatu pria. Anda bisa melihat berapa banyak penjualan dari produk terlaris tersebut. 

Cara Riset Produk Terlaris di Tokopedia

riset produk

Tokopedia merupakan marketplace terpopuler dan merupakan karya anak bangsa lho! Saat ini Tokopedia telah menjadi tempat marketplace yang paling sering dikunjungi. Untuk mengetahui cara riset produk marketplace ini, Anda dapat melakukannya dengan cara memasukkan keyword atau kata kunci pada kotak search di bagian halaman atas website. 

Setelah sudah memasukkan keyword, Anda bisa lakukan filter produk seperti berdasarkan produk baru, harga dan review. Anda bisa memfilter produk dengan klik urutkan paling sesuai, ulasan, harga tertinggi dan harga terendah. 

riset produk

3. Cara Riset Produk Terlaris di Lazada

riset produk

Lazada merupakan marketplace Asia Tenggara yang dimiliki oleh Alibaba Group. E-commerce yang satu ini juga merupakan salah satu yang terpopuler di Indonesia. Untuk mengetahui apa saja produk yang terlaris di Lazada, Anda dapat mengetik huruf awal dari produk yang ingin Anda cari di kolom search.  

riset produk

Seperti contoh, jika Anda mengetik huruf ‘k’ pada kolom search, akan ada berbagai produk yang muncul. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, produk terlaris yang ada di Lazada adalah ‘kaos pria distro original’. Selamat mencoba ya!

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai cara riset produk terlaris di 3 marketplace terpopuler. Sebelum memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis, ada baiknya Anda melakukan riset produk, baik melalui marketplace maupun tools lain yang bisa Anda manfaatkan.  

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

New Post

Recent Comments