Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Cargo Handling pada Ekspedisi Pengiriman Barang

Cargo Handling adalah sebuah bagian dari pekerjaan yang memiliki job desc untuk menangani pengiriman cargo Anda. Biasanya, cargo handling adalah sebuah pekerjaan yang difokuskan pada pengiriman cargo antar pulau.

Apakah Anda penasaran dengan apa itu Cargo Handling? Yuk simak artikel berikut.

1. Cargo Handling secara Umum

Cargo Handling secara Umum
image by: pexels

Cargo Handling adalah sebuah istilah yang dituju kepada seluruh aktivitas pergudangan dan pusat logistik. Hal ini meliputi kegiatan bongkar muat cargo, pengiriman cargo, pergudangan, pengambilan, dan penyortiran.

Baca Juga: Mengenal Dunia Ekspedisi dan Kargo

Tugas utama pada Cargo Handling sebenarnya terbagi ke dalam 6 tugas;

  1. Assortment
  2. Menginventarisasi, 
  3. Angkutan, 
  4. Penyimpanan (alokasi),
  5. Memilah, dan
  6. Picking. 

Tugas Cargo Handling adalah sebuah pekerjaan yang sangat penting pada dunia logistik. Apabila tidak ada penanganan pada Cargo Handling, maka hal ini akan menimbulkan kerugian. 

2. Pentingkah Cargo Handling?

Pentingkah Cargo Handling_
image by: pexels

Seperti yang telah disebutkan diatas, cargo handling adalah pekerjaan yang sangat diperlukan. Terdapat risiko yang besar terhadap ketidakadaan cargo handling.

Salah satu masalah yang dapat ditimbulkan adalah risiko yang besar terhadap keselamatan di laut. Para anak buah kapal harus terlatih dengan memiliki perlengkapan yang sesuai standar untuk mengurangi segala risiko yang ada pada cargo handling di kapal. Apabila cargo yang dikirimkan tidak memiliki penanganan yang baik, makan akan ada kemungkinan bahwa cargo Anda akan benar-benar hilang di lautan lepas.

Baca Juga: Pelabuhan: Peran, Fungsi, dan Mekanisme dalam Sistem Logistik Indonesia

3. Faktor Keamanan pada Cargo

Faktor Keamanan pada Cargo
image by: pexels

Pengiriman cargo dapat melewati darat, laut, dan juga udara. Hal ini menyebabkan diperlukan sebuah usaha yang dapat menjaga keamanan cargo Anda.

Keselamatan terhadap cargo dilakukan untuk mengemas barang yang dikirimkan untuk dikemas dengan aman dalam kontainer, mencegah kerusakan terhadap kontainer cargo, dan mengangkut kontainer dengan aman ke tujuan akhirnya.

Baca Juga: Pengiriman Cargo Bergantung Pada Peti Kemas, Kenali Jenis & Fungsinya

Tips untuk mengamankan cargo Anda di dalam kontainer adalah;

  1. Menggunakan persediaan pengiriman cargo yang tepat sepertihalnya bantalan, pengikatan yang baik, dan pelabelan.
  2. Pengamanan cargo dilakukan pada semua sisi untuk menangkal potensi pergeseran cargo selama pengangkutan. Hal ini akan dilakukan dengan ekstra pada sisi pintu.
  3. Meminimalisir ruang kosong pada paket dengan menggunakan serbuk kayu, papan, kisi-kisi, kantung udara, paket kosong, busa, karton, atau bisa juga ban bekas.
  4. Kargo harus memiliki keamanan dengan bantuan titik pengikatan khusus pada rel bagian atas dan bawah pada sudut tiang.
  5. Menghilangkan segala bentuk tekanan dan membagi cargo pada kontainer dengan menggunakan balok kayu, papan, atau partisi-partisi lainnya.
  6. Beberapa bagian memerlukan jaring untuk mengamankan cargo.

4. Cargo Handling dari Trawlbens!

Cargo Handling dari Trawlbens!
image by: pexels

Sekarang Anda tidak perlu khawatir mengenai barang yang akan Anda kirimkan dalam jumlah besar. Kini telah hadir layanan Trawlbens yang dapat mengirimkan barang Anda dengan jumlah yang besar dan cakupan wilayah dari dan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Terdapat banyak sekali layanan yang dapat Anda nikmati dengan Trawlbens. Salah satu layanan yang Trawlbens tawarkan adalah layanan TrawlPack. Layanan pengiriman ini dapat mengirimkan berbagai macam barang dengan berbagai macam ukuran dan minimal berat barang sebesar 10 kilogram.

Kemudahan dalam mengakses Trawlbens memang tiada tandingannya saat ini. Trawlbens hadir sangat dekat sedekat genggaman Anda karena Trawlbens mampu melayani Anda melalui aplikasi. Setiap transaksi yang dilakukan pun menggunakan metode digital financing sehingga Trawlbens mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman.

Layanan kirim barang dari TrawlPack meliputi seluruh wilayah di Indonesia bahkan di daerah terpencil. Salah satu rute yang dapat dilayani oleh Trawlbens adalah rute pengiriman Jakarta Semarang dan Jakarta Surabaya.

Anda tidak perlu khawatir dengan tarif pengiriman yang diberikan oleh Trawlbens karena tarif pengiriman kargo dengan berat minimal 10 kg juga sangat terjangkau. 

Segera kirim paket cargo Anda dengan layanan jasa ekspedisi dari Trawlbens.

Oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber:

https://www.keyence.com/ss/products/auto_id/logistics/role/function-safekeeping.jsp

https://www.itfseafarers.org/en/issues/cargo-handling

https://www.lawinsider.com/dictionary/cargo-handling-operator

× Customer Service