Cara Cek Ongkir ID Express ke Seluruh Indonesia 

Last Updated on 20 Februari 2024

cek ongkir id express

Pengiriman barang merupakan salah satu hal yang lumrah dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia, salah satunya Indonesia. Sekian banyak pengiriman terjadi berkat bantuan dari jasa pengiriman barang.  

Dapat membantu jalannya operasional hingga menghemat pengeluaran merupakan beberapa alasan mengapa jasa pengiriman barang atau lebih dikenal dengan jasa ekspedisi ini sering digunakan. 

Di Indonesia sendiri, sudah banyak jasa pengiriman terpercaya salah satu di antaranya adalah ID Express. Jasa ini banyak menawarkan kemudahan bagi Anda mulai dari layanan pengiriman beragam, cabang yang tersebar di seluruh daerah, serta fitur lainnya seperti cek ongkir ID Express. 

Berkat layanannya ini tidaklah mengherankan, ID Express, menjadi salah satu jasa pengiriman barang terbaik di Indonesia. Namun, tidak hanya sebatas itu layanan lainnya yang ditawarkan jasa ini juga masih banyak ragamnya. 

Guna memberikan pemahaman lebih lanjut serta mengetahui layanan apa saja yang diberikan ketika Anda menggunakan ID Express, berikut kami lampirkan profile, layanan, serta keunggulan dari jasa pengiriman satu ini. Simak artikel di bawah ini ya!

trawlpack banner

Profile ID Express

Perlu diketahui bahwa ID Express merupakan jasa pengiriman barang yang berdiri sejak 2019. Walaupun tergolong baru, namun perusahaan ekspedisi yang berpusat di Jakarta ini tumbuh dengan sangat pesat. Bagaimana tidak? Terhitung sejak 12 bulan pertama, jasa pengiriman satu ini telah memiliki lebih dari 21 gudang. 

Kini, ID Express telah tersebar di 98 kota di Indonesia, memiliki lebih dari 1000 mitra, 52 gudang dan distributor center, serta 7000 lebih jalur pengiriman ke seluruh daerah Indonesia.  

Berdasarkan websitenya, ID Express juga menyediakan akses 24 jam untuk para pelanggan dan berfokus pada pengiriman barang untuk e-commerce marketplace, retail, social commerce, principal business, 4PL dan Return Logistic.

Semua fasilitas tersebut termasuk ke dalam salah satu komitmen ID Express dalam memberikan layanan pengiriman yang berkualitas mengutamakan kecepatan, ketepatan, serta keamanan. Terlebih hadirnya teknologi sebagai alat bantu dalam proses pengirimannya, pelayanan yang diberikan kepada pelanggan akan jauh lebih baik. 

Lantas, melalui fasilitas yang telah disediakan ID Express, sangat berpengaruh pada layanan. Hal ini pula menjadi salah satu keunggulan dari jasa pengiriman satu ini. Berikut kami jabarkan keunggulan pengiriman barang melalui ID Express. 

Keunggulan ID Express yang Membantu Pengiriman Paket Anda

Layanan pengiriman paket dari ID Express terdiri dari tiga macam, di antaranya adalah pengiriman lite, reguler, dan cargo. Ketiganya memiliki perbedaan serta keunggulannya masing-masing. Berikut penjelasannya. 

  • Layanan Pengiriman LIte 

Layanan pertama yang ditawarkan oleh ID Express memungkinkan Anda melakukan pengiriman paket dengan minimum berat dibawah 500 gram. 

  • Layanan Pengiriman Same Day 

Layanan selanjutnya yaitu same day, di mana layanan satu ini memungkinkan Anda mengirimkan paket dengan waktu sampai tidak lebih dari 24 jam. 

  • Layanan Pengiriman Reguler 

Sama seperti jasa pengiriman lainnya, layanan reguler dari ID Express memungkinkan Anda mengirimkan barang ke seluruh Indonesia, dengan estimasi barang sampai selama 2 sampai 10 hari tergantung lokasi pengirimannya.

  • Layanan Pengiriman Cargo

Layanan terakhir yang disediakan oleh ID Express adalah pengiriman cargo. Layanan ini mampu memberikan tarif yang lebih murah untuk pengiriman dengan skala besar dengan minimal pengiriman sebesar 10 kg. 

Semua layanan ini tersedia demi menyesuaikan berbagai kebutuhan Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pengiriman melalui ID Express berfokus pada e-commerce marketplace, retail, social commerce, principal business, 4PL dan Return Logistic sehingga hadirnya layanan ini mampu membantu Anda dalam segala pengiriman mulai dari skala kecil hingga besar. 

Apakah ID Express Menyediakan Layanan Pick Up (jemput barang)?

Tidak hanya dari layanannya, ID Express juga menyediakan service drop off yang beragam dan mudah untuk pelanggan guna membantu proses pelayanan. Jasa satu ini memberikan kesempatan pada Anda untuk memilih cara penyerahan barang yang variatif melalui pick up ataupun drop off. 

Kedua layanan ini berbeda, di mana jika Anda memilih pick up, paket Anda akan dijemput secara langsung berdasarkan lokasi yang sudah terdaftar pada aplikasi ataupun website. Sedangkan, jika menggunakan drop off, paket Anda harus dikirim terlebih dahulu ke outlet terdekat. Namun jangan khawatir, service drop off ini tidak hanya terbatas pada outlet saja, ID Express memberikan pilihan penyerahan barang ke tempat yang mudah dijangkau oleh Anda seperti Alfamidi, Alfamart, dan Dan-Dan.

Cara melakukan drop off di ketiga tempat tersebut juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengirimkan barang yang dilengkapi dengan resi ke kasir. Setelah itu paket akan di scan, lalu Anda akan diberikan struk dan harus membayar nominal yang telah tertera di website ataupun aplikasi. 

Berdasarkan banyaknya layanan serta service yang diberikan kepada pelanggan menjadi keunggulan utama yang dihadirkan oleh ID Express. Namun, tidak hanya fleksibilitas layanan yang mampu menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Melalui website dan aplikasinya yang dapat diunduh secara gratis di playstore maupun appstore, juga sangat memudahkan Anda dalam memesan layanan pengiriman tersebut, dan tidak perlu lagi mengisi form pengiriman yang memakan banyak waktu. 

Barang Apa Saja Yang Tidak Bisa Dikirimkan cek ongkir id expressMelalui ID Express?

Ketika menggunakan ID Express sebagai jasa pengiriman barang, Anda perlu mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku, salah satunya adalah ketentuan barang yang tidak dapat dikirim. 

Berikut daftar barang yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa pengiriman ID Express:

  • Narkoba 
  • Aerosol 
  • Tanaman hidup 
  • Barang yang mudah terbakar 
  • Cairan kimia 
  • Barang pornografi 
  • Hewan 
  • Senjata 
  • Barang yang dapat meledak 
  • Perhiasan 
  • Barang dengan nilai budaya tinggi 
  • Organ tubuh atau abu kremasi 

Selain pengiriman domestik, ID Express juga menyediakan layanan internasional yang cakupannya negara-negara di Asia Tenggara. Berikut beberapa barang yang tidak dapat diterima untuk pengiriman internasional:

  • Barang dengan tujuan kantor pos militer
  • Uang 
  • Bahan peledak 
  • Perangkat perjudian 
  • Produk yang dilarang oleh hukum internasional atau negara yang bersangkutan.

Berapa Lama Waktu Pengiriman Barang Melalui ID Express?

Setelah mengetahui barang yang dilarang dalam pengiriman, Anda juga perlu mengetahui estimasi waktu pengiriman dari berbagai layanan yang ditawarkan oleh ID Express. Berdasarkan layanannya terdapat dua estimasi waktu yang dapat Anda pertimbangkan sebelum melakukan pengiriman. 

Estimasi waktu pertama adalah selama 2 sampai 10 hari menggunakan layanan pengiriman reguler. Sedangkan yang kedua estimasi barang sampai tidak lebih dari satu hari menggunakan layanan pengiriman same day. 

Seperti Ini Cara Cek Ongkir ID Express ke Seluruh Indonesia

Setelah mengetahui hal-hal penting terkait ID Express, seperti cara penggunaan layanan melalui aplikasi dan website, syarat dan ketentuan pengiriman, service pick up, serta estimasi waktu pengiriman. Anda juga perlu mengetahui fitur yang dihadirkan oleh ID Express guna melengkapi proses pengiriman. 

Salah satu fitur yang diberikan ID Express untuk melengkapi proses pengiriman Anda adalah fitur cek ongkir. Fitur ini membantu Anda dalam memastikan estimasi biaya yang akan dikeluarkan sebelum menggunakan jasa pengiriman barang.

Anda dapat menggunakan fitur ini dengan dua langkah mudah dan sederhana melalui website idexpress.com. Berikut kami jelaskan langkah-langkahnya secara detail. 

  1. Masuklah ke mesin pencarian Anda dan ketik idexpress.com
  2. Setelah memasuki halaman, Anda akan dihadirkan berbagai macam menu mulai dari Home, Shipping, VIP Seller, Tentang kami, dan Bantuan.
  3. Pilihlah menu shipping, nantinya akan ada muncul pop up menu baru yaitu cek ongkir, cek tarif, dan cek lokasi. 
  4. Pilih menu cek tarif, nantinya Anda akan diarahkan ke halaman baru lengkap dengan kolom asal pengiriman, tujuan pengiriman, dan berat paket.
  5. Isilah tiap kolom tersebut sesuai dengan keinginan Anda. 
  6. Setelah selesai, klik tombol cek tarif di bagian bawah kolom berat barang. 
  7. Halaman akan menampilkan estimasi ongkos kirim sesuai dengan tujuan Anda lengkap beserta tipe service yang ada di ID Express.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai profil, keunggulan, layanan, syarat dan ketentuan, serta fitur cek ongkir ID Express. Layanan dan service yang ditawarkan oleh jasa pengiriman satu ini merupakan batas minimum penentu kualitas sebuah perusahaan ekspedisi baik atau tidak. 

Jasa pengiriman lain yang menyediakan layanan serupa adalah TrawLbens, Dengan layanan pengiriman yang dapat menjangkau seluruh pelosok Indonesia, jasa satu ini juga menyediakan service tambahan seperti customer care serta fitur cek ongkir melalui website TrawLbens.id. 

Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengunjungi halaman yang tertera di atas, lalui masuk ke menu cek ongkir, kemudian isi lengkap data pengiriman. Nantinya halaman tersebut akan menampilkan hasil estimasi biaya per kilogramnya, lengkap dengan estimasi waktu pengirimannya. 

Selain kemudahan dalam pemesanan, TrawLbens juga memberikan Anda layanan pengiriman yang murah dan aman. Sebab dalam prosesnya jasa pengiriman satu ini menggunakan kru profesional serta armada kendaraan yang memadai. 

Jadi tunggu apa lagi? Gunakan jasa pengiriman barang dari TrawLbens dan nikmati berbagai keuntungannya. Pesan sekarang juga melalui aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Playstore dan juga Appstore!