Cek Ongkir JNE Melalui Website dan Smartphone

Last Updated on 20 Februari 2024

cek ongkir jne

Penyedia jasa ekspedisi kini sangat banyak dan pastinya sangat membantu untuk keperluan pengiriman barang, mulai dari bahan pokok produk jual, dan lain sebagainya. Bukanlah tanpa alasan mengapa jasa ekspedisi banyak digunakan. Tidak hanya dari kemudahannya, jasa ini dipilih karena memiliki tarif pengiriman yang murah. 

Ongkir murah harga hemat yang ditawarkan banyak penyedia jasa pengiriman barang merupakan hal yang paling diutamakan oleh banyak orang. Hal ini tidak lain dan tidak bukan untuk memberikan potongan pada biaya operasional suatu usaha. 

Banyak di antara jasa pengiriman, salah satunya JNE memberikan estimasi biayanya melalui website ataupun lewat aplikasi. Penyedian cek ongkir JNE ini ditujukan untuk memudahkan pelanggan dalam menghitung biaya yang diperlukan untuk pengiriman dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Maka dari itu, untuk memudahkan Anda dalam menyiapkan tarif pengiriman, berikut kami berikan cara cek ongkir JNE yang mudah melalui website ataupun smartphone Anda. Simak penjelasannya melalui artikel di bawah ini!

banner trawlpack

Cara Cek Ongkir JNE Melalui Website

Sebelum Anda melakukan pengiriman barang pastikan terlebih dahulu barang yang Anda kirimkan sudah siap, serta pilihlah layanan JNE yang akan kalian gunakan apakah ekspress ataupun cargo. Kedua hal tersebut menentukan cepat lambatnya pengiriman serta sangat mempengaruhi biaya ongkir Anda. 

Untuk lebih jelasnya berikut cara cek ongkir JNE dengan mudah melalui website!

  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memastikan Anda sudah memasuki laman atau situs resmi JNE pada alamat jne.co.id
  2. Setelah memasuki laman, Anda akan disajikan dua fitur yaitu tarif kiriman dan lacak pengiriman. Untuk Anda yang ingin menentukan tarif ongkir maka pilihlah tarif kiriman. 
  3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman cek ongkir dilengkapi dengan kolom asal pengiriman (origin) dan tujuan pengiriman (destination) 
  4. Isi kolom tersebut dengan keterangan kota dan tempat dengan jelas sesuai dengan daerah Anda. 
  5. Isi juga kolom destination dengan alamat tujuan pengiriman secara rinci.
  6. Selain dua kolom tersebut terdapat kolom weight atau berat kiriman barang. Sebelum Anda mengisi kolom ini, pastikan terlebih dahulu berat barang Anda secara benar sehingga estimasi biaya yang akan dikeluarkan tepat sesuai dengan perhitungan Anda. Kolom dapat diisi dengan berat minimum sebesar 1 kilogram 
  7. Kemudian masukkan kode Captcha sesuai dengan instruksinya. 
  8. Setelah selesai, klik tombol check pada bagian bawah kanan. 
  9. Lalu tunggu sampai website JNE tersebut menampilkan daftar harga ongkos kirim. Nantinya daftar harga akan berupa label dengan keterangan layanan di bawah halamannya. 

itu dia langkah-langkah atau cara memastikan ongkos kirim di JNE, selain website tersebut, Anda juga dapat mengecek tarif pengiriman ini melalui smartphone via aplikasi My JNE. Untuk tutorial selengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

Cara Cek Ongkir JNE Melalui Smartphone

Berbeda halnya dari website, JNE juga memungkinkan Anda mengecek tarif melalui aplikasi smartphone bernama my JNE. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di Playstore. Untuk memudahkan Anda ketika menggunakan aplikasi ini dalam pengecekan tarif ongkir, berikut kami jabarkan langkah-langkahnya. 

  1. Langkah pertama, pastikan aplikasi My JNE telah terunduh di smartphone Anda. 
  2. Setelah terunduh, masuklah pada aplikasi tersebut, dan jangan lupa untuk membuat akun pengguna. 
  3. Lalu pada halaman awal aplikasi Ada akan diberikan beberapa pilihan menu mulai dari cek tarif, my shipment, my kob, serta JNE nearby. Untuk mengecek tarif pengiriman, pilihlah menu cek tarif. 
  4. Sama halnya dengan website, Anda akan disediakan tiga kolom mulai dari origin, destination, dan berat barang. 
  5. Isilah ketiga kolom tersebut secara benar dan lengkap sehingga sistem dapat membaca lokasi Anda secara akurat. 
  6. Pastikan juga data yang Anda isi sesuai dengan lokasi dan berat barang Anda, agar estimasi perhitungan tidak salah. 
  7. Jika barang yang Anda kirimkan memiliki volume yang besar, maka sesuaikan volumenya melalui menu atur dimensi. 
  8. Setelah selesai mengisi data, pilihlah menu search tarif. 
  9. Nantinya aplikasi akan memberikan Anda ongkos kirim yang sesuai dengan data yang anda isikan lengkap beserta layanannya.

Penutup

Itu dia langkah dan cara cek ongkir pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi JNE. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur di atas akan memudahkan Anda dalam menentukan estimasi biaya yang akan dikeluarkan, sehingga dapat membantu Anda dalam menentukan dan merencanakan biaya operasional.

Namun, selain JNE Anda juga bisa menggunakan jasa pengiriman barang lainnya yang memiliki fitur cek ongkir. Salah satu yang dapat Anda gunakan adalah jasa ekspedisi TrawLbens. 

TrawLbens merupakan perusahaan perusahaan ekspedisi dan cargo pertama yang berbasis aplikasi. Tidak hanya pengiriman barang, perusahaan satu ini juga menyediakan berbagai layanan lain seperti pengiriman motor, mobil, serta jasa pindahan rumah. 

Dengan basis aplikasinya, pastinya mudah untuk Anda dalam melakukan pemesanan serta Cek Ongkir. Cara memastikan estimasi biaya melalui aplikasi ini juga cukup mudah, hanya  dengan mengakses menu cek tarif pada aplikasi, lalu pilih paket apa yang ingin Anda kirim, setelah itu Anda hanya perlu mengisi asal kota dan tujuan pengiriman. Jika sudah, tarif akan muncul beserta estimasi pengiriman dan layanannya. 

Fitur cek ongkir ini juga dapat Anda akses melalui website, melalui cara yang serupa, estimasi pengiriman akan muncul lengkap dengan layanan, armada, dan estimasi waktu barang sampai.

Jadi tunggu apa lagi? cek ongkir pengiriman nya sekarang juga di TrawLbens.id, atau melalui aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Playstore dan Appstore.