Doa Sholat Subuh Lengkap dan 6 Keistimewaannya

Doa Sholat Subuh
Images by: Dara.co.id
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Doa sholat subuh merupakan bagian penting yang harus Anda ketahui untuk mendapatkan Fadhilah dari ibadah fardhu yang dilakukan pada waktu subuh ini.

Sholat subuh memang memiliki berbagai keistimewaan sehingga Anda dapat melengkapi sholat subuh dengan doa sholat subuh serta bacaan zikir lainnya untuk memaksimalkan ibadah Anda. Untuk itu simak pembahasan lengkapnya di sini!

Keistimewaan Sholat Subuh

Sholat subuh merupakan salah satu sholat fardhu dari sholat 5 waktu yang wajib hukumnya untuk dikerjakan bagi setiap muslim. Sholat subuh menjadi sholat yang paling sedikit jumlah rakaatnya yaitu hanya 2 rakaat.

Meskipun begitu, ternyata bagi sebagian muslim, sholat subuh justru adalah yang terberat untuk dikerjakan. Waktu sholat subuh memang ada di waktu subuh dimana biasanya orang-orang sedang lelap tertidur.

Di sinilah iman dan ketakwaan seorang muslim teruji. Apakah ia bersedia bangun untuk melaksanakan sholat subuh yang hanya 2 Rakaat saja atau memilih untuk tidur.

Menjadi sholat fardhu yang bagi sebagian orang cukup berat dikerjakan, sholat ini nyatanya memiliki banyak sekali keistimewaan.

Jadi, sebelum membahas mengenai doa sholat subuh alangkah lebih baik Anda mengetahui keistimewaan Sholat Subuh agar Anda semakin mencintai ibadah yang satu ini!

1. Didoakan Oleh Rasulullah

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam tahu betul waktu subuh merupakan waktu yang berat bagi umatnya untuk bangun dan melakukan ibadah. Untuk itu sebagai balasan bagi umat muslim yang selalu menjaga sholat subuh adalah doa yang selalu Rasullullah panjatkan bagi mereka.

Berikut hadits yang menyatakan hal tersebut :

“Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh.”(HR Tirmizi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Dari Hadits tersebut, sudah jelas Rasullullah akan senantiasa mendoakan umatnya yang selalu menjaga sholat subuh dan melaksanakannya dengan senang hati. Tentu ini menjadi satu reward yang diharapkan bagi seluruh umat muslim.

Sementara yang kita ketahui jika Rasulullah memanjatkan doa pasti akan Allah kabulkan. Sehingga jika kita menjaga ibadah sholat subuh insyaallah hidup yang berkah akan diraih karena selalu didoakan eh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

2. Mendapatkan Jaminan dari Allah SWT

Ternyata bukan hanya senantiasa didoakan oleh Rasulullah agar hidup kita selalu berkah. Melaksanakan dan menjaga sholat subuh juga akan membuat Anda mendapatkan jaminan dari Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam hadits Shahih yaitu :

“Siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia barada dalam jaminan Allah. Maka, jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari shalat), yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka.” (HR Muslim).

Hadits tersebut akan membuat Anda merasa sulit untuk meninggalkan shalat subuh karena keistimewaan luar biasa yang dimiliki oleh sholat ini.

3. Merupakan Waktu Terbaik

Waktu subuh memang memiliki banyak sekali keistimewaan dan waktu subuh memang sering disebut dalam islam sebagai waktu terbaik. Pada waktu inilah Anda dapat dengan maksimal beribadah dan mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Jadi, dengan melakukan sholat subuh merupakan hal yang baik karena Anda mengawali hari Anda dengan ibadah kepada Allah SWT.

Apalagi jika ditambah dengan doa sholat subuh dan zikir lengkap maka insyaallah Allah akan senantiasa meridhoi segala segi kehidupan Anda.

4. Menjadi sumber Cahaya di Hari Kiamat

Hari kiamat merupakan hari yang pasti terjadi. Kita tidak dapat menghindarinya melainkan berusaha mempersiapkan diri agar tidak menjadi orang yang merugi dengan cara selalu beribadah kepada Allah SWT.

Salah satu ibadah yang dipercaya akan membantu Anda pada hari kiamat nanti adalah sholat subuh. Dimana pada hari itu keadaan gelap gulita namun ibadah sholat subuh yang Anda jagalah yang nantinya akan menjadi sumber Cahaya di Hari Kiamat..

5. Dijanjikan Surga

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh sholat subuh adalah Allah SWT menjanjikan surga bagi setiap hambanya yang senantiasa menjaga ibadah sholat subuh dan selalu berdoa serta berzikir.

Hal ini juga dijelaskan dalam hadits yaitu :

Diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy’ari ra ia berkata Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang shalat dua waktu yang dingin maka akan masuk surga.”(HR Al Bukhari). Dua waktu yang dingin itu adalah shalat Subuh dan shalat ashar.

6. Akan Melihat Allah SWT

Siapa umat muslim yang tidak ingin melihat sang pencipta tanpa adanya penghalang? Semua orang tentu mendambakan hal ini. Namun tahukah Anda? Mendapatkan kesempatan melihat Allah kelak, akan Anda dapatkan saat senantiasa menjaga sholat subuh Anda.

Berikut hadits yang menerangkan hal ini :

Rasulullah SAW yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Jarir bin Abdullah ra artinya: ”Kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama.

Beliau berkata, ”Sungguh, kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah dalam melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah.” (HR Al Bukhari dan Muslim).

Niat Sholat Subuh

Setelah mengetahui berbagai keistimewaan dari sholat subuh haruslah Anda menjadi berat untuk melewatkan sholat fardhu ini. Adapun bacaan niat sholat subuh di bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan posisi Anda sebagai berikut :

– Niat Sholat Subuh sendiri

Usholli fardhas-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena allah ta’ala.

– Niat sholat Subuh Menjadi Imam

Usholli fardhas-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai imam, karena allah ta’ala.

– Niat sholat subuh sebagai Makmum

Usholli fardhas-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati makmuuman lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena allah ta’ala.

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Subuh

– Membaca Niat Solat subuh

– Takbiratul Ihram

– Membaca doa iftitah

– Membaca surat Al-fatihah

– Membaca salah satu surat dalam Al-Quran

– Ruku’ dengan tuma’ninah

– Itidal dengan tuma’ninah

– Sujud dengan tuma’ninah

– Duduk di Antara dua sujud

– Melakukan sujud yang kedua

– Bangkit untuk melaksanakan rakaat sholat subuh yang kedua.

– Untuk gerakan pada rakaat kedua sama dengan rakaat yang pertama. Yang berbeda adalah ada doa tambahan pada bagian Itidal yaitu membaca doa qunut lalu kemudian membaca takbir tanpa mengangkat tangan.

– Tasyahud akhir setelah sujud yang kedua pada rakaat kedua

– Salam

Rangkaian Doa sholat subuh

Ada beberapa doa dan zikir yang dianjurkan untuk dibaca saat sholat atau setelah sholat subuh doa dan zikir tersebut di antaranya :

– Doa Qunut

Doa Qunut adalah doa yang dibaca pada saat Itidal pada rakaat kedua sholat subuh. Doa Qunut hukumnya sunnah untuk dibaca saat sholat subuh.

Adapun bacaan doa qunut yaitu :

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan.

Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.”

“Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan.

Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.”

“Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan.

Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

– Bacaan Dzikir setelah sholat subuh

Setelah sholat subuh juga dianjurkan untuk membaca doa sholat subuh dan dzikir untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Berikut doa zikir yang dibaca setelah sholat subuh :

– Pertama-tama membaca istighfar untuk memohon ampunan dari Allah Subhanahu wa ta’ala istighfar ini sangat baik dibaca setiap selesai sholat karena selain dapat melebur dosa namun juga dapat melembutkan hati. Berikut bacaannya :

Astaghfirullah hal’adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih.(3x)
Artinya:

“Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

– Kemudian zikir dilanjutkan dengan membaca kalimat tauhid. Kalimat tauhid adalah bacaan zikir yang juga berfungsi untuk mempertebal keimanan kita pada Allah SWT. Berikut bacaan zikirnya :

Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai’innqodiir.

Allahumma laa maani’a limaa a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu.

Artinya:

“Tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah.

Tidak berguna kekayaan dan kemulian itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya yang menyelamatkan dari siksaan). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan.”

– Setelah zikir dianjurkan membaca doa sholat subuh yang dibaca setelah selesai berzikir untuk doa yang pertama adalah doa meminta agar kita dijauhkan dari siksa api neraka. Bacaannya adalah :

“Allahumma ajirni minan-naar.”

Artinya:

“Ya Allah lindungilah aku dari api neraka”
Bacalah doa tersebut sebanyak tiga kali .

– Doa sholat subuh yang terakhir adalah doa untuk meminta keselamatan yang juga sangat baik untuk dibaca setiap selesai sholat fardhu. Bacaan doanya sebagai berikut :

“Allahumma antassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya’uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata’alayta yaa dzaljalaali wal ikraam.”

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik.”

Sholat subuh merupakan sholat yang istimewa yang akan memberi berbagai kebaikan bagi setiap umat muslim yang mengerjakannya. Terlebih jika dilengkapi dengan zikir dan doa sholat subuh untuk menambah sempurnanya ibadah Anda.

Demikian informasi seputar sholat Subuh dan doa-doa di dalamnya semoga memberikan manfaat dan semoga kita termasuk umat yang beruntung yang selalu memperbaiki diri dari hari ke hari.

Wallahu A’lam Bishawab.

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Jakarta Gunung Mas Murah, Kirim 10kg Gratis Jemput
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Jakarta Palu Murah, Kirim 10kg Gratis Jemput