Ekspedisi adalah: Pengertian, Bisnis dan Tips

Ekspedisi adalah
Images by: Trawlbens
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Ekspedisi adalah salah satu bisnis yang kini tengah naik daun karena penjualan online yang berkembang secara signifikan, terutama di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Banyak orang yang kemudian mempertimbangkan ekspedisi sebagai ide bisnis yang menjanjikan.

Kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis online menjadi salah satu alasan utama kenapa banyak orang kini beralih untuk berbelanja dengan menggunakan sistem ini. Kondisi tersebut tentunya memicu terciptanya peluang bisnis di bidang ekspedisi agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Pengertian Ekspedisi Adalah

Sebelum terjun ke bisnis ekspedisi, penting bagi Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang apa sebenarnya ekspedisi itu. Ekspedisi adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang pengangkutan barang. Maka, tugas ekspedisi bisa meliputi pengangkutan dan pengiriman barang dari penjual ke pembeli.

Secara garis besar, ekspedisi merupakan bisnis yang menyediakan layanan antar barang dari penjual ke pembeli dalam proses belanja online. Dengan bantuan ekspedisi, pembeli tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Mereka hanya cukup berbelanja lewat perangkat pribadi seperti smarthphone atau tablet. Kemudian, melakukan pembayaran tertentu sesuai dengan jumlah yang diminta.

Selanjutnya, pembeli hanya tinggal duduk manis menanti ekspedisi mengantarkan barang pesanan hingga sampai ke alamat rumah.

Sistem Kerja Ekspedisi Adalah

Tak jauh berbeda dengan perusahaan lainnya, ekspedisi pun mempunyai sistem kerja tersendiri. Berikut ini adalah beberapa tahapan pada sistem kerja ekspedisi.

1. Ketersediaan Barang

Memastikan ketersediaan barang adalah hal pertama yang harus dipastikan oleh pihak ekspedisi. Pasalnya, hal ini akan sangat mempengaruhi kelancaran jalannya pengiriman barang tersebut. Selain itu, ekspedisi harus memastikan agar barang yang dikirim bukanlah ilegal atau dilarang pemerintah.

2. Pengemasan Barang

Ekspedisi adalah layanan yang juga sangat mementingkan kualitas dari pengemasan barang atau yang populer dengan sebutan packing. Untuk itu, sebelum melakukan barang proses packing harus benar-benar dilakukan dengan baik dan hati-hati.

Sebagai salah satu bagian dari kinerja ekspedisi, proses pengemasan barang bertujuan agar barang tetap dalam kondisi yang utuh serta tidak mengalami kerusakan hingga sampai ke alamat tujuan. Kelayakan barang yang dikirim ini akan dinilai oleh pihak ekspedisi sesuai dengan jenis barangnya.

3. Pengurusan Administrasi

Hal lain yang tak kalah penting dalam tahapan ekspedisi adalah pengurusan administrasi. Pihak ekspedisi yang terpercaya biasanya akan sangat memperhatikan kepentingan administrasi atau dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan usahanya.

Dokumen-dokumen penting tersebut antara lain berupa surat izin usaha, surat izin jalan, dan surat-surat penting lain yang berhubungan dengan bea cukai. Tanpa adanya kelengkapan-kelengkapan dokumen tersebut, maka bisa dikatakan bahwa ekspedisi tersebut ilegal dalam menjalankan jasanya.

Prospek Bisnis Ekspedisi

Selain mengetahui tentang sistem kerja ekspidisi, Anda juga perlu mempertimbangkan tentang prospek dari ekspedisi sebelum akhirnya memilih untuk terjun ke dalam bisnis tersebut. Pemahaman pada aspek ini nantinya akan mempengaruhi bagaimana bisnis yang Anda jalankan.

Ekspedisi adalah salah satu usaha yang bisa dikatakan memiliki peluang bisnis sangat baik. Hal ini bisa dilihat dari semakin pesatnya perkembangan penjualan online dari hari ke hari. Perkembangan bisnis online yang berjalan begitu signifikan tentu akan berjalan lurus dengan permintaan akan jasa ekspedisi.

Selain itu, perkembangan keberadaan marketplace online yang kini semakin canggih tentu akan meningkatkan jumlah transaksi jual beli online melalui platform tersebut. Ini berarti peluang bisnis ekspedisi untuk berkembang pesat masih terbuka lebar.

Kedua aspek tersebut membuat banyak pengusaha melirik ekspedisi sebagai sebuah ide bisnis yang menjanjikan. Maka, jika sudah membekali diri dengan berbagai informasi penting tentang ekspedisi, Anda bisa mencoba memulai bisnis di bidang ini.

Cara Memulai Bisnis Ekspedisi

Banyak yang beranggapan untuk terjun ke bisnis ini berarti Anda harus membangun ekspedisi sendiri. Tidak masalah sebenarnya jika Anda memiliki keinginan untuk membuat ekspedisi sendiri. Namun, tentunya diperlukan modal yang besar agar bisnis ini mampu menjangkau jaringan yang luas.

Dengan begitu, ekspedisi yang Anda miliki bisa berjalan dengan lancar dan mampu menghasilkan keuntungan yang maksimal. Untuk sampai di titik ini, Anda harus berproses terlebih dahulu. Sebagai tahap awal untuk memulai bisnis, Anda bisa bergabung terlebih dahulu ke bisnis ekspedisi yang sudah ada.

Ekspedisi adalah salah satu usaha penyedia layanan jasa yang membuka banyak kesempatan kepada masyarakat untuk bekerja sama menjadi agen mereka. Banyak ekspedisi yang telah mempunyai jaringan nasional luas sehingga Anda bisa bergabung menjadi agen mereka.

Menjadi agen ini adalah satu kesempatan yang sangat baik untuk belajar bagaimana cara mengelola jasa ekspedisi terutama jika sebelumnya Anda belum pernah memiliki pengalaman bekerja di bidang ini.

Anda akan memperoleh keuntungan dari biaya pengiriman yang dibayarkan oleh kustomer jika telah mencapai target tertentu.

Modal untuk memulai bisnis sebagai agen ekspedisi juga lebih rendah dibandingkan dengan membuka ekspedisi sendiri sehingga ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas.

Tips Menjalankan Bisnis Ekspedisi

Ekspedisi adalah pilihan bisnis yang cukup mudah untuk dilakukan dan menawarkan keuntungan yang cukup tinggi. Pangsa pasarnya juga lumayan luas sehingga daya tarik dari bisnis ini lumayan besar. Untuk menjalankan bisnis ini dengan sukses tentu ada beberapa tips yang bisa diikuti, yaitu:

1. Memilih Ekspedisi yang Tepat

Jika Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis ini sebagai agen, maka penting untuk memilih ekspedisi yang tepat. Reputasi perusahaan ekspedisi menjadi salah satu hal utama yang pelu dipertimbangkan. Penting untuk memlilih ekspedisi dengan jaringan yang luas sehingga layanannya bisa menjangkau banyak daerah.
Selain itu, pertimbangkan faktor lain seperti proses pengantaran barang, keterjangkauan harga, dan hasil pembagian keuntungan.

2. Lokasi yang Strategis

Memilih lokasi agen yang strategis juga merupakan faktor penting yang mendukung kelancaran bisnis. Lokasi yang straregis tak hanya akan mempermudah pelanggan untuk menghubungi Anda secara langsung, namun juga berkaitan dengan pola masyarakat yang sudah terbiasa dalam pengiriman barang.

3. Kualitas layanan yang Baik

Jadikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas Anda sehingga mereka akan kembali untuk menggunakan jasa Anda. Keramahan dalam memberikan layanan kepada pelanggan merupakan salah satu hal yang biasanya akan mereka ingat.

Layanan penjemputan barang ke alamat-alamat pelanggan yang telah menjadi langganan juga akan sangat membantu, terutama bagi pelanggan yang rumahnya jauh dari agen ekspedisi.

4. Promosi yang Efektif

Promosi yang efektif tak hanya akan meningkatkan keuntungan namun juga mampu memperluas pangsa pasar. Banyak sekali cara promosi yang cukup efektif untuk menarik pelanggan baru. Sebagai contohnya, Anda bisa memaksimalkan penggunaan sosial media untuk menawarkan jasa ekspedisi tersebut.

Dengan banyaknya pengguna platform sosial media, tentu semakin banyak orang yang akan mengetahui layanan ekspedisi yang ditawarkan.

Ekspedisi adalah ide usaha bisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan. Mengetahui berbagai hal lebih detail dan bergabung menjadi agen bisa menjadi pijakan awal untuk sukses di bisnis ini.

Berita sebelumya9 Aplikasi Edit Foto Paling Populer
Berita berikutnya11 Tempat Wisata di Semarang yang Terjangkau