Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Ekspedisi COD: Cara Kerja, Keuntungan, dan Tips

layanan door to door adalah

Ekspedisi COD, atau lebih lengkapnya Cash on Delivery adalah sebuah bentuk pada ekspedisi yang menggunakan sistem transaksi dimana sang penerima paket akan membayar pengiriman saat paket telah sampai. Kesepakatan terhadap moda pembayaran berdasarkan kesepakatan pembayaran oleh penyedia pengirim barang dan penerima barang.

1. Memahami Sistem COD

cara aman terima paket saat pandemi
image by: pexels

COD atau Cash on Delivery memiliki sistrem transaksi yang berbeda dan dapat memberikan efek tertentu terhadap akuntansi suatu perusahaan. Apabila ada perusahaan yang menerapkan sistem ini, maka perusahaan tersebut harus menerapkan metode akuntansi akrual dengan prinsip akuntansi yang berlaku pada publik. 

Baca Juga: 6 Tips Kirim Dokumen Penting Anda

Dengan akuntansi yang akrual, sebuah perusahaan akan mengetahui penghasilan setelah melakukan transaksi. Perusahaan swasta juga dapat melakukan sistem COD baik dalam bentuk akuntansi akrual maupun akuntansi kas. Pada akuntansi kas, perusahaan harus menunggu untuk mendata transaksi atas hasil uang yang telah diterima seusai pembayaran diterima.

Apabila ada kostumer yang bertansaksi dengan para penjual secara langsung, maka kostumer harus membayar melalui inventarisasi yang ada. Pemabayaran akan dikumpulkan apabila penjualan menggunakan uang tunai saat ekspedisi

Apabila perusahaan menggunakan metode akuntansi akrual pada transaksi tersebut, maka transaksi akan diarahkan pada periode piutang. Hal ini dilakukan karena periode piutang memiliki efisiensi yang lebih tinggi.

Semenatara, apabila perusahaan menginginkan piutang berjangka panjang, maka perusahaan dapat mengatur pengiriman menggunakan sistem COD yang memberikan keleluasaan kepada pembayar untuk menunda pembayaran hinggai waktu pengiriman tiba. 

COD dapat digunakan untuk meminimalisirkan risiko penipuan yang dilakukan antara pembeli ataupun penjual. Pada intinya, COD memiliki sifat untuk tidak melakukan pembayaran hingga sang pembeli menerima barang yang dikirimkan oleh penjual.

2. Keuntungan Apabila Anda Menggunakan Sistem COD

pilih jasa pengiriman barang
image by: pexels

Terdapat berbagai macam keuntungan yang Anda dapatkan dalam menggunakan sistem COD baik untuk sang pengirim maupun sang penerima. Yuk simak apa saja keuntungan yang Anda dapatkan.

Pengurangan Waktu Piutang

Beberapa bisnis menggunakan fasilitas COD untuk pembayaran layanan dan pembayaran cargo. Layanan ini dapat menguntungkan karena dapat mengurangi lamanya waktu piutang dalam bisnis.

Baca Juga: Bulk Cargo secara Definisi dan Tipenya

Ekspedisi Lebih Cepat

COD biasanya memiliki jangka waktu pengiriman yang lebih cepat dibandingkan layanan pembayaran lainnya. Hal ini memberikan keuntungan karena pelanggan diminta untuk melakukan pembayaran saat barang telah diterima.

Pengiriman menggunakan layanan COD memiliki kebebasan kepada pelanggan dalam mengumpulkan uang untuk melakukan pembayaran secara penuh sebelum pelanggan menerima barang yang dibelinya.

Meningkatkan Kepercayaan pada Konsumen

Kredibilitas suatu bisnis kecil tidak hanya didapatkan dari kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen. Sistem COD dapat memberikan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap suatu bisnis baru yang belum memiliki pengakuan merek yang kuat.

Namun perusahaan yang telah memiliki kredibilitas dalam merk pada masyarakat biasanya enggan untuk menggunakan sistem COD. Perusahaan besar biasanya lebih memilih pembayaran dalam bentuk kredit karena dapat membebankan bunga dan biaya keterlambatan kepada para konsumen.

Baca Juga: 3 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan

Menghindari Riba

Tentunya agama Islam sangat melarang umatnya untuk berpartisipasi dalam finansial yang memiliki riba. Sistem COD hadir sebagai penengah antara sistem pembayaran menggunakan sistem Cash on Advance dan Kredit.

Menghindari Potensi Penipuan

COD memiliki keunggulan untuk menghindari potensi penipuan yang menggunakan identitas pembeli, terjadi kasus sengketa kartu pembayaran elektronik, atau pembayaran terhenti. 

Baca Juga: Kenali dan Waspadai 6 Dampak Buruk Dari Kartu Kredit

Meningkatkan Kegiatan Transaksi Online

Salah satu faktor untuk menjalankan roda perekonomian adalah dengan meningkatkan kegiatan jual beli. Saat ini kegiatan jual beli bukan hanya berada di pasar, melainkan juga di pasar dunia maya, layaknya e-commerence seperti Tokopedia dan Shoppee.

Beberapa negara seperti India terpapar dampak yang positif dengan kehadiran sistem Cash on Delivery. Sistem ini meningkatkan tingakan transaksi online pada negara India.

3. Tips Membayar dengan Sistem Cash On Delivery

cara sehat terima paket
image by: pexels

Pembayaran dengan sistem COD adalah sebuah sistem pembayaran yang pastinya telah disepakati oleh kedua belah pihak. Yuk simak bagaimana tips-tips untuk menggunakan sistempembayaran Cash on Delivery agar terhindar dari kerugian.

  1. Penggunaan sistem COD sebaiknya dibatasi untuk barang yang dikenakan, dilihat, dan dicoba seperti produk fashion.
  2. Berikan batasan terhadap jumlah pembayaran yang menggunakan sistem COD.
  3. Pastikan pembayaran dengan sistem COD dilakukan pada tempat yang aman seperti rumah Anda atau tempat lainnya yang menjamin keamanan Anda.
  4. Berikan siasat tertentu apabila pembelian tidak jadi dilakukan seperti pengembalian tidak diterima apabila segel produk yang akan Anda kirimkan telah rusak. Anda juga dapat memberikan syarat lainnya seperti mengharuskan pembeli untuk merekam saat membuka kemasan barang.

4. Layanan Trawlbens

COD trawlbens

Trawlbens memiliki sejuta layanan yang dapat mempermudah berbagai macam kegiatan ekspedisi Anda. kenikmatan layanan yang diberikan oleh Trawlbens juga dapat mempermudah metode pembayaran. Hal ini dikarenakan Trawlbens selalu mengikuti metode pembayaran digital financing yang up-to-date.

Trawlbens dapat mengirimkan berbagai macam barang menggunakan layanan TrawlPack dengan berbagai macam rute dari Sabang sampai Merauke. Salah satu rute yang dilayani oleh Trawlbens adalah rute Ekspedisi Jakarta Semarang dan Ekspedisi Jakarta Surabaya.

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

https://www.investopedia.com/terms/c/cashondelivery.asp

https://majoo.id/solusi/detail/cash-on-delivery-atau-cod

https://www.shopify.com/ph/retail/cash-on-delivery

× Customer Service