Jasa Ekspedisi Jakarta Sampang Murah Hanya Rp 3.500/kg

Ekspedisi jakarta Sampang
Images by: Trawlbens
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Mengenal Lebih Jauh Perbedaan Logistik dan Ekspedisi
Banyak orang yang mengira jika jasa ekspedisi Jakarta Sampang dan juga logistik merupakan istilah yang sama, karena mereka sama-sama digunakan dalam sektor pengiriman sebuah barang.

Hubungi kami sekarang

Sekarang ini di Indonesia perkembangan di bidang pengiriman barang ini begitu pesat, terutama karena semakin banyaknya E-commerce yang menjadi transaksi jual-beli masyarakat untuk sekarang ini.

Tahun ini saja jasa dalam bidang logistik dan Ekspedisi jakarta Sampang juga mengalami peningkatan semakin pesat, lalu sebenarnya apa perbedaan di antara keduanya tersebut ?

Apa Itu Ekspedisi dan Logistik ?

Untuk kedua istilah yang ada di atas tersebut mempunyai pengertiannya masing-masing, berikut ini penjabarannya supaya tidak salah pengertiannya.

Logistik

Logistik sendiri adalah lebih condong terhadap pengelolaan berbagai macam jenis kegiatan yang berkaitan dengan kirim, penyediaan gudang, pengadaan, dan penyimpanan barang menggunakan aturan yang sudah jelas adanya.

Jika berbicara mengenai logistik ini maka akan berbicara tentang perusahaan yang menyediakan gudang, jasa kirim barang, transportasi sampai ke manajemennya. Hal inilah yang membuat logistik mempunyai cakupan yang lebih luas jika dibandingkan dengan jasa ekspedisi Jakarta Sampang.

Ekspedisi

Ekspedisi jakarta Sampang adalah suatu kegiatan yang berupa perjalanan untuk bisa mencapai kota tertentu. Tujuannya juga begitu bermacam-macam, bisa untuk mengadakan penelitian maupun menjelajah suatu wilayah.

Jika berkaitan dengan pengiriman barang maka Ekspedisi jakarta Sampang adalah perusahaan yang mempunyai kegiatan pengiriman barang yang memiliki kapasitas besar maupun kecil ke berbagai daerah di Indonesia.

Mengirimkan barang dengan menggunakan layanan Ekspedisi jakarta Sampang ini lebih bisa untuk cepat sampai karena mempunyai layanan yang bisa untuk sampai hanya dalam waktu satu hari saja. Inilah yang membuat layanan ini begitu populer dilakukan masyarakat saat ini.
Perbedaan dari logistik dan ekspedisi

Supaya kalian lebih memahaminya dengan detail berikut ini adalah perbedaan dari keduanya :

Jenis layanan yang digunakan

Ekspedisi Jakarta Sampang hanya memiliki layanan yang digunakan untuk mengantarkan barang saja, tidak akan menyediakan alat transportasi, gudang, terutama untuk membuat manajemen logistik.

Namun, logistik sudah mempunyai semua hal tersebut, baik itu dalam layanan pengirim barang, menyediakan gudang untuk barang yang berasal dari konsumennya. Selain itu, juga meliputi untuk layanan pengadaan armada transportasinya beserta konsultan, untuk bisa membantu konsumennya dalam pembuatan sistem manajemen logistik yang begitu tepat dan juga sempurna.

Fokus layanan yang diberikan

Dalam Ekspedisi jakarta Sampang mempunyai fokus layanan untuk mengirimkan berbagai jenis barang dari para konsumennya baik itu yang bersifat personal maupun dalam bidang bisnis ke tempat tujuan penerima yang berada di berbagai macam daerah. Fokus ini akan berlaku untuk semua jenis pengiriman ekspedisi.

Untuk logistik layanan akan lebih berfokus terhadap pemenuhan kebutuhan konsumen yang memiliki skala besar dan bukan hanya berkaitan dengan pengiriman sebuah barang. Tetapi semua itu termasuk harus menyediakan armada untuk melakukan pengiriman barang, gudang penyimpanan barang hingga permasalahan dalam bidang logistik yang nantinya diperlukan.

Fokus konsumen

Konsumen yang akan menggunakan jasa pengiriman ekspedisi Jakarta Sampang berasal dari berbagai kalangan masyarakat yang umumnya akan dikenal dengan jenis pelayanan business to consumer.

Berbeda dengan logistik yang fokus konsumennya berasal dari perusahaan yang besar dan skala yang menengah yang lebih dikenal dengan layanan business to business.
Jumlah muatannya

Jika kita berbicara berkaitan dengan jumlah muatan, maka melakukan pengiriman ekspedisi ini hanya bisa membawa muatan yang lebih kecil dan akan dibawa oleh para kurirnya dengan memakai berbagai macam armada transportasi. Kebanyakan akan menggunakan motor, van berskala kecil yang mana rutenya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh perusahaan ekspedisi tersebut.

Logistik sendiri memiliki jumlah muatan minimum 10 – 50 ton sehingga armada yang akan digunakan jauh lebih besar yang biasanya menggunakan truk, pesawat terbang dan kapal laut.

Lokasi untuk pengiriman

Pada jasa ekspedisi akan mengirimkan begitu banyak barang untuk sekali mereka melakukan pengantaran ke berbagai alamat yang sesuai dengan permintaan para konsumennya. Bahkan hanya untuk sehari saja mereka bisa mengantarkannya ke ratusan alamat yang menggunakan berbagai jenis armada transportasi beroda dua maupun empat.

Sedangkan pada jasa logistik umumnya hanya akan mengantarkan ke lokasi satu konsumen saja yang berdasarkan dari peta untuk distribusi produk konsumen tersebut. Umumnya konsumen adalah berasal dari kalangan perusahaan yang berencana menyalurkan produk yang dimilikinya ke berbagai wilayah.

Macam – macam Jenis Pengiriman Logistik dan Ekspedisi

Pada jenis-jenis untuk pengiriman dalam bidang logistik maupun ekspedisi, jika dilihat secara umum maka berbentuk sama yang dibagi menjadi tiga jenis jasa logistik dan ekspedisi dari rute pengirimannya :

1.Pengiriman darat

Baik itu untuk logistik maupun ekspedisi banyak sekali yang menggunakan jenis pengiriman darat, yang menjadi alasan utamanya adalah dalam proses pengirimannya lebih mudah, aman jika berkaitan dengan pelackan dan juga pengemasan selamat proses pengiriman.

Jika berbicara perihal jangkauan maka akan lebih terbatas yang mana hanya antar provinsi saja yang masih berada di dalam satu kepulauan.

Mempunyai kekurangan yang bisa untung dijadikan sebuah pertimbangan adalah loading barang dalam satu truk harus menunggu dalam satu truk tersebut penuh lebih dahulu. Biasanya hal tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan bergantung dari banyaknya barang.

2. Pengiriman laut

Mengirimkan barang melalui jalur laut akan tergolong lebih murah dan jangkauan lokasinya lebih banyak, sedangkan untuk waktu barang tersebut sampai akan membutuhkan waktu yang lama. Semua itu akan bergantung dari kondisi rute lautnya yang dilewati oleh kapal pembawa barang tersebut.

Jika akan kita bandingkan dengan jenis pengiriman barang yang lainnya, memang akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama tetapi rute laut inilah yang mempunyai harga termurah.

Selain itu juga ada beberapa jenis kapal yang bisa untuk digunakan dalam pengiriman barang tersebut lewat jasa ekspedisi maupun logistik, yaitu kapal kontainer, kapal cepat, kapal khusus untuk membawa barang yang disebut dengan pelni dan kargo.

3. Pengiriman udara

Pengiriman udara ini pastinya akan menggunakan armada berupa pesawat yang memiliki kelebihan dari segi kecepatan datangnya barang tersebut dan lebih praktis dari segi prosedur yang digunakan. Namun, ada yang membuat seseorang lebih mempertimbangkan untuk menggunakan armada yang satu ini yaitu berupa biaya untuk pengirimannya akan jauh lebih mahal.

Terutama jika itu dibandingkan dengan menggunakan pengiriman laut dan juga darat, pengiriman barangnya juga akan memiliki jumlah minimum yang terbatas dan hanya sampai ke skala menengah saja, karena kapasitas untuk beban pesawatnya sendiri juga sangat terbatas.

Indonesia memiliki beberapa jenis pesawat komersil yang merupakan andalan utama baik itu untuk jasa pengiriman ekspedisi maupun logistik, misalnya saja Garuda Indonesia, Sriwijaya, Lion Air dan lain sebagainya.

Kurang lebih seperti itulah perbedaan antara ekspedisi Jakarta Sampang dan logistik, semoga dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari perbedaan di antara kedua jasa pengiriman tersebut.

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Jakarta Ponorogo Murah Hanya Rp 3.500/kg
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Jakarta Demak Murah Hanya Rp 2.500/kg