Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Fenomena Viral Kidult: Faktor dan Dampaknya

Kidult adalah suatu fenomena psikologis yang sedang viral seiring dengan kesadaran terhadap ilmu mengenai kesehatan mental. Kidult adalah fenomena yang ditimpa oleh orang dewasa tanpa kita sadari. Yuk simak apa itu kidult melalui artikel ini.

Pengertian Kiddult?

Dewasa ini tidak jarang orang dewasa yang masih menyukai untuk bermain atau mengoleksi mainan. Tentu saja mainan sangat identik dengan perilaku anak-anak.

Kendati demikian, ternyata tidak sedikit orang yang telah memasuki umur-umur dewasa masih menikmati mainan anak tersebut. Fenomena ini lah yang sering diistilahkan sebagai fenomena kidult.

Kidult sendiri adalah sebuah kata gabungan dari kata bahasa inggris antara kid (anak) dan adult (dewasa). Fenomena ini tidak sedikit untuk bermunculan di kalangan masyarakat urban pada negara maju di tahun 1980-an, namun sudah ada sejak tahun 1960-an.

Berbagai negara memiliki sebutannya tersendiri terhadap fenomena ini. Negara inggris menyebutnya sebagai Kippers, Jerman sebagai Nesthockers, Mammones di Prancis, hingga Freeeters di Jepang.

Baca Juga: Olahraga Menunjang Kesehatan Mental

Menunda untuk Menikah hingga Planless

Amerika Serikat memiliki budaya untuk meninggalkan rumah orang tua apabila mereka telah kuliah atau belajar mandiri. Kendati demikian, tinggal bersama dengan orangtua meski telah memiliki pekerjaan dan mapan memang juga merupakan suatu tradisi.

Kidult telah memenharuhi orang dewasa pada umur 25 hingga mayoritas dari mereka memilih untuk menunda pernikahan, anak, dan membeli rumah. Hal tersebut digantikan oleh liburang keliling dunia dan membelanjakan uang tanpa suatu perencanaan kedepannya.

Baca Juga: 10 Gunung yang Harus Anda Daki di Indonesia

Faktor Penyebab Kidult

istilah baru kiddult adult buying toys
image by: pexels

Terdapat beberapa Faktor yang dapat menyebabkan fenomena ini. Yuk breakdown berbagai macam faktor kidult;

1. Perekonomian orangtua dari para kidults memiliki kondisi yang mapan

2. Lapangan kerja telh memasuki ranah kompetitif bagi pria dan wanita di usia muda

3. Lifestyle mewah

4. Nostalgia

5. Kegiatan yang dinilai cukup berlebihan saat remaja

6. Keinginan masa kecil yang belum terwujud sehingga ada “pembalasan dendam” saat telah memiliki pemasukan sendiri

7. Belum memiliki tanggungan keluarga

Kendati demikian, kecerdasan seseorang tidak memiliki hubungan dengan fenomena ini. Sifat ini hanyalah ingin membahagiakan diri sendiri dan menuruti egonya.

Apakah Anda termasuk orang dewasa yang memiliki indikasi-indikasi kidult?

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

https://www.msn.com/id-id/berita/other/arti-kata-kidult-fenomena-viral-yang-terjadi-di-indonesia-lama-lama-bisa-jadi-gangguan-psikologis/ar-AA15Kb4t?li=BB15J8Hi

https://kids.grid.id/read/473631376/apa-itu-fenomena-kidult-ini-penjelasan-faktor-dan-dampaknya?page=all

× Customer Service