Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Franchise! Pengertian dan Cara Kerja

Franchise! Istilah dan Cara Kerja

Franchise atau waralaba adalah salah satu opsi yang dapat dilakukan Anda untuk memasuki dunia bisnis. Franchise adalah sebuah ranah bisnis yang semakin populer tiap harinya, terutama di Indonesia. Yuk simak apa itu franchise dengan mendalami artikel ini

Definisi Franchise secara Hukum dan Etimologi

Definisi Franchise secara Hukum dan Etimologi
image by: pexels

Merujuk kepada Permendag No. 71 Tahun 2019, franchise atau dalam bahasa Indonesianya adalah waralaba, adalah sebuah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba.

Di sisi lain, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Franchise atau waralaba adalah sebuah kerja sama pada bidang usaha dan memiliki bagi hasil sesuai dengan kesepakatan perjanjian. Kesepakatan ini mencakup lingkup hak kelola dan hak pemasaran.

Apabila dirumuskan lebih dalam dan mudah lagi, bisnis Franchise adalah sebuah bentuk kerja sama usaha seseorang dengan pemilik merk dagang, produk, atau sistem operasional. Kerja sama ini akan didelegasikan kepada pihak kedua yang memiliki hak untuk mendapatkan izin untuk pengoperasian merek, produk, serta sistem operasional tersebut dalam menjalankan sebuah usaha.

Jenis-jenis Bisnis Franchise

Jenis-jenis Bisnis Franchise
image by: pexels

Secara umum di Indonesia, bisnis franchise terbagi menjadi dua jenis, yaitu;

Bisnis franchise / waralaba luar negri

Franchise atau waralaba luar negri memiliki acuan pada merk dagang atau produknya yang berasal dari luar negri. Bisnis franchise luar negri ini memiliki beragam ketentuan yang salah satunya adalah sistem operasionalnya yang lebih stabil dan jarang berubah. 

Bisnis franchise / waralaba dalam negri

Franchise atau waralaba dalam negeri adalah suatu hal yang biasanya dijadikan bentuk investasi seorang pengusaha dalam waktu yang relatif singkat. Salah satu keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis franchise dalam negri ini menawarkan pengetahuan dan pengalaman untuk menentukan langkah strategi bisnis yang optimal.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Pertimbangkan Bisnis Franchiese

Pertimbangkan Bisnis Franchiese
image by: pexels

Pendirian bisnis franchise membutuhkan beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Yuk simak beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum terjun ke dunia bisnis waralaba ini.

1. Model Bisnis Perusahaan

Pertama-tama, anda harus mempertimbangkan model bisnis karena Anda akan membeli lisensi franchise. Hal ini menyebabkan secara tidak langsung Anda akan mengadopsi bisnis perusahaan tersebut.

Hal mendasar yang wajib Anda ketahui bahwa tidak semua model bisnis akan relevan pada zaman ini. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memeriksa terlebih dahulu model bisnis yang digunakan oleh perusahaan pemilik lisensi.

2. Sejarah Bisnis dan Finansial

Anda sebaiknya elakukan riset mandiri terhadap sejarah finansial bisnis dari perusahaan terkait. Jangan mudah tergiur terhadap peluang yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia kesempatan franchise

Perlu digaris bawahi bahwa tidak semua kesempatan untuk berwaralaba patut Anda ambil. Posisikanlah diri Anda untuk menjadi pebisnis dan lihat pembuktian perusahaan tersebut sebagai sebuah badan usaha yang sukses.

Baca Juga: Tips Cerdas Sukses Menjadi Mitra Jasa Pengiriman Barang

3. Intensitas persaingan dagang

Apabila Anda benar-benar ingin membeli lisensi dari bisnis franchise atau waralaba yang populer, pertimbangkanlah siapa pesaing Anda. hal ini perlu digarisbawahi karena badan usaha yang besar memang pada umumnya memiliki banyak sekali penerima waralaba.

Sudahkah bulat keputusan Anda untuk berwaralaba dengan perusahaan pilihan Anda? Pertimbangkan juga apakah perusahaan yang Anda pilih merupakan perusahaan berbisnis relevan? Hal ini terkait dengan bisnis franchise dengan relevansi tinggi dapat meringankan persaingan pasar yang ada.

Sudah kah Anda mempertimbangkan matang-matang tips untuk memulai bisnis waralaba? Salah satu perusahaan yang dapat menawarkan bisnis ini adalah Perusahaan Trawlbens

Trawlbens adalah sebuah layanan ekspedisi pengiriman cargo dengan ruang lingkup pengiriman dari dan ke seluruh wilayah di Indonesia. Salah satu rute yang dilayan oleh Trawlbens adalah rute Ekpedisi Jakarta ke Kota Semarang dan rute Ekspedisi Jakarta ke Kota Surabaya.

× Customer Service