Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021

Hari Pahlawan
Images by: freepik.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Hari Pahlawan menjadi salah satu moment yang selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal 10 November. Moment ini merupakan hari bersejarah untuk memperingati perjuangan para pahlawan yang berjuang untuk negeri ini pada tahun 1945.

Momen Peringatan Hari Pahlawan tentu bertujuan untuk mengingatkan dan menghormati perjuangan semua para pahlawan dan pejuang yang sudah berkorban, menggerakkan kesadaran masyarakat, dan membangun memori kolektif untuk menjalankan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan bernegara.

Pada tahun ini, moment memperingati hari pahlawan masih dalam keadaan pandemic saat ini. Oleh karena itu, penting untuk mengingat dinamika penguatan persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi semangat dan nilai-nilai kepahlawanan.

Sejarah Hari Pahlawan 10 November 2021

Ada fakta menarik dibalik adanya moment peringatan hari pahlawan dan latar belakang momen tersebut yang diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya. Presiden Soekarno menetapkan Keputusan Eksekutif (Keppres) Tahun 1959 No.

dikenal sebagai hari pahlawan yang diadakan dengan tujuan untuk menghormati pahlawan yang telah gugur di medan perang di Surabaya pada tanggal 10 November 1945.

Pertempuran yang terjadi di Surabaya pada tanggal 10 November 1945 ini awal mulanya disebabkan oleh terjadinya kematian Jenderal Malaby, yang merupakan seorang perwira dari keluarga kerajaan Inggris.

Saat itu, Pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Jenderal Malaby datang ke Surabaya pada bulan Oktober 1945 dan berkeliling kota untuk melakukan upacara sambil melihat situasi di kota tersebut.

Namun, tak disangka Jenderal Malaby meninggal pada akhir 30 Oktober 1945, setelah terjadi kecelakan dan mobilnya terbakar. Masih menjadi pertanyaan dan ada perdebatan hingga hari ini mengenai penyebab kematian perwira Inggris tersebut.

Karna ada kabar yang mengatakan dia meninggal setelah terjadi penembakan yang dilakukan oleh warga Surabaya.

Pukul 6 pagi tanggal 10 November 1945, pasukan Inggris menyerang kota Surabaya dari berbagai arah. Untuk menghancurkan Surabaya karena adanya konflik yang terjadi, pasukan Inggris mengerahkan segala kekuatan dan upaya yang mereka miliki baik dari darat, laut dan udara.

Serangan pertama yang mereka lakukan ini menimbulkan kerugian yang sangat besar, terutama di kalangan masyarakat umum.

Dalam peristiwa 10 November 1945, Bung Tomo melegenda karena dikenal sebagai pejuang yang bersemangat dengan mikrofonnya. Selain itu, ia juga salah satu pemimpin Lasker, yang kemudian pensiun di Departemen Pertahanan.

Kisah perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan dapat ditemukan dalam buku-buku sejarah . Kisah pahlawan ini tidak hanya menunjukkan sejarah negara, tetapi juga mengajarkan anak-anak Indonesia dengan contoh kejujuran, kesabaran, pantang menyerah, memenuhi kewajiban dan hak.

Untuk dapat membawa Anda lebih dekat dengan makna hari pahlawan pada kehidupan sehari-hari.

Misalnya, melalui penelitian kerja keras, menjaga kemandirian, mencapai kesuksesan di bidang minat, membantu teman yang membutuhkan, dan membiasakan ucapan terima kasih, permintaan maaf, dan bantuan orang lain.

Hari Pahlawan akan kita lakukan sebagai introspeksi untuk mengingatkan kita akan sejarah kelam negeri ini sebelum atau sesudah kemerdekaan.

Implementasi Hari Pahlawan di Era Modern

Oleh karena itu, sebagai generasi penerus negara, lebih baik kita sebagai generasi penerus negara Jadi teruslah berjuang para pahlawan. Tidak sulit untuk kita para generasi penerus bangsa untuk menjadi pahlawan di era digital dan serba modern ini!

Menjadi Pribadi yang Sopan

Salah satu langkah mudah yang bisa Anda lakukan adalah menjadi seseorang yang selalu rapi dan memberikan kenyamanan bagi orang-orang di sekitar Anda.

Mulailah dengan menjaga ketertiban, tidak menghalangi lalu lintas, mengikuti aturan umum, memelihara fasilitas umum, tidak merusaknya, dan menyebabkan kebingungan dan kekacauan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahaya bagi orang lain.

Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial

Berpartisipasi dalam kegiatan sosial juga dapat membuat Anda menjadi pahlawan bagi orang lain. Anda dapat melakukan banyak kegiatan sosial seperti melakukan bantuan bencana alam, bantuan bersih-bersih bersama masyarakat, pelayanan pendidikan sukarela. Selain bisa menambah pengalaman, kamu juga telah membantu orang-orang di sekitarmu.

Menggunakan Produk Lokal

Masyarakat di kota-kota besar dengan pendapatan yang besar seringkali kurang menyukai produk lokal biasanya mereka lebih memilih untuk membeli produk branded dan brand yang populer.

Meski banyak produk lbrand yang terkenal namun tidak ada salahnya untuk membeli produk lokal yang bisa Anda beli untuk membangun usaha dalam negeri. Selain membantu menghasilkan produk lokal, kamu juga bisa belajar mencintai produk lokal.

Pelestarian Budaya Nasional

Dengan jumlah karya dan warisan budaya negara seperti Batik dan Wayang, generasi penerus harus melestarikan warisan budaya nasional yang kita miliki. Dengan membangun dan memelihara budaya tersebut.

Membela Negara Melalui Prestasi

Seiring dengan berkembangnya keterampilan dan bakat Anda, ada beberapa event internasional yang dapat Anda hadiri. Dengan kemampuan dan bakat yang kamu miliki, kamu dapat membangga kan serta mengharumkan nama negara Indonesia di mata dunia.

Menajadi Pribadi Yang Penuh Kejujuran

Kejujuran adalah kuncinya! Ungkapan tersebut sepertinya cocok untuk pahlawan Indonesia masa kini. Jika Anda jujur, Anda bisa menjadi pahlawan yang akan berdampak besar bagi lingkungan bahkan negara.

Selamat Hari Pahlawan Sobat Trawlbens! jangan lupa kirim barangke Seluruh Indonesia pake jasa ekspedisi Trawlbens ya!

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Pekanbaru Ke Papua Kirim 10kg Gratis Pickup
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Pekanbaru Ke Maluku Kirim 10kg Gratis Pickup