Jenis Karpet Permadani Mewah Untuk Ruang Tamu dan Tips Memilihnya

jenis karpet permadani

Karpet permadani merupakan salah satu alas yang digunakan untuk melapisi lantai serta menambah nilai estetika ruangan. Jenis karpet permadani juga beragam, semua jenisnya sangatlah cocok jika ditempatkan pada ruangan, termasuk ruang tamu, karena selain memberikan kesan indah, furniture satu ini juga memberikan rasa nyaman saat bersentuhan pada telapak kaki ataupun ataupun ketika diduduki. 

Pada dasarnya karpet dan permadani merupakan barang yang sejenis, namun berbeda. Perbedaan paling mendasar antara dua furniture ini adalah ukurannya Karpet memiliki luas kain yang mampu menutupi seluruh lantai ruangan. Pemasangan karpet juga harus dilakukan oleh tangan profesional, sehingga untuk  perawatannya karpet cenderung lebih sulit. 

Sedangkan, permadani merupakan furniture yang hanya mampu menutup sebagian lantai ruangan. Pemasangan barang satu ini juga cukup mudah dan fleksibel, sebab memang tujuan utama permadani dibuat guna memberikan kesan estetika pada ruangan. 

Maka dari itu, permadani menjadi pilihan utama dibandingkan karpet, sebab selain menambah keindahan permadani juga dapat dirawat dengan mudah tanpa harus keahlian profesional.

trawlpack banner

3 Jenis Karpet Permadani Mewah Untuk Ruang Tamu

Dalam memilih karpet permadani untuk kebutuhan dekorasi ruang tamu, Anda perlu mengetahui jenis yang tepat sehingga mampu menyesuaikan kebutuhan ruang dan selera. Sebagai referensi Anda, berikut tiga jenis karpet permadani berdasarkan bahannya yang dapat menjadi pertimbangan Anda!

  • Nilon

Jenis permadani pertama adalah permadani berbahan nilon yang pencuciannya mudah dan fleksibel menggunakan berbagai cara. Bahan satu ini memungkinkan pembersihan dengan berbagai macam cara mulai dari dicuci menggunakan air, vacuum, ataupun hanya sekedar disapu.

Tidak hanya mudah dalam perawatannya, permadani berbahan nilon jauh lebih awet serta tidak gampang pudar. Sehingga bahan satu ini sangat cocok untuk diletakan pada ruangan yang sering dilalui banyak orang, seperti ruang tamu. 

  • Non-Woven

Jenis permadani berikut ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin menjaga lantai agar tetap aman dari banyak goresan. 

Permadani berbahan non woven merupakan jenis permadani yang terbuat dari bahan bahan kimia tertentu. Sehingga, tekstur permadani satu ini relatif lembut, ringan, mudah dilipat, serta tidak memberi goresan pada lantai. 

Namun, dibalik keunggulannya terdapat satu kekurangan yaitu bahan satu ini mudah rusak jika Anda cuci secara berlebihan. Berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, permadani non woven ini cocok untuk memberikan kesan lembut pada ruang tamu Anda. 

  • Polipropilena

Permadani polipropilena merupakan jenis permadani yang memiliki karakteristik halus, kuat, dan tahan lama. Bahan yang terbuat dari serat sintetis ini telah banyak digunakan dalam pembuatan permadani. 

Tidak hanya halus, kuat, dan tahan lama, permadani ini juga tahan akan bahan kimia, noda, dan sangat mudah dibersihkan hanya menggunakan air. 

Namun, kekurangan bahan satu ini adalah ukurannya yang sangat mudah menyusut ketika  terpapar matahari secara langsung. Maka dari itu, guna menjaga kualitas permadani tetap terjaga hindarilah sinar matahari ketika menjemur. 

4 Tips Memilih Karpet Permadani Mewah Untuk Ruang Tamu

Jika Anda sudah mengetahui jenis permadani berdasarkan bahannya, bagi Anda yang ingin membeli permadani guna kebutuhan dekorasi ruang tamu, perhatikan tips berikut ini agar pilihan Anda tepat sesuai dengan keinginan Anda.

  • Cermati Material yang Digunakan 

Bahan atau material menjadi hal pertama yang harus Anda perhatikan. Baik Nilon, Non woven, ataupun Polipropilena ketiga jenis permadani tersebut harus Anda pilih secara cermat. Sebab dengan memilih material yang sesuai dapat memastikan kenyamanan ruang Anda serta jenis perawatan yang harus Anda lakukan.

  • Sesuaikan Ukuran

Tahap selanjutnya adalah menyesuaikan ukuran permadani dengan ruangan Anda. Pilihlah permadani yang tidak terlalu besar ataupun kecil, biasanya, permadani dengan lebar 1,5 meter dapat menjadi pilihan dekorasi ruang tamu Anda. Jadi, cermati ukuran ruangan Anda guna tidak salah dalam memilih ukuran permadani.

  • Perhatikan Ketebalan dan Teksturnya

Selain ukurannya, ketebalan dan tekstur juga menjadi indikator yang penting. Sebab ketebalan menentukan cara pakai permadani. Jika bahan permadani tebal, sangatlah cocok digunakan untuk alas duduk. Namun, jika permadani Anda diperuntukan hanya sebagai dekorasi saja disarankan menggunakan permadani dengan ketebalan tipis saja.

  • Pilih Desain yang Selaras 

indikator terakhir dan paling penting adalah menyelaraskan desain permadani dengan konsep ruangan Anda. Motif dan warna sangatlah berpengaruh pada estetika ruangan anda, jadi ketahuilah konsep ruangan Anda terlebih dahulu sebelum membeli permadani. Atau jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan jasa desain interior agar ruang tamu Anda lebih terkonsep sehingga Anda tidak salah memilih desain permadani untuk ruangan Anda. 

Kesimpulan

Demikian jenis karpet permadani beserta tips memilih permadani yang tepat untuk ruang tamu Anda. Perhatikan jenis, ukuran, serta desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan ruangan Anda guna membantu Anda dalam memilih permadani yang sesuai. 

Indikator tersebut juga dipetimbangkan guna mamberikan kesan nyaman pada ruangan Anda. Selain itu pemilihan permadani yang sesuai juga memberikan Anda kemudahan dalam perawatannya. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika Anda bingung dalam menentukan permadani yang cocok untuk ruang tamu, Anda dapat menggunakan jasa desain interior yang dapat membantu merancang ruang tamu sesuai dengan selera Anda. 

Tidak hanya itu, untuk Anda yang sudah menentukan pilihan permadani dan ingin mengirimkannya ke rumah, gunakanlah  jasa pengiriman barang. terpercaya agar permadani yang telah Anda beli dapat di antar dengan baik dan aman, sehingga kualitasnya tetap terjaga.