Jenis Setrika Uap Yang Perlu Diketahui Sebelum Membelinya  

Last Updated on 1 Desember 2023

jenis setrika uap

Pasti Anda sudah tidak asing dengan setrika apalagi jika Anda adalah ibu rumah tangga yang tidak bisa lepas dari yang namanya menyetrika. Setrika merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan untuk merapikan dan membuat pakaian menjadi lembut dan ada lho jenis setrika uap sekarang ini.

Tapi nih tahu gak sih kalo setrika itu punya jenis-jenis yang berbeda? Salah satu yang canggih saat ini digunakan yaitu setrika uap seperti yang sudah saya spill sebelumnya. Setrika jenis ini adalah salah satu teknologi terbaru yang ada pada setrika dengan menggunakan uap sebagai pemanas di mana tidak lagi menggunakan besi pemberat. Setrika ini lebih ringan dibanding setrika listrik pada umumnya. Selain itu, setrika uap ini bisa mendukung teman-teman yang memiliki usaha laundry lho.

Saat ini kebutuhan akan setrika uap semakin meningkat karena alat ini mampu mengefisiensikan proses menyetrika pakaian menjadi lebih cepat. Pemilihan setrika uap yang baik, tidak bisa hanya dilihat dari warna atau modelnya aja ya. Namun perlu memperhatikan spesifikasi yang ditawarkan. Seperti aspek dayanya, bagian bawah setrika, dan cara penggunaannya menentukan pemilihan setrika uap.

Makanya, kami berikan beberapa rekomendasi jenis setrika uap yang bagus, sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda pastinya. Yuk simak baca sampai habis ya, jangan dilewati agar tidak ketinggalan informasinya!

trawlpack banner

Merapat! Ini Dia Jenis Setrika Uap yang Lagi Anda Cari-Cari

Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh setrika uap dibanding setrika biasa. Harga setrika uap cukup terjangkau dan sebanding dengan berbagai kelebihan yang diberikan. Uap setrika mampu menghilangkan lecek di pakaian dengan lebih cepat. 

Dengan setrika uap lebih menghemat waktu dan tenaga. Penggunaan setrika uap dijamin lebih mudah dan tidak merusak pakaian. Dengan adanya uap yang dihasilkan oleh setrika ini maka membuat pakaian lebih lembut dan licin. 

Nah buat Anda yang lagi cari setrika uap yang bagus dan murah, kami berikan beberapa rekomendasi jenis setrika uap yang cocok untuk Anda.

  • Setrika Uap Portable

Jenis setrika model ini memiliki desain portable yang cocok buat Anda yang sering bepergian dan ingin selalu terlihat rapi pakaiannya. Setrika uap ini mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang tidak besar. Cara menggunakan setrika uap portable cukup mudah namun panas yang dihasilkan tidak sepanas setrika kabel.

  • Setrika Uap Berdiri

Setrika uap model berdiri ini menjadi solusi terbaik untuk penggunaan di dalam ruangan. Setrika ini tidak bisa dibawa kemana-mana karena memiliki ukuran yang cukup besar namun panas yang dihasilkan lebih panas dan bisa meluruskan pakaian dengan lebih cepat.

Cara menggunakan setrika model ini tidaklah sulit. Karena sudah ada gantungan yang menempel pada tiang bawaan. Hal ini memudahkan para ibu rumah tangga dalam menyetrika bagian depan dan belakang pakaian.

  • Setrika Uap Boiler

Setrika jenis ini lebih unik karena setrika uap ini menggunakan gas yang menyuplai kompor gas miliknya sendiri dalam menghasilkan panas. Kapasitas tangki air sebesar 5 hingga 10 liter di mana lebih besar dibandingkan setrika uap portable dan berdiri. 

Meski sumber panasnya berbeda, namun penggunaan setrika uap ini cukup sederhana. Setrika jenis ini kurang cocok jika digunakan untuk sehari-hari. Kapasitas tangki yang besar dan penggunaan kompor gas membuat setrika  ini lebih cocok untuk laundry. Anda bisa menggunakannya dengan pakaian yang digantung di gantungan atau menggunakan meja setrika.

  • Setrika Uap Genggam

Setrika uap jenis ini dirancang memiliki dua fungsi yaitu bisa kering sekaligus basah. Dengan volume uap sekitar 10g/menit, setrika ini mampu menghilangkan lecek/kusut di pakaian secara lebih cepat dan kuat dengan hanya butuh sekitar 10 detik untuk membuat setrika tersebut panas. Suhu uap yang dihasilkan mencapai 90-100 derajat celcius sehingga bisa menghilangkan tungau. Ukuran tangki air yang didesain mampu menyetrika 5 hingga 8 pakaian sekaligus. Plat bawah setrika berbahan dasar seperti teflon sehingga efektif untuk melicinkan pakaian.

  • Setrika Uap Genggam Fungsional

Setrika uap ini mampu melicinkan sekaligus menghilangkan bau dalam satu gerakan berkat teknologi canggih uap yang ada. Teknologi terbaru ini membantu meredam kebisingan yang ditimbulkan oleh setrika uap kebanyakan. Dengan setrika jenis ini Anda bisa menghaluskan pakaian secara lebih mudah dengan cukup digantung saja. Kapasitas tangki setrika ini sebesar 60 mL dengan daya 1000-1200 watt.

Baca juga: Jenis AC Yang Dapat Mendinginkan Suhu Ruangan Anda

Penutup

Setrika uap menjadi pilihan yang sering digunakan karena lebih efisien merapikan pakaian dibanding setrika biasa. Kini banyak sudah ada beberapa jenis setrika uap yang beredar di masyarakat. Namun penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkannya tidak bertahan lama. Bahkan mungkin lebih cepat rusak. Selain perawatan, sebaiknya letakkan juga setrika Anda di tempat yang aman dari anak-anak dan anggota keluarga lainnya. 

Agar tidak ada yang menyentuhnya dan terbakar. Setrika uap sangat cocok bagi Anda yang membuka toko laundry. Selain setrika, Anda juga bisa menggunakan pewangi pakaian sehingga bisa membantu dalam melicinkan pakaian lebih cepat. 

Jika kerabat sanak saudara Anda ingin mengirimkan setrika uap untuk bisnis laundry maka pasti memerlukan jasa pengiriman barang. TrawLbens hadir untuk memenuhi kebutuhan pengiriman berbagai jenis barang termasuk setrika uap ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan jasa pengiriman barang TrawLbens, tidak perlu khawatir ongkos kirim karena dijamin paling murah dan tentunya aman hingga sampai di tujuan. Yuk mulai sekarang gunakan TrawLbens karena bisa didapatkan secara gratis di Google Play dan App Store melalui smartphone. Download TrawLbens sekarang!