Jenis Sparepart Mobil dan Fungsinya Untuk Performa Mobil

Last Updated on 1 Desember 2023

jenis sparepart mobil

Sparepart merupakan salah satu elemen dengan sistem kerja yang saling berkaitan pada setiap kendaraan, termasuk motor dan mobil. Demikian juga, ragam jenis sparepart mobil memiliki sistem kerja masing-masing yang dirancang untuk meningkatkan performa mobil yang Anda miliki.

Namun, perlu kita ketahui bahwa sparepart yang melekat pada mobil Anda sering kali mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, bagi pemilik mobil, wajib bagi Anda untuk melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan bahwa sparepart mobil Anda dalam kondisi yang prima.

Pada artikel ini, kami akan mengulas jenis-jenis sparepart mobil beserta peran dan fungsinya. Pastikan Anda menyimak artikel ini hingga akhir agar Anda memahami sistem kerjanya terhadap mobil kesayangan Anda.

banner trawlpack

5 Jenis Sparepart Mobil dan Fungsinya

  • Filter Oli

Filter oli merupakan salah satu komponen yang melekat pada mobil. Pada sparepart ini, filter ori berfungsi untuk mencegah unsur-unsur kotoran dari oli masuk ke dalam sistem pelumasan mobil, sehingga dengan adanya filter oli, mesin mobil dapat bekerja dengan optimal dan terjaga dengan baik.

  • Kampas Rem

Kita menyadari bahwa terjadinya kecelakaan lalu lintas terkadang disebabkan karena rem blong. Itu berarti komponen pada sistem pengereman tidak bekerja dengan baik, sehingga mobil tidak dapat terkendali jika bagian pengereman rusak, terutama pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. 

Kampas rem merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk mengendalikan mobil, baik memperlambat laju mobil, juga menghentikan mobil di saat tertentu. Sebagai pengendara roda empat, tentunya harus aware dengan melakukan pengecekan secara berkala terhadap kampas rem yang seiring waktu berjalan akan terkikis bahkan habis.

Jika Anda merasa bahwa sistem pengereman tidak berfungsi dengan baik, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa dan diganti oleh teknisi yang berpengalaman.

  • Busi

Komponen yang tak kalah penting lainnya dari mobil adalah busi. Busi merupakan komponen yang mengontrol sistem pengapian mesin dari percikan listrik yang dihasilkan. Dengan demikian, proses pembakaran tersebut akan menghasilkan tenaga agar mobil dapat berjalan sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. 

Tidak hanya itu, fungsi busi mobil lainnya untuk menjaga stabilitas mesin yang beriringan dengan proses pembakaran. Komponen ini sangat berguna untuk menghemat bahan bakar mobil yang Anda miliki, sehingga mesin mobil Anda dapat terjaga dengan baik tanpa getaran sekalipun.

  • Aki Mobil

Aki atau accu merupakan komponen mobil yang beroperasi pada sistem kelistrikan. Maka tidak heran jika aki sebagai penyebab utama mobil dapat dinyalakan. Selain itu, aki sebagai penampung energi untuk menyuplai daya ke berbagai sistem kelistrikan seperti sistem pengapian, sistem pencahayaan, sistem audio, sistem navigasi, dan sistem lainnya.

Tidak heran jika kita sering mendapati kasus kendaraan roda empat yang tidak dapat hidup disebabkan aki yang lemah atau mati. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi mobil untuk mengecek aki selama berkendara.

  • Radiator

Jika kendaraan roda empat Anda mengalami overheat itu adalah hal yang wajar, apalagi Anda berkendara dengan jarak yang sangat jauh. Namun, Anda perlu mengetahui komponen yang berfungsi menetralisir mesin yang panas karena proses pembakaran. yaitu radiator.

Radiator merupakan komponen dari sparepart yang memiliki peranan penting bagi sistem pendinginan. Dengan fungsinya yang melibatkan penyerapan dan penghilang panas yang dihasilkan dari proses pembakaran, radiator bertanggung jawab untuk menjaga suhu mesin dari kerusakan akibat overheat.

Baca juga: Cara Mengirim Knalpot Yang Aman Dan Praktis

Penutup

Inilah beberapa 5 jenis sparepart mobil yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik kendaraan roda empat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menambah wawasan serta kesadaran Anda untuk melakukan pengecekan beberapa sparepart secara berkala terhadap mobil kesayangan Anda.

Bagi Anda pelaku bisnis yang menjual macam macam spare part mobil, Anda dapat memanfaatkan layanan jasa ekspedisi pengiriman barang TrawLbens yang efisien, ramah kantong, dan profesional demi menjangkau pelanggan Anda dalam mendapatkan sparepart yang Anda jual dengan menggunakan aplikasi pengiriman barang, TrawLbens.

Manfaatkan jasa pengiriman barang TrawLbens yang ahli di bidang logistik hanya dengan mengunduh aplikasi TrawLbens di Google Play Store atau App Store di handphone kesayangan Anda.