Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Kenali Apa Itu Buzzer dan Keuntungannya Sebagai Media Promosi

apa itu buzzer

Table of Contents

Di era media sosial saat ini, terdapat beragam strategi promosi bisnis. Salah satunya adalah melalui buzzer yang bisa membantu popularitas sebuah merek. Selain digunakan dalam bisnis, buzzer juga seringkali dikaitkan dengan politik, yang tugasnya adalah menjatuhkan lawan politik khususnya menjelang pemilu. Nah, apa peran buzzer dalam promosi bisnis? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Pengertian Buzzer dalam Media Promosi

apa itu buzzer

Dalam media promosi, buzzer adalah orang yang mempromosikan sesuatu dengan menggunakan platform sosial media. Melansir Data Indonesia, sampai dengan bulan Januari 2022, jumlah orang yang menggunakan sosial media secara aktif adalah sebesar 191 juta orang. Dengan melihat data pengguna sosial media yang meningkat setiap tahunnya, peran buzzer begitu penting untuk membantu promosi bisnis. 

Baca Juga : 6 Ide Bisnis Dropship Untuk Pemula, Auto Cuan!

Kata buzzer sendiri berasal dari bahasa Inggris, yang memiliki arti alarm atau lonceng. Alarm ini bertujuan untuk mengumpulkan orang-orang untuk melakukan sesuatu. Profesi buzzer ini pada umumnya memiliki jumlah followers yang cukup banyak, sehingga mereka bisa influence para pengikutnya. Menjadi seorang buzzer cukup sederhana, hanya membutuhkan modal sosial media dan memiliki kemampuan untuk influence para pengikutnya. 

Faktor Penting Memilih Buzzer

apa itu buzzer

Lalu kriteria apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih buzzer? Berikut adalah faktor-faktornya:

1. Konten 

Konten yang diunggah seorang buzzer harus sesuai dengan nilai-nilai produk bisnis. Hal ini nantinya dapat berpengaruh pada jangkauan audiens. Oleh karena itu, dalam memilih seorang buzzer, pastikan konten sesuai dengan produk bisnis Anda. Jika bisnis Anda bergerak di bidang kosmetik, Anda bisa memilih beauty vlogger yang memiliki followers wanita dari usia remaja hingga dewasa. 

2. Memahami Trend Viral 

Saat ini, tren yang viral seringkali dapat mendongkrak nama sebuah brand. Sebagai contoh, konten yang menunjukkan review produk yang bisa memutihkan kulit, secara otomatis akan mendorong pengikut untuk membeli produk tersebut. Oleh sebab itu, seorang buzzer perlu mempunyai skill memahami tren viral saat ini yang bisa membantu mempromosikan bisnis Anda. 

3. Memahami Waktu Prime Time

Prime time merupakan waktu posting paling tepat karena banyak pengguna media sosial yang aktif. Dengan memperhatikan prime time, konten yang diunggah tentunya dapat menjangkau audiens yang lebih banyak. Setiap platform pun memiliki waktu prime time yang berbeda-beda, misalnya Facebook memiliki tingkat engagement paling tinggi pada akhir pekan, dan prime time Twitter adalah saat jam-jam makan siang. 

4. Impresi Tinggi

Dalam memilih buzzer, pastikan Anda memperhatikan bagaimana ia mencapai impresi yang tinggi dalam setiap kontennya. Sebab, followers yang banyak tidak menjamin bahwa konten memiliki impresi yang tinggi. Untuk bisa mengukur impresi, Anda bisa menggunakan berbagai macam tools seperti Twitter Counter dan Hootsuite Insight. Semakin tinggi skor, maka tingkat impresi semakin tinggi. 

Keuntungan Buzzer Sebagai Media Promosi 

apa itu buzzer

Untuk Anda yang ingin menjangkau audiens yang lebih banyak dan mempromosikan produk, memilih buzzer merupakan salah satu opsi yang tepat. Salah satu keuntungannya adalah dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda melalui postingan konten buzzer. Dengan impresi yang tinggi, produk atau layanan bisnis Anda bisa populer. 

Baca Juga : Cara Riset Produk Terlaris di 3 Marketplace Terpopuler

Selain itu, buzzer dapat membantu membangun citra positif merek Anda. Sebab salah satu tugas buzzer adalah menyebarkan komentar positif dan memantau setiap konten. Pada umumnya, jasa buzzer memiliki laporan tentang statistik data konsumen yang tertarik membeli produk Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui reputasi bisnis Anda sejauh apa. 

Nah, itulah ulasan kali ini mengenai apa itu buzzer dan keuntungannya sebagai media promosi. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa buzzer, pastikan Anda memperhatikan kriteria yang dibutuhkan untuk mendongkrak bisnis Anda. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *