Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Kenali Love Bombing! Manipulasi Cinta dan Bahayanya

Love Bombing adalah sebuah tindakan yang romantis namun perlu Anda waspadai. Keromantisan dalam hubungan Anda dengan pasangan Anda tentunya akan menambah keharmonisan hubungan. 

Romantisme, perhatian, dan memberikan segala sesuatu yang pasangan inginkan memang terkesan sangat indah. Namun Anda harus tetap waspada dengan tindakan yang termasuk dalam love bombing ini.

Baca Juga: 8 Aplikasi Cari Jodoh Paling menarik

Yuk kenali apa itu Love Bombing agar Anda mengetahui apa yang pasangan Anda lakukan.

Arti dari Love Bombing

love bombing
image by: pexels

Love Bombing adalah sebuah tindakan mencintai yang dilakukan oleh pasangan berupa kasih sayang yang terkesan berlebihan. Orang yang melakukan Love Bombing akan memberikan hadiah kepada Anda secara berlebihan seperti memberi perhatian, pujian, hadiah, ataupun hal lainnya.

Love Bombing memang indah namun sebenarnya ini adalah sebuah tipu muslihat saja. Biasanya perilaku ini dilakukan oleh seorang sosiopat, narsistik, dan seorang manipulator.

Tujuan Love Bombing

love bombing
image by: pexels

Love bombing adalah sebuah tindakan dari pasangan yang bertujuan untuk memanipulasi hubungan. Hal ini berguna untuk mendapatkan segala hal yang diinginkan oleh pelaku Love Bombing.

Tindakan ini dilakukan untuk menciptakan suasana hubungan yang penuh dengan cinta sehingga korban tidak memahami apa maksud dari hubungan tersebut.

Anda tidak akan menyadari tindakan ini melainkan Anda akan merasa sangat nyaman. Justru orang lain akan menilai hubungan Anda dan pasangan Anda terlihat cukup janggal. Anda akan kebingungan dengan persepsi mereka mengenai hubungan Anda.

Baca Juga: 6 Alasan Anda Harus Berpetualang Alam Bebas

Ketika terjadi konflik dalam hubungan Anda, pelaku Love Bombing akan memiliki sikap sangat dramatis dan akan menyatakan bahwa ia sangat mencintai Anda. Hal ini bertujuan untuk tetap menjalin hubungan dengan Anda.

Permasalahan yang telah dilakukan oleh pelaku tidak akan mengubah perilaku mereka walaupun telah meminta maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya. Love Bombing hanya ditujukan sebagai alat untuk mengontrol Anda tanpa mengubah tabiat buruk pelaku.

Hati-Hati dengan Hati yang Terkena Love Bombing

love bombing
image by: pexels

Love Bombing adalah sebuah tindakan yang membuat Anda merasa bingung dan terkekang. Anda akan menanyakan apakah tingkah dan perilaku yang dilakukan oleh pasangan Anda adalah bentuk kasih sayang atau merupakan perilaku yang mengganggu.

Hubungan seperti ini biasanya dimulai sejak awal PDKT dan akan timbul lagi ketika terjadi konflik. Anda harus waspada apabila pasangan Anda meminta maaf dengan sikap yang meremehkan, berjanji tidak mengulanginya lagi, dan mengirimi Anda dengan hadiah yang berlebihan.

Baca Juga: Ini Bahan dan Cara Packing Barang yang Benar

Faktor Love Bombing

love bombing
image by: pexels

Menurut Dianne Grande Ph.D., dari psychology Today, terdapat banyak sekali faktor yang dapat memengaruhi seseorang untuk mengembangkan tindakan Love Bombing. Faktor tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut;

1. Budaya kasih sayang dalam keluarga bersifat ekspresif

2. Pelaku merasakan kesepian

3. Pelaku berkeinginan untuk mempunyai hubungan yang berkembang dengan cepat

4. Pelaku memiliki keinginan untuk memanipulasi

5. Pelaku memiliki keinginan untuk memengaruhi

6. Pelaku memiliki keinginan untuk meraup keuntungan tertentu dari pasangannya

Tahap Love Bombing

love bombing
image by: pexels

Terdapat setidaknya 3 tahapan Love Bombing, yaitu;

1. Idealisasi

Tahapan pertama dalam Love Bombing adalah memuji Anda dalam berbagai aspek. Tahap ini akan membuat Anda tersadar bahwa hubungan yang Anda jalin terlalu cepat.

2. Devaluasi

Tahap ini akan membuat pasangan Anda untuk menunjukan sikap yang halus dan kasar dengan bergantian. Banyak kasus yang menemukan bahwa pasangan yang Love Bombing akan menunjukan kash sayang di tempat umum dan akan kasar pada waktu berduaan.

3. Meninggalkan

Tahap ini akan membuat Anda ditinggalkan apabila Anda tidak dapat memenuhi segala kebutuhan pelaku.

Baca Juga: Fenomena Viral Kidult: Faktor dan Dampaknya

Ciri Pelaku Love Bombing

love bombing
image by: pexels

Pemberian kasih sayang dan menunjukkan sikap romantis kepada pasangan adalah hal yang sangat wajar dan bahkan dituntut. Kendati demikian, akan tidak wajar apabila kasih sayang dan sikap romantis itu diberikan secara berlebihan. Yuk kenali ciri-ciri perilaku Love Bombing;

– Hadiah yang diberikan oleh pelaku akan diberikan secara berlebihan

– Tidak henti-hentinya untuk memuji Anda

– Selalu membombardir Anda dengan pesan-pesan hingga menghubungi Anda lewat telepon setiap hari

– Ingin diperhatikan secara penuh dan akan tantrum apabila Anda tidak berfokus kepadanya

– Anda akan diyakinkan terus menerus bahwa Anda lah belahan jiwanya

– Anda akan terus menerus dimanipulasi sampai pelaku mendapatkan apa yang dia inginkan

– Posesif atau mengikat Anda hingga tidak ada batasan privasi

Baca Juga: Tips Bisnis Ekspor Untuk Pemula

Ingin Keluar dari Hubungan Love Bombing?

love bombing
image by: pexels

Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan kesadar bagi Anda untuk mengetahui apa itu Love Bombing. Apabila Anda mendapati ciri-ciri pelaku Love Bombing pada pasangan Anda, sebaiknya Anda tidak perlu terburu-buru untuk mengakhiri hubungan.

Konsultasikan hubungan Anda ke orang yang Anda percaya seperti sahabat, keluarga, ataupun psikolog. Simpan nomor darurat yang dapat Anda hubungi apabila pelaku melakukan suatu tindakan yang dapat membahayakan Anda.

Kini Anda telah memahami apa arti dari Love Bombing dan dapat mengidentifikasi cirinya. Pahamilah perbedaan mencintai dengan tulus dan mencintai dengan maksud Love Bombing.

“Waspadalah! Waspadalah”

– Bang Napi

Artikel Ini Ditulis Oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

https://www.klikdokter.com/psikologi/relationship/ciri-dan-dampak-perilaku-love-bombing-dalam-sebuah-hubungan

https://www.popbela.com/relationship/dating/fitria-risnadinar-cika/apa-itu-love-bombing-tanda-dan-kenapa-berbahaya

× Customer Service