Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Kenali Pengiriman Kargo, Tips dan Keuntungannya!

pengiriman kargo

Table of Contents

Jasa ekspedisi memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi masyarakat. Jasa ekspedisi ini memiliki berbagai macam layanan yang bisa digunakan. Salah satu layanan yang sering digunakan oleh masyarakat adalah pengiriman kargo. Berkat adanya layanan ini, pengiriman barang dari satu kota ke kota lainnya menjadi semakin mudah.

Layanan pengiriman kargo memberikan dampak besar, baik itu bagi masyarakat umum maupun pelaku usaha. Melalui layanan pengiriman ini masyarakat dapat melakukan pemesanan produk dalam jumlah yang besar dan harganya pun jauh lebih terjangkau. Selain itu, masyarakat juga semakin mudah dalam memenuhi kebutuhannya. Langsung saja kita mengenal pengiriman kargo, tips dan keuntungannya berikut ini.

Baca Juga : Sebelum Kirim Barang, Kenali Dulu 3 Jenis Ekspedisi Kargo ini

Pengertian Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo adalah layanan ekspedisi barang yang lebih mengutamakan atau memprioritaskan pengiriman dalam jumlah besar. Umumnya, layanan ini memiliki berat minimum yang harus dicapai, misalnya saja mencapai 10 kilogram. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan layanan pengiriman tersebut. Biasanya, berat minimum ini telah disesuaikan dari pihak ekspedisinya.

Sistem pengiriman ini cukup sederhana, yakni dengan menggunakan sarana pengiriman berupa kendaraan darat maupun laut dan membutuhkan waktu lama. Lama pengirimannya bisa memerlukan waktu antara 3 sampai 15 hari. Lama pengirimannya ini berkaitan dengan beberapa faktor, salah satunya biaya. Selain itu, layanan pengiriman ini akan mengantarkan barang sampai ke rumah.

Cara Pengiriman Kargo

Dalam menggunakan layanan pengiriman ini, terdapat cara atau prosedur yang mesti Anda pahami. Melalui cara pengiriman yang tepat, maka barang Anda akan cepat sampai dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Pengiriman yang tidak sesuai, sudah barang tentu akan merugikan Anda. Supaya tidak salah, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan.

  • Pertama, booking shipment atau melakukan perjanjian pengiriman. Sebelum itu, pastikan Anda sudah melengkapi data-data seperti foto copy KTP, SPPKP, NPWP dan lainnya.
  • Selanjutnya, penerimaan serta pemeriksaan container empty.
  • Cara berikutnya, menentukan berat maksimum dari isi kontainer yang akan Anda gunakan.
  • Perhatikan untuk barang-barang yang mudah rusak, seperti buah, sayur, telur, dan lain sebagainya.
  • Perhatikan pula ketentuan untuk pengiriman benda cair dalam tangki.

Tips Pengiriman Kargo

Selain memperhatikan cara-caranya, supaya semakin mudah dan lancar, terdapat tips sederhana yang bisa Anda terapkan. Sebenarnya, penggunaan layanan pengiriman ini sangatlah mudah. Selain jumlah muatan barangnya terdapat beberapa hal lainnya yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan. Berikut inilah beberapa tips pengiriman kargo.

  • Pertimbangkan reputasi perusahaan yang akan Anda gunakan. Semakin bagus reputasi perusahaan tersebut, semakin baik pula pelayanannya.
  • Perhatikan jangkauan pelayanannya. Ada baiknya, Anda menggunakan layanan dengan jangkauan luas, tak terkecuali desa terpencil.
  • Cermati skema tarifnya. Ada baiknya untuk menggunakan jasa ekspedisi yang menawarkan harga terjangkau, dengan begitu Anda tidak akan rugi.
  • Pertimbangkan estimasi waktu pengirimannya dengan akurat.

Keuntungan Pengiriman Kargo

Pada dasarnya, ketika menggunakan layanan pengiriman ini, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Namun, keuntungan ini berdasarkan jenis kargo yang Anda gunakan. Terdapat beberapa jenis kargo, seperti darat, laut, hingga udara. Supaya tidak bingung memilih salah satu dari jenis layanan pengiriman ini, berikut adalah keuntungan-keuntungannya.

  • Darat: pengiriman over the road dengan biaya yang lebih murah, pengiriman yang lebih fleksibel dari pintu ke pintu.
  • Kereta Api: fleksibel, timeline dapat Anda prediksi, lebih ekonomis.
  • Udara: pengiriman yang super cepat, jangkauan yang lebih luas, lebih rendah risiko.
  • Laut: biaya pengiriman ekonomis, sangat ideal untuk pengiriman barang besar dan berat.

Baca Juga : Bill of Lading: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Demikianlah pembahasan lengkap terkait pengiriman kargo, mulai dari pengertian, tips hingga keuntungannya. Melalui informasi ini, semoga bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis yang berkaitan dengan pengiriman barang supaya semakin mudah dan lancar. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *