Keuntungan Bisnis Konveksi di Era Serba Online

Last Updated on 20 Februari 2024

keuntungan bisnis konveksi

Era digitalisasi membawa perubahan pada banyak kegiatan kita sehari-hari salah satunya berbisnis. Banyak bisnis melakukan digitalisasi guna menjangkau pasar yang lebih luas dan memberikan efisiensi pemesanan produk untuk pelanggan.

Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh bisnis konveksi. Bagi Anda yang ingin memulai atau sudah menjalankan bisnis konveksi, pada era digital saat ini Anda akan diberikan berbagai keuntungan dan kemudahan.

Tidak hanya dalam hal pemesanan dan pemasaran, digitalisasi bisnis konveksi juga diterapkan pada proses produksinya. Biaya operasional seperti bahan bakar, biaya kendaraan, hingga biaya lain mampu ditekan selama produksi berlangsung. 

Banyaknya keuntungan bisnis konveksi di era digital ini akan kami jabarkan secara detail melalui poin-poin berikut ini, simak keuntungannya bagi Anda yang ingin memulai bisnis konveksi!

jasa-sewa-truk-mebel

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Garmen dan Konveksi yang Banyak Orang Belum Ketahui!

5 Keuntungan Bisnis Konveksi di Era Serba Online

Berikut lima keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika mendigitalisasi atau membangun bisnis konveksi di era serba online saat ini. 

1. Digitalisasi Produksi

Keuntungan pertama yang Anda dapatkan adalah efisiensi produksi. Melalui sistem digital efisiensi produksi akan jauh lebih cepat. Proses produksi seperti manajemen pemesanan hingga proses produksi produk dapat terhubung pada era digital saat ini. 

Data pesanan pelanggan, stok produk atau inventaris, bahan baku produk yang tersedia, hingga jadwal pembuatan dan pengiriman produk dapat terpantau oleh sistem digital saat ini. Sehingga proses produksi akan jauh lebih cepat, mudah, dan dapat dikelola dengan baik. 

2. Media Sosial Sebagai Promosi 

Selain dari segi produksi, pada era digital saat ini sangat mudah untuk melakukan promosi. Sosial media sebagai salah satu platform yang kini banyak dilihat dan digunakan oleh masyarakat dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang baik. 

Lewat instagram, TikTok, hingga youtube Anda dapat membagikan postingan foto produk hingga review dari pelanggan yang diperlihatkan pada sosial media menjadi salah satu cara agar bisnis konveksi Anda mendapatkan perhatian dan menimbulkan kesan yang baik pada calon pelanggan bahkan investor. 

3. E-Commerce Jangkau Seluruh Pelanggan 

Tidak dipungkiri toko-toko online kini menjadi platform yang sangat digemari oleh masyarakat. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik bisnis konveksi dapat menaruh berbagai macam produk fashion di e-commerce.

Melalui platform ini, Anda dapat menjangkau berbagai kalangan serta memberikan akses yang lebih luas bagi konsumen. E-commerce juga mampu membantu Anda dalam mengorganisir pemesanan dari pelanggan.

Hal ini sangat memungkinkan karena biasanya, e-commerce, menyediakan fitur seperti pemilihan produk, pemilihan warna, desain, hingga pembayaran yang jauh lebih mudah efisien.

4. Membantu Analisis Data Pemasaran Hingga Penjualan 

Dengan menganalisis trend, topik viral, hingga perilaku konsumen sangat membantu dalam menentukan strategi pemasaran hingga menganalisis hasil penjualan, yang tujuannya untuk mengembangkan produk bisnis konveksi. 

Pada era digital saat ini, analisis tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan mudah melalui website maupun sosial media. Jadi Anda tidak lagi perlu khawatir akan rencana pemasaran yang kurang tepat karena tidak didasari oleh data yang jelas. 

5. Efisiensi Pengiriman 

Keuntungan terakhir yang akan Anda dapatkan adalah efisiensi pengiriman. Kini, di era digitalisasi jasa ekspedisi dan cargo dapat dipesan secara daring menggunakan layanan door to door, sehingga pengiriman produk konveksi Anda akan jauh lebih efisien. 

Pengiriman yang efisien sangat menguntungkan Anda. Selain menekan biaya operasional seperti kendaraan dan bahan bakar, dengan jasa pengiriman ini waktu akan jauh lebih efisien dan dapat dialihkan ke pengembangan bisnis ataupun proses produksi. 

Baca Juga: Tips Membuka Usaha Sablon Agar Mendapatkan Profit Yang Tinggi 

Penutup

Di atas merupakan 5 keuntungan bisnis konveksi pada era serba online atau era digitalisasi. Berbagai aspek sangat dipermudah saat ini, mulai dari promosi, penjualan, hingga proses produksi dapat dilakukan dalam satu waktu yang sama. terIntegrasi langsung oleh sistem membuat semuanya saling berkaitan, sehingga prosesnya jauh lebih mudah dan efisien. 

Selain sistem digital untuk pemasaran dan penjualan, pengiriman produk konveksi Anda perlu dilakukan digitalisasi. Melalui satu aplikasi, kirim berbagai produk Anda ke berbagai pelosok Indonesia. 

TrawLbens sebagai jasa ekspedisi dan cargo menyediakan layanan TrawLtruck yang dapat Anda pesan hanya dengan satu aplikasi. TrawLtruck menawarkan Anda jasa sewa truk murah guna pengiriman produk konveksi. 

Sebagai penyedia aplikasi logistik pertama di Indonesia, TrawLbens memberikan Anda layanan yang cepat, mudah, dan aman. Jadi tunggu apa lagi? segera unduh aplikasi TrawLbens lewat Playstore dan Appstore, lalu pesan layanannya sekarang juga!