Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Kondisi Terkini Tiko Setelah Mendapat Simpati Orang Banyak!

Kisah Tiko yang bernama asli Pulung Mustika Abima memang diketahui sangat menyayat hati. Bagaimana tidak seorang remaja berumur 23 tahun memilih terus merawat dan menjaga ibunya yang memiliki gangguan ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa). Kisahnya mendapatkan banyak simpati dari kalangan masyarakat, salah satunya adalah publik figur Indonesia.

Kisah Haru Tiko dan Ibu Eny

v7sfDF68A0GliiDNjZW1L7RQIC6V2nOUOOtl2oNSd1deRpKzSHP KM00VYaR0yZyhBsjhKWrM56U1nFiwB 19ubUpNXQSnQphY0H4JNtTDsjj47MtYSqWi1NaMyDVj3nEZdKF9dbnCRngVSeZNEJ pnoS72QtsY7747bSdcD0WvsqdU4XKvDIgVfgus w
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=-vLvy-h_K0g&t=80s

Ibu Eny telah di urus seorang diri oleh anaknya sejak Tiko menduduki bangku kelas 6 Sekolah Dasar (SD). Ibu Eny menginap gangguan ODGJ sejak ditinggalkan oleh suaminya yang bernama Herman Susanto. Sebelumnya ibu Eny dalam keadaan sehat tetapi setelah 2 tahun lamanya ditinggalkan oleh suaminya, ia mulai mengalami gangguan ODGJ. Walaupun ibu Eny mengalami gangguan jiwa, Tiko tetap bersikukuh menjaga dan merawat ibunya seorang diri tanpa bantuan dari orang lain.

Tiko mulai putus sekolah setelah bangku sekolah menengah pertama di laluinya. Ibunya memutuskan Tiko untuk berhenti bersekolah karena tidak memiliki penghasilan untuk biaya bersekolah ke jenjang berikutnya. Bagaimana ingin bersekolah duit hasil berjualan saja tidak cukup untuk memenuhi tunggakan biaya listrik rumah, sehingga selama bertahun-tahun Tiko dan Bu Eny tidak menggunakan listrik dan tidak memiliki air bersih untuk digunakan. 

Respon Publik Figure!

Kisah tersebut ternyata mendatangkan respon banyak dari kalangan masyarakat. Contohnya dari kalangan artis, Ashanty istri Anang Hermansyah memberikan tanggapan bahwa kisah Tiko sama dengan kisah nya semasa kecil. Didalam podcastnya di kanal Youtube Ngobrol Asix pada tanggal 8 Januari 2022, ia berbincang dengan Tiko mengenai kisah hidupnya, video tersebut terposting dengan waktu 21.40 menit lamanya. 

Berbeda dengan kanal youtube di The Hermansyah A6 pada tanggal 8 Januari 2022. Video tersebut dibuka dengan tim Ashanty yang datang mengunjungi rumah Tiko. Selanjutnya Ashanty berbincang dengan Tiko secara lebih santai tanpa script dan menawarkan pekerjaan kepada Tiko. 

Kondisi Terkini Tiko dan Ibu Eny?

Banyak pihak yang memberikan simpati kepada Tiko. Hingga kini ibu Tiko telah di tempatkan di rumah sakit dan telah didampingi oleh pihak psikiater dari RSUD Duren Sawit, sehingga Tiko berharap ibunya dapat segera sembuh dari gangguan ODGJ. Rumah yang ditempati oleh Tiko dan ibunya yang bertempat di Cakung, Jakarta Timur, telah dibersihkan oleh pihak yang membantu Tiko, kondisi rumah pun menjadi lebih bersih, terang dan tidak menyeramkan lagi.

× Customer Service