Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

3 Konsep Dasar Memulai Usaha di Media Sosial

berjualan lewat sosial media

Masih segar diingatan kita, dahulu sebelum membuka usaha toko, selain stok barang dan jumlah karyawan, lokasi adalah salah satu faktor penting yang harus dipikirkan. Tetapi kini seakan itu semua tidak menjadi masalah lagi. Karena semua sekarang serba online, dimanapun dan kapanpun anda bisa berjualan hanya lewat smartphone anda.

Menurut penelitian, banyak bisnis usaha saat ini sudah beralih ke online, platform-platform belanja online dan media sosial biasanya menjadi tempat favorit mereka menjajakan dagangannya. Dan berkat itu pula muncul lah usaha-usaha baru yang sebelumnya tidak ada di jaman sebelum smartphone ada.

Mulai beralihnya segala jenis usaha dari offline ke online membuat kebutuhan sewa ruko, kantor dan stok barang menjadi kurang diminati orang. Karena dengan hanya berjualan di media sosial, orang akan mendapatkan untung yang sama dengan yang menyewa tempat.

Lalu bagaimana kiat-kiat memulai usaha di media sosial? Simak artikel ini sampai habis

1. Smartphone is Everything

Jika kita melihat keadaan sekarang ini, anak muda cenderung dalam mengakses internet lebih sering menggunakan smartphone nya ketimbang media lainnya.

Praktis, segala kebutuhan anak muda sekarang hampir semuanya dapat dilakukan di genggaman mereka.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Modal, Serius Pasti Cuan!

Contoh sederhana adalah saat berbelanja, anak muda jaman sekarang tinggal mengakses marketplace atau toko online dari smartphone mereka, bahkan pembayaran juga dapat langsung dilakukan lewat smartphone juga. Jadi mereka tinggal menunggu pesanannya datang.

Melihat keadaan ini kita bisa simpulkan, mempunyai smartphone adalah langkah awal yang sangat penting sebelum membuka toko online. Karena dengan smartphone, anda bisa mengelola toko online anda dengan lebih mudah.

2. Fokus Pada Satu Media Sosial

fokus pada satu sosmed

Di internet, kita disuguhkan oleh banyaknya platform media sosial yang bisa di akses secara gratis. Sebut saja diantaranya adalah Instagram, Twitter, Facebook, Youtube dan banyak lagi.

Tetapi untuk sukses di usaha berbasis online, anda harus fokus hanya kepada satu platform media sosial. Karena percayalah, jika anda berjualan di banyak media sosial hanya akan membuang-buang energi saja untuk mengurus semua media sosial.

Misalnya saja sebuah UKM memiliki 4 platform media sosial untuk berjualan, diantaranya Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook. Tentunya keempat media social tersebut harus aktif membagikan konten setiap hari. Tetapi dengan banyaknya media sosial yang anda kelola, paling banter anda hanya mampu membuat konten di masing-masing media sosial 2 kali seminggu. Jika seperti itu, maka feed media sosial anda terlihat tidak menarik. Tapi bayangkan jika anda fokus pada 1 platform media sosial, anda dapat membuat konten setiap hari pada satu channel, dan itu akan lebih menarik dilihat oleh customer.

3. Jangan Kesampingkan Konteks

Ketika  orang mengikuti atau dalam bahasa internet “memfollow” sebuah akun, orang tersebut harus punya alasan kuat kenapa dia memfollow akun tersebut. Oleh sebab itu membuat konten yang menarik adalah suatu keharusan untuk anda yang ingin mendapatkan lebih banyak followers.

Baca juga: Sosial Media Merubah Tren Interaksi Konsumen di Masa Pandemi Covid-19

Buatlah konten yang pada informasi serta relevan dengan kebutuhan untuk para followers Anda. Jika berkaca kepada selebgram (sebutan untuk artis yang terkenal di instagram), mereka terkenal karena awalnya fokus dan membagikan konten-konten yang menarik di satu platform media sosial. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa fokus di satu media sosial itu sangat ampuh dalam mendapatkan banyak audiens.

Demikianlah 3 konsep dasar sebelum memulai buka usaha online. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil dalam usaha online anda.

× Customer Service