Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Latto-latto: Permainan Viral Hingga Dilarang di Mancanegara

mainan viral lato lato apa itu

Latto-latto adalah sebuah permainan anak yang mendadak viral di tengah-tengah era permainan digital. Awalnya, latto-latto adalah sebuah permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak era 60-an. 

Kini, lato-lato adalah sebuah permainan yang sering dipermainkan oleh anak zaman sekarang. Anda akan sering menemukan anak-anak yang bermain latto-latto di berbagai perumahan dan juga berseliweran di media sosial, bahkan latto-latto diperlombakan di beberapa tempat.

Latto-latto Itu Apa Sih?

pak ridwan kamil dan pak jokowi bermain lato lato
image by: https://awsimages.detik.net.id

Sebenarnya latto-latto adalah permainan yang terdiri dari dua buah bola plastik yang diikatkan pada seutas tali. Tidak lupa juga tali tersebut diikatkan kepada suatu cincin agar mudah dipegang. Ketika bola tersebut diayunkan, maka akan membentur satu sama lain dan mengeluarkan bunyi berupa “Tak Tak Tak”.

Biasanya para pemain akan mengadu kedua bola tersebut sekeras mungkin hingga hancur. Bahkan ada yang mengadu seberapa lama bola diayunkan hingga berjam-jam.

Baca Juga: 20 Ide Jualan Makanan yang Dijamin Laku Tiap Hari!

Negara yang Melarang Latto-Latto

lato- lato
image by: https://headtopics.com

Beberapa negara sebenarnya telah melarang permainan ini seperti Amerika Serikat yang menyebutnya dengan nama “Clackers Ball” pada tahun 1985 dan Indonesia pada tahun 80-an. 

Beberapa alasan yang kuat mengapa permainan ini dilarang adalah cenderung melukai. Baik saat bola sedang diayunkan maupun ketika bola terhancurkan. Serpihan cenderung akan meledak dan menghujani anak-anak dengan serpihan plastik tajam. Selain itu, pada tahun 1960-1970 di Amerika Serikat, latto-latto terbuat dari kaca.

Mesir juga melarang peredaran mainan ini pada tahun 2017. Diketahui, polisi melarang pedagang untuk memperdagangkan permainan ini walaupun pada saat itu latto-latto tengah naik daun. Alasannya permainan ini dianggap menghina presiden Messir kala itu, yaitu Presiden Abdel Fattah Al-Sisi. Mengapa demikian? Karena permainan tersebut dinamai “pendulum Sisi” atau “Zakar Sisi”.

Baca Juga: 7 Tips Jadi Pengusaha Sukses Di Bidang Cargo Logistik

Tips Bermain Latto-latto dengan Aman

lato lato merah
image by: https://media.suara.com

Banyak sekali risiko yang akan dijumpai apabila Anda atau buah hati Anda bermain latto-latto. Yuk simak tips aman bermain latto-latto-

  1. Pastikan kedua bola latto-latto seimbang dan Anda dalam posisi yang nyaman.
  2. Jepit bagian tengah latto-latto apabila tidak ada cincin sebagai pegangan jari Anda. Jepit menggunakan jari yang nyaman seperti antara jari telunjuk dan jari tengah.
  3. Pantulkan latto-latto dengan pola ayunan atas-bawah hingga menumbulkan bunyi yang khas. 

Sudah tertarikkah Anda dan keluarga untuk bermain latto-latto? Yuk segera beli dan bermain latto-latto bersama dengan orang-orang terdekat Anda.

Sumber/Referensi: 

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

https://purwokerto.suara.com/read/2022/12/27/200238/mendadak-viral-cara-main-latto-latto-pemula-langsung-jadi-pro

https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6487077/latto-latto-lagi-viral-begini-sejarah-cara-dan-tips-aman-mainnya

https://palu.tribunnews.com/2022/12/27/sejarah-latto-latto-pernah-populer-di-era-60-an-hingga-dilarang-dimainkan-di-luar-negeri?page=3

× Customer Service