Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Lebih Baik Makan Sebelum Olahraga atau Sesudah Olahraga?

Mengonsumsi makanan memang adalah kebutuhan utama suatu organisme. Tidak hanya manusia, tumbuhan, hewan, dan bahkan protozoa pun membutuhkan asupan nutrisi.

Asupan yang baik dapat menjaga kesehatan seorang manusia dan akan lebih baik lagi apabila diiringi dengan olahraga. Namun mana yang lebih baik? Makan dulu atau olahraga dulu sebelum makan?

Yuk simak artikel mengenai pembahasan waktu makan dan berolahraga yang baik menurut sains.

Apa itu Makan?

pengertian makan
image by: pexels

Makan adalah sebuah aktivitas yang dapat dijabarkan sebagai mengonsumsi suatu zat, baik padat maupun cair, dengan fungsi sebagai sumber daya energi pada tubuh. 

Makan berfungsi sebagai suatu sumber masukan energi yang berperan dalam aktivitas makhluk hidup baik secara aktif maupun pasif. Maksudnya, baik untuk pergerakan sehari-hari maupun untuk berpikir dan bertumbuh.

Lantas, mana yang lebih baik? Makan sebelum olahraga atau makan sesudah olahraga?

Baca Juga: 10 Tips Gerakan Olahraga Pengecil Perut

Makan Sebelum Berolahraga

Artikel dua wanita minuman sambil olahraga
image by: pexels

Ditinjau dari sudut pandang psikologis, memakan makanan yang bersifat liquid dengan kalori sebesar makanan solid dapat menggantikan peran dari makanan solid tanpa mengubah performa latihan sehari-hari.

Selain itu, terdapat pandangan subjektif oleh para atlet yang merasakan perasaan lega dan aman dari rasa lapar apabila mengonsumsi makanan cair. 

Makanan cair dapat dikonsumsi persis sebelum pertandingan berlangsung apabila sesuai dengan dosis yang diperlukan. Langkah ini diambil karena mengonsumsi makanan liquid adalah sebuah pengalaman baru bagi para atlet.

Perlu digarisbawahi bahwa menu makanan sebelum pertandingan tidak seputar pantangan dan kewajiban pangan yang ada dalam hidangan. Hal terpenting adalah makanan yang dihidangkan tidak boleh berbeda drastis dari apa yang biasa dikonsumsi. 

Baca Juga: 11 Makanan Khas Kudus yang Terkenal Enaknya

Makan Setelah Berolahraga

olahraga dulu daripada makan
image by: pexels

Idealnya, makan makanan padat dilakukan pada waktu 15-30 menit setelah berolahraga. Hal ini difungsikan untuk mengganti energi yang terkuras dalam tubuh.

Sebaiknya Anda mengonsumsi pangan yang mengandung karbohidrat untuk mengganti zat glikogen dalam tubuh dan protein. Glikogen berperan sebagai sebuah zat penyimpanan glukosa atau energi cadangan, sedangkan protein berfungsi untuk membangun massa otot dalam tubuh. 

Terdapat penelitian yang telah dilakukan terhadap konsumsi makanan setelah berolahraga dan nutrisi apa yang diperlukan.

Riset yang telah dilakukan oleh The Colorado State University Extension menyatakan bahwa makanan yang baik setelah olahraga sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, dan sedikit lemak.

Sedangkan riset yang telah dilakukan oleh The Academy of Nutrition and Dietetics meyatakan bahwa segelas cokelat dengan kadar lemak yang rendah dapat menjadi makanan yang tepat untuk dijadikan sebagai selingan berolahraga. 

Baca Juga: 6 Barang yang Baiknya Dikirim Lewat Jasa Ekspedisi

Kedua riset ini sama-sama menghasilkan informasi bahwa yang paling wajib diperhatikan adalah waktu makan, besarnya porsi, dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Nutrisi yang cukup diperlukan untuk mempertahankan fungsi dan performa tubuh. Apabila Anda memperhatikan keseluruhan nutrisi yang dikonsumsi sebelum dan setelah berolahraga, Anda dapat memaksimalkan performa berolahraga untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh.

Lantas, bagaimana cara penyajian makan yang tepat?

Penyajian Makan yang Tepat

lontong balap surabaya
Images by: kompas.com

Olahraga akan semakin maksimal apabila Anda dapat menyajikan makanan dengan baik dan benar. Yuk simak apa saja faktor yang harus Anda perhatikan dalam menyajikan makanan;

1. Penuhi syarat keperluan gizi (nutrisi dalam menu harus seimbang)

2. Higienis

3. Menarik

4. Memiliki berbagai macam variasi

5. Disesuaikan dengan cita rasa pengonsumsi

6. Sesuai dengan makanan yang diperbolehkan oleh agama pengonsumsi

7. Sesuai dengan makanan yang biasa dikonsumsi oleh pengonsumsi

8. Terdiri dari berbagai macam bahan makanan yang biasa dikonsumsi pengonsumsi

9. Mengutamakan faktor kepuasan dari pengonsumsi tanpa mengurang harga diri pengonsumsi

10. Sesuaikan volume makanan sesuai kapasitas lambung pengonsumsi

Sudah pahamkah Anda mengenai bagaimana waktu mengonsumsi nutrisi dengan diiringi oleh olahraga yang seimbang? Dengan ini, Anda juga dapat meningkatkan performa dalam bekerja.

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise Makanan Recomended!

Anda juga dapat mengirimkan berbagai macam barang mulai dari berat 10 kg menggunakan layanan ekspedisi Trawlpack dari Trawlbens. Layanan ini juga memiliki rute dari dan ke seluruh wilayah di Indonesia. Salah satu rute yang dapat Anda gunakan adalah rute ekspedisi Jakarta Semarang.

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

https://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/2518-lebih-baik-mana-makan-sebelum-olahraga-atau-setelah-olahraga

https://hellosehat.com/nutrisi/gizi-olahraga/makan-sebelum-olahraga-atau-setelah-olahraga/

× Customer Service