Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Macam-macam Gaya dalam Berenang

Macam-macam Gaya dalam Berenang

Olahraga renang adalah sebuah olahraga di cabang akuatik karena berkaitan dengan air. Renang memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Pada renang, terdapat berbagai macam gaya yang dapat Anda pelajari dan Anda lakukan. 

Tiap gaya memiliki ciri khasnya tersendiri dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Setidaknya terdapat 7 macam gaya yang dapat Anda pelajari. Yuk simak macam-macam gaya renang berikut dengan cara dan manfaatnya;

Baca Juga: Renang Sebagai Olahraga yang Segar dan Menyenangkan

1. Gaya Bebas

renang Gaya Bebas
image by: https://www.pexels.com

Gaya bebas merupakan sebuah gaya dalam berenang dengan posisi dada menghadap kepada permukaan air. Posisi tangan dan kaki digerakan dan diayunkan kebelakang secara bergantian dan memposisikan dada menapak pada permukaan air. 

Pada gaya bebas, kedua kaki bergerak bergantian dan dapat diumpamakan seperti gunting. Posisi kepala cukup mengikuti ayunan gerakan tangan dengan tujuan untuk mengambil napas dan mengembalikan posisi kepala ke dalam air.

2. Gaya Punggung

renang gaya punggung
image by: https://unsplash.com

Gaya punggung memiliki gaya yang sesuai dengan namanya sendiri. Perenang memposisikan diri seperti tiduran diatas permukaan air.

Sama seperti gaya bebas, gaya punggung juga memiliki pergerakan tangan dan kaki yang sama. Hal utama yang membedakan gaya ini dengan gaya bebas adalah gaya punggung menuntut perenang untuk berenang seperti tiduran dengan punggung berada di bawah.

Baca Juga: Sepatu Berkualitas, Jogging Berkualitas

3. Gaya Dada atau Katak

renang Gaya Dada atau Katak
image by: https://www.wikihow.com

Gaya ini adalah gaya yang paling mudah untuk dilakukan dan dilatih kepada para pemula. Gaya katak atau gaya dada merupakan sebuah gaya pada renang yang memposisikan kepala dan dada diatas permukaan air.

Gaya renang dada atau katak mengharuskan perenang untuk mengayuhkan kedua kaki saat berenang seperti katak sungguhan. Saat gerakan ini, tangan Anda cukup diposisikan dengan lurus ke depan dan kepala berada di dalam air. 

Setelah itu, tangan akan mengayuh bersama dengan munculnya kepala keatas permukaan untuk mengambil napas. Saat posisi ini, kaki Anda cukup berdiam saja.

Baca Juga: Kiat Sukses Berolahraga Mulai Hari Ini

4. Gaya Kupu-kupu

renang Gaya Kupu-kupu
image by: https://www.pexels.com

Gaya ini adalah gaya yang memiliki penggabungan antara gaya dada atau gaya katak dengan mengayunkan kedua tangan dari bawah air ke bagian depan badan.

Gerakan tersebut sangat menyerupai kepakan sayap kupu-kupu. Gaya ini adalah gaya yang cukup sulit untuk dilakukan oleh pemula karena memerlukan kekuatan yang besar untuk mengayunkan kedua tangan.

5. Crawl atau Gaya Anjing

renang gaya Crawl atau Gaya Anjing
image by: https://unsplash.com

Gaya ini adalah sebuah gaya dengan teknik merangkak dan kadang disebut juga dengan gaya renang bebas. Gaya Crawl atau Gaya Anjing menggerakan tangan dengan diayunkan ke atas dan kemudian dimasukkan ke dalam air. Pada saat yang bersamaan, kaki digerakan seperti menendang-nendang.

Gerakan pada Gaya Crawl atau Gaya Anjing didasari oleh gaya kupu-kupu dan punggung. Posisi perenang pada gaya ini menghadap ke air dengan mengayunkan kedua tangan secara bergantian serta kaki digerakan seperti menendang air.

Baca Juga: Manfaat Berolahraga Secara Teratur Bagi Tubuh Anda

6. Gaya Samping

renang Gaya Samping
image by: https://www.enjoy-swimming.com

Gaya ini adalah gaya yang berbeda dari yang lainnya karena cenderung digunakan untuk keadaan darurat. Gaya ini cenderung memfokuskan perenang untuk mengutamakan efisiensi pergerakan dan energi saat berada pada rute renang yang panjang.

Posisi berenang menggunakan gaya samping memposisikan tubuh dengan cara memiringkan badan. Gaya ini menggunakan salah satu sisi tubuh saja pada satu waktu. Sisi yang lainnya dapat beristirahat dan penggantian sisi dilakukan sesuai dengan kebutuhan perenang. 

Posisi lengan akan mengikuti sisi tubuh yang sedang digunakan. Apabila tubuh pada posisi kanan yang berada di air, posisi tangan hendaknya lurus ke depan. Kaki akan bergerak seperti gunting dan dilakukan secara berulang kali. 

7. Gaya Trudgen

renang Gaya Trudgen
image by: https://i0.wp.com/aqzog.com

Gaya Trudgen adalah sebuah gabungan antara gaya samping dengan gaya bebas. Gaya yang satu ini mengharuskan perenang untuk menggerakan kaki seperti gunting di bawah permukaan air dan tangan diayunkan layaknya berenang gaya bebas. 

Gerakan ini menguntungkan perenang karena dapat bernapas tanpa harus membenamkan kepala ke dalam air.

Baca Juga: Tips Tepat Memilih Jasa Pengiriman Barang

Anda bisa menawarkan berbagai barang yang dibutuhkan untuk berenang dari industri di berbagai daerah ke beberapa lokasi strategis untuk para perenang. Pengiriman tentunya membutuhkan armada yang handal yang mampu mengantarkan barang yang diinginkan meliputi seluruh nusantara.Tentu saja Anda dapat menggunakan layanan TrawlPack dari Trawlbens. 

Layanan dari Trawlbens ini dapat mengirimkan berbagai barang dengan jumlah pengiriman minimal 10 kilogram dari dan ke seluruh wilayah di Indonesia. Anda dapat melakukan cek tarif ongkos kirim dan estimasi perjalanan melalui link di sini.

Buat apa Anda menunggu lagi? Segera gunakan layanan Trawlpack dari Trawlbens. 

Oleh: Faisal Tegar Febrian

× Customer Service