10 Makanan Khas Bandung yang Memanjakan Lidah

makanan khas bandung
image by: idntimes.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Bandung tak kalah terkenal dibanding dengan destinasi wisatanya.

Surganya belanja sekaligus kuliner, Bandung punya cita rasa yang berbeda dan beragam. Khas masyarakat Sunda, Bandung memiliki beberapa makanan khas yang rasanya lezat serta harganya terjangkau.

Rekomendasi Makanan Khas Bandung

Tidak hanya makanan berat, ada beberapa camilan yang juga wajib Anda cicipi jika berkunjung ke kota kembang ini.

Sebelum pergi berwisata ke Bandung, sebaiknya Anda simak dahulu deretan rekomendasi makanan Bandung untuk dicoba saat bertandang ke sana. Yuk, simak selengkapnya.

1. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
image by: cookpad.com

Olahan nasi tutug oncom ini merupakan makanan khas Bandung yang wajib dicoba jika Anda mampir di Bandung.

Nasi yang dicampur oncom dan ditambah dengan lauk pauk seperti ayam goreng, sambal, kerupuk, dan lalapan ini sangat menggugah selera jika dihidangkan selagi hangat.

Nasi ini memiliki cita rasa tersendiri karena rasa oncom yang gurih dan sambal pedas khas Bandung akan membuat wisata kuliner Anda lengkap.

Porsi makan di Bandung pun tergolong banyak dan harganya terjangkau. Cocok banget buat yang travelling budget minim, kuliner ini bisa jadi andalan.

2. Mie Kocok

mie kocok
image by: kompas.com

Hidangan mie kocok ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari jajaran makanan khas Bandung yang tentunya memanjakan lidah.

Sajian mie yang memiliki cara yang unik saat dimasak menjadi hal unik dari kuliner kota kembang satu ini. Makanan satu ini dihidangkan dengan topping.

Mie kocok ini disajikan bersama dengan bumbu spesial dan potongan kikil serta sum-sum dan ditambahkan dengan daun seledri dan bawang goreng.

Kuah dengan bumbu spesial ini akan membuat mie kocok asli Jawa Barat bisa membuat Anda ketagihan terus-menerus, lho.

3. Seblak

seblak
image by: IG

Siapa yang tidak mengenal jajanan seblak satu ini, dikenal dengan cita rasa yang pedas, camilan ini mampu menarik banyak peminat.

Olahan kerupuk aci yang dimasak dengan berbagai bumbu dan cabe ini ditambahkan dengan beberapa topping, seperti sosis, bakso, hingga ceker pedas.

Makanan khas Bandung ini menjadi salah satu yang terlaris bahkan kini sudah ada di beberapa tempat selain Bandung.

Uniknya sajian ini bisa dipilih sesuai selera, mulai dari topping hingga tingkat level kepedasan seblak, karena kuliner populer satu ini harus dimakan saat hangat dan pedas.

4. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca
image by: id.tastemade.com

Jawa Barat dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki makanan khas Bandung dari bahan sayur dan lalapannya.

Hidangan tradisional saru ini, bernama ulukutek leunca memiliki kandungan gizi, kalori, hingga vitamin dalam satu masakan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sangat sehat sekali, bukan?

Bahan makanan satu ini terbuat dari oncom dan leunca yang disajikan dengan rasa gurih dan pedas.

Namun ,dalam seporsi ulukutek leunca ini Anda akan mendapatkan sensasi rasa pahit dan pedas. Cocok banget dimakan dengan nasi hangat, ayam goreng, sambal, serta lalapan lainnya.

5. Bandros

Bandros
image by: merdeka.com

Kuliner jajanan bandros sangat terkenal di Bandung dan menjadi camilan tradisional yang nikmat.

Kue yang berbahan dasar dari campuran ketan dan tepung beras ini memiliki rasa gurih. Adonan kue satu ini mirip dengan pukis, namun memiliki rasa yang lebih gurih dan topping di atasnya.

Kalau dulu, makanan khas Bandung ini diberi gula pasir yang ditabur pada bagian atasnya. Untuk menambah cita rasa kekinian, bandros sudah divariasikan seperti penambahan topping coklat, silverqueen, hingga nutella dan keju. Kini makanan ini menjadi jajanan populer di semua kalangan.

6. Peuyeum

Nama peuyeum yang cukup unik menjadi salah satu makanan khas Bandung yang nggak kalah populer dan masih eksis hingga kini.

Makanan yang berbahan dasar tape singkong ini merupakan tape dengan memiliki kadar air lebih sedikit. Hal ini yang membuat peuyeum bisa bertahan lama.

Peuyeum ini bisa dimakan secara langsung lho atau digunakan sebagai berbagai macam camilan dengan berbahan dasar peuyeum.

Jika Anda pergi ke Bandung untuk berlibur, jangan lupa untuk membawa beberapa ikat makanan tradisional peuyeum ini untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

7. Cuanki

Camilan yang sangat populer di Bandung satu ini berisi aci, siomay, bakso, pangsit goreng dan pangsit rebus.

Namun, sajian ini tak memiliki tambahan mie kuning di dalamnya. Makanan khas Bandung ini biasanya disajikan dengan seledri dan daun bawang yang diletakkan di kuah gurih.

Jajanan cuanki ini kini banyak ditawarkan di beberapa penjual yang berkeliling bahkan kini sudah banyak penjualnya yang menjualnya dengan berbagai macam tambahan topping, seperti keju hingga tingkat level kepedasan. Bagi Anda yang ada di Bandung, jangan lupa cicipi jajanan satu ini juga, ya.

8. Colenak

Sajian colenak ini sangat asing bagi para wisatawan, makanan khas Bandung satu ini berbahan dasar tape bakar yang sangat lezat.

Meski tak banyak yang tahu, makanan ini cukup direkomendasikan untuk Anda yang tengah berwisata di Bandung. Camilan colenak ini cukup lezat jika dimakan sore hari.

Kuliner yang berbahan dasar tape singkong yang dibakar lalu dicocol dengan gula merah yang dipanaskan dan ditambah dengan parutan kelapa ini membuat rasanya semakin lezat. Makanan tradisional ini bahkan sudah ada sedari dulu.

9. Tahu Jeletot

Surganya kuliner, Bandung memiliki beragam makanan hingga camilan yang menggoyang lidah.

Salah satunya tahu jeletot yang cukup lezat satu ini, biasanya camilan ini disajikan dengan rasa yang gurih dan pedas. Cocok banget untuk camilan selama liburan di Bandung.

Tahu jeletot ini merupakan olahan tahu goreng yang memiliki isian di bagian dalamnya. Isiannya ini merupakan sayuran seperti wortel, sayur kol, hingga daging sapi.

Makanan khas Bandung satu ini wajib Anda bawa pulang untuk oleh-oleh jika pergi ke Bandung, dijamin pasti ketagihan.

10. Surabi

Salah satu camilan tradisional Bandung yang masih ngehits hingga kini. Tak Hanya warganya, namun banyak orang di luar Bandung juga memburu jajanan tersebut.

Kue yang lezat ini cocok disajikan saat pagi dan sore hari, pas banget dikonsumsi saat masih panas dan baru saja dimasak.

Jajanan ini ditambahkan topping yang beragam seperti coklat, keju, hingga surabi dengan topping oncom.

Camilan tradisional ini kini masih menjadi hits, tentunya dengan tambahan topping baru seperti nutella hingga oreo. Surabi sangat cocok dijadikan teman ngobrol di perjalanan wisata Anda di Bandung.

Pecinta kuliner, bagaimana? Sudah pada ngiler dengan makanan khas Bandung yang mana nih? Selain surganya belanja, Bandung juga gudangnya kuliner yang sangat lezat.

Jika Anda memiliki kesempatan untuk berlibur ke Bandung, deretan makanan di atas wajib dicoba.

Kuliner yang cukup beragam, mulai dari makanan berat hingga camilan yang memiliki rasa unik bisa Anda coba langsung dari kota asalnya.

Bahkan Anda bisa membawakan oleh-oleh khas Bandung seperti surabi, peuyeum, dan gehu jeletot untuk keluarga tercinta yang tengah menunggu di rumah.

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Sentul Paling Hits Saat ini!
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Samarinda Hits & Kekinian