9 Makanan Khas Banjarmasin yang Wajib Coba!

Makanan Khas Banjarmasin
Images by: Borneo24.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Banjarmasin menjadi bagian dari wisata nusantara yang menambah kebanggaan akan kuliner khas daerah yang menawan.

Banjarmasin terkenal dengan sebutan kota seribu sungai, karena memiliki topografi wilayah yang terdiri dari sungai-sungai dengan berbagai nilai sejarah di dalamnya.

Kekayaan kuliner yang dimiliki Banjarmasin sudah tersohor hingga ke seluruh Nusantara bahkan mancanegara. Hal inilah yang membuat Banjarmasin sering dijadikan sebagai tujuan wisata para wisatawan.

Makanan Khas Banjarmasin yang Wajib Dicicipi

Banjarmasin dikenal sebagai kota yang memiliki hasil laut cukup banyak. Sebagian penduduk lokalnya berprofesi sebagai nelayan. Hasil tangkapan tersebut dijual kembali agar mampu menopang perekonomian penduduk.

Berbagai bahan laut tersebut juga seringkali dijadikan sebagai bahan utama untuk olahan makanan khas yang memiliki cita rasa khas yang unik. Berikut beberapa sajian khas Banjarmasin wajib dicoba:

1. Sop Mutiara

Sop Mutiara
Images by: tribunnewswiki

Disebut dengan sop mutiara karena sajian ini dibuat dari bahan dasar daging ayam yang digiling dan dibuat menjadi adonan bulat seperti bakso, namun berukuran kecil seperti mutiara. Daging ayam akan digiling bersama bahan lain seperti kentang dan bawang putih halus.

Tekstur bakso yang dihasilkan sangat lembut dengan cita rasa yang gurih dan lezat. Bakso tersebut akan dimasak bersama dengan kuah susu, sehingga cita rasa masakan ini semakin keluar dan terasa lezat.

2. Soto Banjar

Soto Banjar
Images by: masakapahariini.com

Dilengkapi dengan ayam suwir, telor asin, lontong, dan beberapa bahan lainnya membuat soto Banjar memberikan rasa makanan khas Banjarmasin yang lezat.

Cita rasa gurih dan asam bisa Anda nikmati dalam sajian ini. Perasan jeruk nipis ditambahkan untuk memberikan rasa lezat yang tidak terlupakan.

Soto Banjar tidak menggunakan kunyit, namun kayu manis sehingga kuahnya terlihat sangat bening. Sebagai pelengkap, biasanya soto ini ditaburi oleh bawang goreng dan taburan daun bawang.

3. Cacapan Asam

Cacapan Asam
Images by: resep-terkini.web.app

Cacapan asam diambil dari bahasa Banjar yang memiliki arti cocolan Asam. Cacapan asam terdiri dari berbagai jenis buah-buahan yang dicincang, kemudian dicampurkan bersama bumbu lain seperti bawang merah, garam, cabai rawit, dan asam jawa.

Cita rasa makanan ini sangat menyegarkan karena kuah dan buahnya menyatu menjadi satu. Perpaduan rasa asam, gurih, pedas dan manis bisa Anda rasakan secara komplit melalui makanan yang satu ini.

Cacapan asam biasanya dijadikan sebagai sajian pendamping untuk berbagai menu kuliner lainnya, terutama untuk makanan yang diolah dengan cara digoreng, diasinkan, dibakar maupun direbus.

Nantinya makanan tersebut akan dicocol ke dalam cacapan asam kemudian dimakan bersama dengan nasi dan lauk lainnya.

4. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut
Images by: Twitter.com

Cita rasa dari sajian ini didominasi dengan rasa pedas manis yang menyerap hingga pada bagian daging itik. Bahan utama makanan khas Banjarmasin ini adalah itik yang diolah sebagai lauk untuk disantap bersama nasi.

Saat dimakan daging akan terasa empuk dan juicy. Umumnya, makanan ini akan disajikan dalam bungkus pisang yang membuat aroma makanan ini semakin sedap.

Biasanya sajian ini dijual di warung pinggir jalan sehingga mudah ditemukan. Harga sajian ini sangat terjangkau yaitu sekitar 15-20 ribu rupiah untuk setiap porsinya.

5. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan
Images by: Masakapahariini.com

Bukan hanya terkenal di daerah Banjarmasin saja, sajian ketupat kandang juga sangat populer di wilayah Kalimantan Tengah. Sajian ini dilengkapi dengan siraman kuah yang terlihat mirip dengan opor serta lauknya ikan dan telur.

Secara umum, sajian ini mungkin terlihat hampir sama dengan sajian ketupat di kota lain yang mencampurkan ketupat dengan berbagai isian. Uniknya, di Banjarmasin menggunakan ikan gabus yang sudah diasapi sebagai isian.

Selain itu, makanan ini terkadang juga disajikan dengan ikan patin maupun gurame. Aroma dari ikan asap membuat selera makan akan semakin tinggi. Disiram dengan kuah kental sehingga mampu menciptakan warna putih yang agak keruh.

Makanan khas Banjarmasin ini dibuat dengan menggunakan bumbu rempah khas Banjarmasin yang terdiri dari bawang merah, kemiri, cengkeh, pala, kapulaga, kayu manis, serai, dan bawang putih. Untuk melengkapi kelezatannya, sajian ini diberikan taburan bawang goreng serta sambal.

6. Otak-otak Ikan Pipih

Otak-otak merupakan jenis makanan yang memiliki tekstur kenyal. Bahan utama pengolahannya adalah ikan.

Berbeda dengan otak-otak dari daerah lain, sajian khas Banjarmasin ini dibuat dari bahan dasar ikan belida atau pipih, bukan tenggiri.

Ikan belida merupakan jenis ikan yang banyak ditemui di area sungai wilayah Kalimantan Selatan.

Kandungan gizi dari ikan ini sangat tinggi sehingga bagus untuk kesehatan. Otak-otak ikan pipih dibuat dari campuran daging ikan pipih, santan, telur ayam dan kelapa parut.

Semua bahan tersebut dicampur dengan bumbu rempah khas Banjarmasin seperti laos, ketumbar, kunyit, kemiri, bawang putih, garam, gula pasir, dan bawang merah.

Semua bahan diaduk menjadi satu kemudian dibentuk menjadi otak-otak ikan pipih mentah yang siap digoreng dan disantap bersama dengan cocolan sambal.

7. Mandai

Terbuat dari bahan dasar kulit buah cempedak yang diawetkan, membuat makanan yang satu ini memiliki rasa gurih dan asam yang sangat unik. Agar teksturnya lebih empuk, kulit tersebut difermentasi terlebih dahulu.

Sajian masakan ini memang terasa sangat unik dan tentunya berbeda. Tekstur kulit akan terasa berserat dan lembut. Dibumbui dengan bawang merah, cabai dan bawang putih membuat kulit cempedak ini terasa pas untuk dijadikan lauk harian.

Tingkat kelembutan kulit cempedak yang dihasilkan mungkin akan berbeda-beda. Tergantung dari berapa lamanya kulit tersebut direndam saat proses fermentasi.

8. Bubur Baayak

Bubur baayak adalah makanan khas Banjarmasin yang terbuat dari olahan gandum, tepung beras dan air.

Sajian ini sangat terkenal dengan rasanya yang manis dan juga gurih. Makanan ini memiliki tekstur kental dengan perpaduan buliran lembut yang berasal dari adonan tepung.

Jika biasanya bubur berwarna putih, sajian ini memiliki warna coklat. Warisan kuniler tradisional ini membawa kuliner nusantara semakin dikenal secara luas.

Sajian ini diberi nama bubur baayak karena proses pembuatannya dilakukan dengan cara menyaring tepung beras sambil digoyang-goyangkan, hingga menjadi kalis yang dalam bahasa Banjar disebut ayak

9. Sate Tulang

Tidak seperti namanya, makanan ini bukan terbuat dari tulang. Melainkan beberapa bagian lain yang tidak biasa digunakan seperti kulit, lemak dan leher ayam.

Semua bahan utama akan digiling kemudian ditusukkan ke tusuk sate. Olahan tersebut kemudian dibumbui dengan habang sehingga memiliki rasa manis pedas.

Olahan sate tersebut akan dibakar kemudian disantap seperti sate pada umumnya. Sajian ini cocok dimakan dengan menggunakan nasi maupun lontong.

Daging satenya terasa sangat empuk dan kaya akan rasa bumbu rempah. Keunikan dari sajian ini membuatnya menjadi kekayaan kuliner nusantara yang banyak dicari.

Sajian makanan khas Banjarmasin memiliki cita rasa yang lezat dan berbeda. Banjarmasin merupakan surga wisata kuliner yang menyajikan berbagai makanan lezat yang membuat lidah tidak sanggup untuk menolak kenikmatannya.

Berita sebelumya13 Tempat Wisata di Surabaya Wajib Dikunjungi
Berita berikutnya9 Aplikasi Edit Foto Paling Populer