12 Makanan Khas Banten dengan Cita Rasa Unik

Makanan Khas Banten
images by: masakapahariini.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Banten memiliki cita rasa yang tidak kalah istimewa dari daerah lainnya.

Ada banyak kuliner khas yang pastinya bisa Anda cicipi saat berkunjung ke daerah Banten, mulai dari menu makanan berat hingga jajanan tradisionalnya yang unik.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang liburan di Banten atau bahkan sedang merencanakan untuk liburan di Banten, berikut ini adalah daftar kuliner khas Banten yang bisa Anda jadikan referensi ketika jelajah kuliner lokal:

Daftar Makanan Khas Banten

Seperti daerah lainnya di Indonesia, kekayaan kuliner di Banten juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Agar Anda tidak bingung saat mencari kuliner khas daerah Banten, berikut ini adalah daftar makanan Banten yang perlu Anda ketahui:

1. Rabeg

Rabeg
Images by: resepyummy.com

Hidangan ini konon merupakan sajian khas untuk para sultan Banten, dan merupakan bentuk akulturasi makanan Arab-Banten. Menu makanan ini menggunakan daging dan jeroan kambing sebagai bahan utamanya.

Jika mencicipi rasanya, mungkin Anda akan teringat dengan gurih dan manisnya tongseng yang bercampur semur namun tetap kaya bumbu rempah. Sebagai salah satu ikon kuliner di Banten, makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di warung makan khas Banten.

2. Angeun Lada

Angeun Lada
Images by: cookpad.com

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, angeun lada berarti sayur dan lada yang identik dengan rasa pedas. Sesuai dengan arti namanya, kuliner khas Banten ini memiliki tampilan kuah yang berwarna kemerahan dengan aroma kencur yang begitu dominan.

Makanan khas Banten ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya dan biasa disajikan dalam perayaan hari-hari besar seperti lebaran. Selain itu, sayur pedas angeun lada juga sering dihidangkan untuk menyambut tamu pada momen-momen acara besar.

3. Sate Bandeng

Sate Bandeng
Images by: travel.kompas.com

Mungkin Anda termasuk orang yang kurang suka dengan daging bandeng yang terkenal memiliki banyak duri. Namun Anda tidak perlu khawatir jika berada di Banten, karena di daerah ini terdapat menu sate bandeng tanpa duri yang akan memanjakan lidah Anda.

Makanan khas Bandeng ini memiliki cita rasa yang unik karena memadukan gurihnya daging bandeng dengan racikan bumbu yang sangat pas. Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi tersedia dua macam sate bandeng, yaitu yang rasa original dan pedas.

4. Gerem Asem

Gerem Asem 1
Images by: selerasa.com

Kuliner khas Banten ini sangat populer dan menjadi salah satu menu yang difavoritkan oleh masyarakat. Jika Anda adalah penggemar makanan pedas, maka menu gerem asem sangat layak untuk Anda cicipi level kepedasannya.

Makanan khas Banten ini biasanya menggunakan daging ayam atau daging bebek sebagai bahan pokoknya.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan ikan laut sebagai bahannya. Cita rasa daging yang gurih semakin nikmat kala berpadu dengan bumbu pedas.

5. Gecom

Gecom 1
Images by: cookpad.com

Meskipun namanya terdengar sedikit aneh, namun untuk urusan rasa tidak boleh diremehkan begitu saja.

Gecom sendiri merupakan perpaduan antara tauge dan oncom yang dimasak menggunakan penggorengan datar seperti yang biasa digunakan untuk memasak martabak.

Makanan khas Banten ini menyajikan cita rasa yang sedikit asam karena menggunakan tambahan tauco sebagai bumbunya.

Untuk mengimbangi rasa asam pada bumbu, gecom juga ditambahkan kecap manis sehingga menghasilkan rasa yang cukup unik namun tetap enak.

6. Pecak Bandeng

Kuliner tradisional khas Banten ini sangat disukai oleh banyak kalangan karena menyajikan cita rasa yang benar-benar istimewa. Meskipun terlihat sederhana, namun perpaduan antara ikan bandeng dan bumbu pecak menjadi kombinasi yang sangat pas.

Pecak sendiri merupakan sejenis sambal dengan cita rasa yang sangat pedas dan asam karena ditambahkan dengan perasan jeruk nipis.

Sementara untuk bandengnya dibumbui dan digoreng hingga kering. Selanjutnya baru ditambahkan pecak di atas bandeng tersebut.

7. Sayur Besan

Makanan khas Banten ini merupakan menu tradisional yang sangat kental dengan unsur tradisi dan adat di Banten. Sajian ini biasanya dihidangkan pada acara pernikahan atau ketika proses lamaran.

Untuk bahannya sendiri terdiri dari bihun, kentang, petai, dan trubuk sebagai bahan utamanya.

Sedangkan untuk tambahannya ada wortel, udang, dan juga labu siam. Menu tradisional ini dianggap sebagai simbol pernikahan dan hubungan persaudaraan setelah pernikahan.

8. Sate Bebek Cibeber

Jika Anda ingin menikmati menu sate yang berbeda dari biasanya, maka sate bebek Cibeber bisa menjadi jawabannya.

Menu sate berbahan daging bebek ini menyajikan cita rasa yang gurih dan pedas menggoda dengan siraman kuah kacang atau kecap di atasnya..

Makanan khas Banten ini dibuat dengan cara memotong daging bebek kecil-kecil dan membumbuinya dengan aneka rempah.

Mulai dari bawang merah, bawang putih, cabe, gula merah, merica, lengkuas, kunyit, ketumbar, dan garam.

Sebelum diolah menjadi sate dan dipanggang, daging bebek direndam dahulu dengan bumbu yang sudah disiapkan selama 1 hari.

Selain membuat bumbu meresap, proses ini juga bisa menghilangkan aroma amis pada daging bebek.

9. Nasi Bakar Sumsum

Seperti daerah lainnya di Indonesia, di Banten juga terdapat olahan nasi yang dipadukan dengan bahan tertentu sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan istimewa.

Menu ini merupakan olahan nasi yang dipadukan dengan sumsum tulang kemudian dibakar.

Makanan khas Banten ini sudah eksis sejak 1941 dan masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini.

Munculnya menu nasi bakar ini bermula dari seorang tukang potong hewan yang membawa pulang sisa-sisa tulang, dan di tangan istrinya ide nasi bakar sumsum muncul.

10. Laksa Tangerang

Berbeda dari laksa Betawi maupun Cibinong, laksa Tangerang menyajikan isian yang lebih sederhana.

Yaitu mie putih dalam ukuran yang cukup besar, ayam suwir, kacang hijau, dan taburan daun kucai, kemudian disiram dengan kuah sayur yang cenderung bening.

Untuk mie-nya sendiri memiliki tekstur yang agak kasar dan kurang lentur seperti mie pada umumnya. Sementara untuk kuahnya terdapat taburan kelapa parut yang memberikan cita rasa sedikit berbeda.

11. Sambel Burog

Kuliner khas Banten ini biasanya diberikan sebagai oleh-oleh bagi jamaah yang menghadiri pengajian. Sambel burog sendiri merupakan menu yang terbuat dari irisan kulit melinjo yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, dan daun salam.

12. Kue Pasung Merah

Jajanan khas Banten ini menyajikan cita rasa yang manis, sangat cocok untuk dijadikan kudapan di waktu senggang.

Kue ini terbuat dari olahan tepung beras, tepung sagu, gula merah dan juga santan. Semua bahan tersebut dibuat adonan, kemudian dibungkus daun pisang.

Kue tradisional khas Banten ini memiliki bentuk yang mengerucut dan biasanya disusun membentuk lingkaran. Kue ini juga sering dihidangkan dalam upacara adat maupun acara syukuran.

Makanan khas Banten memang sangat beragam, dan Anda pun akan dimanjakan dengan berbagai macam kuliner khasnya yang unik dan menggugah selera.

Dari 12 makanan khas yang telah disebutkan di atas, Anda bisa memilih menu yang paling disukai untuk dinikmati bersama keluarga.

Berita sebelumya15 Tempat Wisata di Lembang, Wajib dikunjungi!
Berita berikutnya8 Aplikasi Cari Jodoh Paling menarik