10 Makanan Khas Betawi paling Legendaris – TrawlBens

Makanan Khas Betawi
image by: unileverfoodsolutions.co.id
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Betawi tak hanya terkenal lezat saja, namun juga legendaris karena sudah hadir sejak zaman dulu.

Hingga kini makanan tersebut masih dipertahankan sehingga masih terjaga kelezatannya. Siapapun yang sudah mencoba pasti akan ketagihan dengan cita rasanya.

Daftar Rekomendasi Makanan Khas Betawi

Jika tengah berkunjung di Jakarta, deretan kuliner khas Betawi ini bisa Anda coba. Tak hanya makanan berat saja, namun di Betawi juga dikenal memiliki beberapa makanan camilan khas yang bisa dicoba. Berikut deretan makanan Betawi yang harus masuk daftar kuliner yang harus dicoba:

1. Semur Jengkol

Salah satu populer di Betawi adalah olahan jengkol yang dimasak menjadi semur. Beberapa orang memang tak menyukai bau jengkol, namun bagi penggemar jengkol, masakan ini menjadi surganya dan menjadi makanan yang sangat lezat. Bahkan memiliki cita rasa yang unik karena rasanya.

Rasa unik dari pahitnya jengkol dimasak dengan bumbu yang penuh rempah hingga kuahnya meresap ini, menjadi daya tarik tersendiri. Olahan jengkol ini cocok disantap dengan nasi uduk hangat serta sambal dan lalapan lainnya.

2. Soto Betawi

Setiap daerah di Indonesia memiliki olahan soto, salah satunya soto Betawi yang sangat khas ini. Kuah soto yang terbuat dari santan dan diisi dengan potongan daging sapi, jeroan, hingga organ sapi ini sangat menggugah selera. Soto Betawi sangat cocok disajikan dengan nasi hangat pada saat sarapan.

Rasanya yang gurih dan lezat ini tak hanya disukai oleh orang-orang di Betawi dan Jakarta saja, namun soto Betawi ini juga terkenal di beberapa daerah lainnya.

Biasanya soto betawi ini akan disajikan dengan kerupuk mlinjo dan kerupuk lainnya yang menggugah selera penikmatnya.

3. Kerak Telor

Siapa yang mengenal makanan khas Betawi ini, yang bernama kerak telor. Cukup legendaris, makanan ini dibuat dari bahan makanan seperti beras ketan putih, telur bebek, hingga ebi yang dimasak kering menggunakan wajan khusus dan api aranglah yang membuat makanan ini jadi berbeda dari lainnya.

Selain itu, kerak telor juga bisa diberi topping seperti serundeng hingga bawang goreng agar rasanya semakin gurih.

Setelah adonan tersebut setengah matang, maka wajan akan dibalik menghadap arang dari anglo hingga adonan matang menjadi kerak. Dari kegiatan itulah makanan khas ini disebut kerak telor.

4. Putu Mayang

Putu mayang merupakan makanan khas Betawi yang biasanya dinikmati sebagai camilan dan memiliki cita rasa unik.

Camilan kue tradisional khas Betawi ini dibuat dari tepung kanji atau tepung beras. Kue yang dicetak seperti mie ini dibuat warna-warni dan dibentuk menggerombol.

Cemilan ini disajikan dengan santan kelapa dan ditambahkan dengan kinca atau yang lebih dikenal dengan gula jawa cair.

Paling lezat apabila dinikmati selagi hangat di mangkok bersama keluarga. Adonan mie tadi diberi pewarna makanan alami warna-warni seperti merah mudah hingga hijau.

5. Nasi Uduk Betawi

Nasi uduk adalah salah satu makanan khas Betawi yang tidak kalah lezat, karena nasi yang dimasak diberi tambahan rempah lainnya seperti air santan, daun salam, laos, serai, hingga daun jeruk. Nasi dan campuran bahan-bahan tersebut dimasak seperti masak nasi pada umumnya.

Setelah nasi dan campuran bahan tadi matang, maka aroma rasa gurih akan keluar dari nasi tersebut.

Hal inilah yang disebut dengan nasi uduk, biasanya nasi uduk hangat ini disajikan dengan taburan bawang goreng, lauk ayam yang sudah digoreng dengan bumbu dan sambal.

6. Roti Buaya

Saat momen pernikahan di Betawi, roti buaya selalu hadir menjadi salah satu tradisi yang harus ada.

Perannya yang penting dalam pernikahan ini dibentuk menyerupai hewan buaya sepanjang 50 cm yang dibawa mempelai laki-laki dan diberikan kepada pihak perempuan saat pernikahan atau lamaran.

Roti buaya merupakan makanan khas Betawi yang memiliki peran penting dan makna tersendiri bagi orang Betawi.

Hal ini berarti sebuah ungkapan kesetiaan pasangan dan menjadi kepercayaan warga Betawi. Hingga kini roti buaya ini masih eksis dan banyak dijumpai beberapa toko kue.

7. Asinan Betawi

Banyak jajanan dan makanan khas Betawi yang bisa dinikmati jika Anda berkunjung ke Jakarta. Salah satunya jajanan asinan Betawi yang sangat legendaris.

Umumnya, asinan Betawi ini terdiri dari campuran sayuran seperti kol, tauge, sawi hingga tahu putih, sayur selada, dan kacang tanah.

Sayuran dan campuran kacang tersebut lantas disiram dengan kuah berbumbu kacang dan dicampur dengan cuka bahkan cabai, kemudian ditambah kerupuk mie berwarna kuning yang besar.

Hidangan ini cocok banget disantap saat siang hari karena memiliki rasa unik yang segar dan tentu saja enak.

8. Dodol Betawi

Jajanan tradisional khas Betawi satu ini cukup populer dan terkenal di Nusantara. Tak hanya rasa dan teksturnya saja yang unik, cara memasak dodol Betawi ini pun cukup unik, yakni dengan kuali besar yang cukup menarik. Pembuatannya juga menggunakan kayu bayar sehingga semakin keluar rasanya.

Tak hanya itu, pembuat dodol ini juga harus mengaduk dodol secara terus menerus hingga dodol tersebut matang dan memiliki tekstur yang sempurna, yaitu lengket.

Makanan khas Betawi satu ini terbuat dari kelapa dan ketan, sehingga membuat dodol ini memiliki tekstur lengket dan kenyal.

9. Kue Pancong

Jajanan lainnya yang tidak kalah lezat adalah kue tradisional Betawi yaitu kue Pancong. Jajanan kue pancong ini memiliki bentuk unik, setengah lingkaran, yang terbuat dari bahan tepung beras, kelapa garam, dan santan kemudian dimasak di cetakan khusus dan diberi topping beragam.

Makanan khas Betawi satu ini biasanya diberikan topping yang bermacam-macam, seperti coklat, kacang, hingga keju.

Kue pancong sangat pas apabila dinikmati saat sore hari, apalagi didampingi oleh teh hangat. Jika Anda ingin merasakan yang lebih tradisional, bisa memilih topping potongan kelapa dan gula pasir di atasnya.

10. Kembang Goyang

Selanjutnya ada jajanan tradisional Betawi yang hingga sekarang masih menjadi favorit masyarakat Betawi, yaitu kembang goyang.

Sangat unik, camilan satu ini memiliki bentuk menyerupai kelopak bunga atau dalam bahasa Jawa disebut kembang. Cara pembuatannya pun juga unik saat digoreng.

Adonan tersebut akan dicetak dengan cetakan khusus berbentuk bunga dan nantinya akan digoyang-goyangkan hingga adonan tersebut lepas dari cetakan dan bisa digoreng dengan sempurna. Hal tersebut yang membuat makanan khas Betawi ini memiliki nama kembang goyang.

Aneka kuliner di atas bisa menjadi referensi Anda jika berkunjung ke Jakarta. Kelezatan makanan khas Betawi yang beragam ini cukup membuat penikmat kuliner cukup tergiur.

Pecinta kuliner Nusantara wajib mencicipi rasa yang khas dari setiap hidangan dan kue yang berasal dari Betawi.

Tidak hanya rasa, bahkan bentuk dan cara pembuatannya yang unik ini menarik perhatian para wisatawan untuk mencobanya.

Dari deretan makanan dan jajanan di atas, mana nih yang paling menarik perhatian Anda untuk dicoba nanti?

Berita sebelumya10 Tempat Wisata di Lombok Terpopuler
Berita berikutnyaSimak 8 Tempat Wisata di Pekanbaru Paling Hits