11 Makanan Khas Bogor yang Wajib Dicoba!

makanan khas bogor
Images by: Idntimes.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Bogor sangat beragam dan menyajikan cita rasa yang cukup kaya di dalamnya.

Banyaknya pilihan menu makanan yang ada di Bogor membuat siapapun akan tergoda untuk mencicipi setiap makanan sesuai seleranya masing-masing.

Bagi Anda yang ingin menjelajahi kuliner khas Bogor, pasti akan merasa dimanjakan dengan berbagai macam makanan khasnya yang bercitarasa istimewa.

Penasaran, apa saja menu khas Bogor yang populer dan terkenal enak? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda:

11 Makanan Khas Bogor yang Populer dan Terkenal Enak

Banyaknya pilihan kuliner di Bogor yang menawarkan kekayaan rasa di dalamnya, membuat siapapun penasaran dengan cita rasa dari masing-masing menu yang ada.

Mulai dari jajanan hingga makanan berat seolah memanjakan lidah bagi setiap penikmatnya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Doclang

Salah satu menu khas Bogor yang populer dan terkenal enak adalah doclang. Jika di Jakarta ada kerak telor yang ikonik, maka di Bogor, makanan yang terkenal adalah doclang. Meskipun mirip, namun kedua menu ini tidaklah sama.

Makanan khas Bogor ini tidak menggunakan bihun dan tauge seperti pada ketoprak Jakarta melainkan kentang dan telur rebus. Sajian doclang juga dilengkapi tahu goreng, ketupat atau lontong kemudian disiram kuah kacang dan taburan bawang goreng serta kerupuk.

2. Asinan Bogor

Bagi Anda yang sedang berburu kuliner dengan sensasi segar bisa langsung mengunjungi gerai asinan Bogor yang banyak dijumpai di kawasan Bogor. Menu ini terdiri dari buah dan sayuran tergantung dari asinan yang Anda pesan.

Asinan Bogor sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu asinan buah dan sayur. Meskipun berbeda dari isian dan penyajiannya namun untuk urusan rasa sama-sama istimewa. Biasanya asinan sayur terdiri dari mentimun, kol, tauge, hingga wortel.

Sementara untuk asinan buah terdiri dari berbagai macam jenis buah, mulai dari mangga, jambu, kedondong, jambu, dll. Bahan ini direndam dengan air gula kemudian disajikan dengan kuah cuka yang asam dan segar.

3. Asinan Jagung Bakar

Jika sebelumnya Anda sudah mencicipi segarnya asinan sayur dan buah, maka kali ini Anda juga perlu mencicipi asinan jagung bakar yang unik dan tidak kalah enak. Sesuai dengan namanya, asinan ini menggunakan pipilan jagung bakar sebagai bahan utamanya.

Makanan khas Bogor ini disajikan bersama irisan mentimun, kuah asinan, dan juga cabe sehingga menghasilkan cita rasa asam pedas di dalamnya. Selain itu, dalam penyajiannya asinan jagung bakar juga dilengkapi dengan kerupuk mie yang gurih.

4. Soto Mie Bogor

Soto mie Bogor sangat terkenal kelezatannya karena disajikan bersama kuah kaldu yang begitu gurih dan segar. Sajian soto ini terdiri dari daging, tetelan, kentang, mie, kol, lobak, dan risol. Sementara untuk taburannya ada daun bawang, bawang goreng, dan seledri.

Untuk melengkapi kelezatan rasanya, Anda juga bisa menambahkan emping, sambal dan juga perasan jeruk nipis.

Dengan porsi soto yang cukup besar, Anda akan puas dan kenyang dengan menu soto yang satu ini.

5. Tauge Goreng

Makanan khas Bogor yang dikenal dengan sebutan tauge goreng ini memiliki tampilan yang cukup sederhana, namun untuk urusan rasa Anda tidak akan kecewa.

Menu tradisional ini menyajikan cita rasa yang gurih dan pedas sangat cocok untuk disantap bersama keluarga.

Tauge goreng sendiri merupakan kuliner legendaris di Bogor yang menunya terdiri dari tahu goreng, tauge, mie kuning basah, daun kucai, lontong, dan juga oncom. Sementara untuk kuahnya menggunakan bumbu tauco asli.

6. Soto Kuning Bogor

Soto kuning khas Bogor bisa menjadi pilihan selanjutnya bagi Anda yang ingin berburu kuliner khas Bogor.

Cita rasa soto yang gurih dan segar akan memanjakan lidah Anda dengan sentuhan bumbu rempah di dalamnya.

Makanan khas Bogor ini disajikan bersama irisan daging sapi, lengkap dengan jeroannya yang terdiri dari iso, babat dan juga kikil.

Bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol, sebaiknya tidak perlu menambahkan jeroan.

Sajian kuliner ini sangat cocok disantap selagi hangat bersama sepiring nasi putih. Sementara untuk pelengkapnya Anda juga bisa menambahkan perkedel kentang dan emping melinjo.

Untuk rasa yang lebih segar dan pedas bisa ditambahkan perasan jeruk nipis dan juga sambal.

7. Cungkring

Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan Anda di pagi hari atau sebagai penunda lapar sebelum jam makan siang.

Kuliner legendaris ini menggunakan kaki sapi sebagai bahan utamanya, mulai dari kikil, kulit, hingga dampal dan urat.

Makanan khas Bogor ini biasanya terdiri dari irisan lontong, dan beberapa bagian dari kaki sapi. Selanjutnya cungkring disiram dengan kuah kacang yang gurih dan taburan bawang goreng sehingga kenikmatan rasanya semakin mantap.

8. Bapatong

Mungkin menu yang dikenal dengan sebutan bapatong ini masih sedikit asing di telinga Anda. Sebenarnya bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong yang merupakan kuliner tradisional khas Bogor.

Kuah kaldu yang gurih pada bapatong terasa semakin nikmat ketika disantap bersama lontong, bakso, tahu bakso, dan irisan daging sapi. Sajian ini tentunya sangat cocok jika disantap bersama keluarga ketika hujan atau cuaca dingin melanda.

9. Laksa Bogor

Makanan khas Bogor lainnya yang populer dan terkenal enak adalah laksa Bogor yang menjadi menu favorit wisatawan. Salah satu ciri khas dari laksa Bogor ini adalah kuah oncomnya. Kuah ini juga menjadi pembeda antara laksa Bogor dan laksa Betawi.

Sementara untuk isiannya terdiri dari bihun, ketupat, tahu kuning, telur rebus, tauge, dan daun kemangi. Untuk menambah kenikmatan rasanya Anda bisa melengkapinya dengan kerupuk dan taburan bawang goreng.

Nah, yang membuat laksa Bogor terasa sangat gurih rupanya bukan hanya berasal dari santannya saja tetapi juga parutan kelapa yang dihaluskan dan dimasak bersama kuah kaldu. Selain itu, komposisi oncom pada menu ini juga menambahkan cita rasa unik yang menambah selera.

10. Pepes Sagu

Makanan khas Bogor ini berbeda dari kebanyakan pepes yang ada di masyarakat karena terbuat dari bahan dasar sagu. Selain itu, pepes sagu juga menyajikan cita rasa yang manis dan gurih dengan beberapa varian rasa di dalamnya, seperti nangka, pisang dan keju.

Seperti sajian pepes pada umumnya, pepes sagu juga dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan dibakar di atas bara api. Dengan cara ini, aroma yang dihasilkan jadi lebih wangi dan pastinya menggugah selera.

11. Martabak Encek

Jajanan tradisional khas Bogor ini menggunakan arang dalam proses memasaknya sehingga aromanya lebih harum dan menggoda. Martabak encek atau sering disebut dengan martabak suken tersedia dalam beberapa pilihan rasa, seperti coklat, kacang, dan juga keju.

Makanan khas Bogor yang begitu beragam tentu akan sangat memanjakan lidah Anda yang memang suka berburu kuliner khas daerah. Dari kuliner khas yang telah disebutkan di atas, manakah yang menurut Anda paling enak untuk dinikmati bersama keluarga?

Berita sebelumya12 Tempat Wisata di Bekasi yang Harus Dikunjungi
Berita berikutnya11 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Bagus!