12 Makanan Khas Cirebon Incaran Para Wisatawan

Makanan khas cirebon
Images by: Idntimes.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Cirebon menyajikan cita rasa yang tidak kalah istimewa jika dibandingkan dengan kuliner dari daerah lain.

Letaknya yang berada di wilayah Jawa Barat memang sangat identik dengan masakan Sunda yang terkenal akan kelezatannya.

Cirebon sendiri terkenal sebagai Kota Udang dengan kekayaan kuliner yang begitu beragam di dalamnya. Hal ini rupanya juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Cirebon, sehingga tidak akan melewatkan waktunya untuk berburu kuliner lokal yang menyajikan keunikan rasa.

12 Makanan Khas Cirebon yang paling Populer

Bagi masyarakat Cirebon, kuliner khas dari daerah ini memang tidak ada duanya. Tidak heran jika menu khasnya selalu bikin kangen.

Demikian juga dengan wisatawan yang datang ke Cirebon, pasti selalu menyempatkan diri untuk berburu kuliner khas Cirebon seperti berikut ini:

1. Empal Gentong

Jika berbicara tentang kuliner khas Cirebon, pasti akan langsung tertuju pada menu empal gentong yang terkenal dengan kelezatan rasanya. Sesuai dengan namanya, sajian berbahan daging sapi ini dimasak dalam kuali tanah sehingga menghasilkan cita rasa yang istimewa.

Proses memasak yang cukup lama hingga 5 jam membuat tekstur daging terasa lembut saat disantap. Selain itu, bumbu rempah yang meresap hingga ke dalam daging membuat siapapun tidak akan rela untuk melewatkan kelezatan rasanya.

2. Nasi Lengko

Sesuai dengan namanya, kuliner khas Cirebon ini menggunakan nasi sebagai bahan utamanya. Sajian ini terdiri dari nasi putih, tauge, mentimun cacah, tahu, dan tempe serta dilengkapi dengan taburan daun kucai dan bawang goreng.

Makanan khas Cirebon ini disajikan dengan siraman kuah kacang, dan bagi yang ingin melengkapi lauknya bisa menambahkan sate kambing. Untuk menikmati seporsi nasi lengko yang menggoda, Anda bisa mengunjungi warung nasi lengko yang banyak tersebar di Cirebon.

3. Nasi Jamblang

Nasi jamblang merupakan salah satu ikon kuliner Cirebon yang menjadi incaran wisatawan. Menu tradisional ini dibungkus dengan daun jati, sehingga menghasilkan aroma nasi yang lebih wangi dan menggugah selera.

Makanan khas Cirebon ini sangat populer dan bisa dengan mudah ditemukan ketika Anda berwisata ke daerah Cirebon. Untuk lauknya sendiri Anda bisa memilih sesuai keinginan, mulai dari pepes, perkedel, ayam goreng, cumi atau paru goreng, hingga ikan asin, dan udang.

4. Docang

Jika Anda suka mencicipi hidangan dengan cita rasa unik, tidak ada salahnya untuk mencoba menu docang sebagai salah satu kuliner khas Cirebon. Hidangan berkuah asli Cirebon ini terdiri dari irisan lontong, daun singkong, parutan kelapa, tauge, sambal docang, dan kerupuk.

Makanan khas Cirebon ini sekilas memang mirip dengan hidangan doclang khas Bogor karena menggunakan lontong. Meskipun begitu kedua menu ini tidaklah sama, karena docang menggunakan kuah sayur oncom sementara doclang menggunakan kuah kacang.

5. Tahu Gejrot

Menu ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan dan menjadi salah satu menu favorit masyarakat Cirebon, karena cita rasanya yang menggugah selera. Hidangan yang terdiri dari tahu pong ini disiram dengan kuah cuka asam pedas sehingga semakin nikmat disantap.

Makanan khas Cirebon ini dinamakan tahu gejrot karena dalam penyajiannya akan digejrot atau dipipihkan agar bumbu meresap ke dalam tahu. Meskipun terlihat sederhana, namun cita rasanya tetap juara, tidak heran jika banyak yang suka dengan jajanan ini.

6. Sate Kalong

Ketika mendengar nama makanan ini Anda pasti akan berpikir jika sate ini menggunakan daging kelelawar atau kalong sebagai bahan utamanya. Anda salah, karena hidangan sate ini justru menggunakan daging kerbau sebagai bahannya. Jauh dari perkiraan Anda, bukan?

Makanan khas Cirebon ini rupanya dikenal dengan sebutan sate kalong karena aktivitas penjualannya hanya pada malam hari saja, seperti kalong yang keluar di malam hari. Sementara untuk cita rasanya cenderung gurih manis mirip seperti dendeng.

Seperti menu tradisional pada umumnya, cara pengolahan sate kalong juga terbilang panjang. Karena daging kerbau direbus terlebih dahulu hingga benar-benar empuk, baru kemudian dicelup ke dalam kuah gula merah sebelum akhirnya dibakar.

7. Empal Asam

Jika sebelumnya Anda sudah mencicipi gurihnya empal gentong, maka kali ini Anda harus mencoba empal asam yang cita rasanya tidak kalah menggoda. Mengapa disebut empal asam? Hal ini tidak terlepas dari sensasi rasa asamnya yang berasal dari belimbing wuluh.

Makanan khas Cirebon ini memang sedikit berbeda dari empal gentong, karena tidak menggunakan santan dan memiliki kuah yang cenderung segar dengan bumbu rempah yang pas. Rasa daging yang gurih pun semakin nikmat dengan kuah asamnya yang segar.

8. Mi Koclok

Menu yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memang dilahirkan sebagai penggemar mie sejati. Mi koclok khas Cirebon ini menyajikan cita rasa yang benar-benar gurih dengan perpaduan santan dan maizena di dalamnya.

Makanan khas Cirebon ini terdiri dari mie dengan isian yang cukup melimpah. Mulai dari ayam suwir, telur rebus, tauge, irisan kol, hingga taburan daun bawang. Sebagai salah satu makanan legendaris di Cirebon, menu ini tentu tidak pernah dilewatkan oleh wisatawan.

9. Rujak Kangkung

Jajanan sehat khas Cirebon ini sangat cocok bagi Anda penggemar olahan sayur khususnya kangkung. Sesuai dengan namanya, rujak ini merupakan hidangan kangkung yang direbus dan kemudian disiram bumbu rujak dengan campuran terasi di dalamnya.

Sekilas memang mirip dengan plecing kangkung, namun keduanya tidaklah sama. Karena pada menu rujak kangkung ini kuah yang disiram cenderung berwarna merah, tidak seperti kuah plecing kangkung yang terbuat dari sambal kacang.

10. Gado-Gado Ayam

Makanan khas Cirebon ini merupakan salah satu menu kuliner yang dicari oleh wisatawan saat berlibur ke Cirebon. Meskipun namanya gado-gado, tapi penyajiannya tidaklah sama seperti gado-gado pada umumnya, karena menggunakan kuah santan di dalamnya.

Menu ini terdiri dari ayam suwir, kentang, telur rebus, ketupat, saus kacang dan juga kerupuk. Sementara untuk kuah santannya menggunakan bumbu rempah yang membuat aroma dan cita rasanya semakin harum dan gurih.

11. Tape Ketan Daun Jambu

Makanan khas Cirebon yang satu ini menyajikan cita rasa yang begitu manis karena sudah melalui proses fermentasi. Tape ketan yang dibungkus dengan daun jambu ini menghasilkan rasa yang unik sehingga banyak wisatawan yang membelinya sebagai oleh-oleh.

12. Gepu

Kuliner tradisional khas Cirebon ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk disantap sore hari sembari menikmati waktu santai bersama keluarga. Makanan ini bentuknya seperti bakwan, namun terbuat dari singkong dengan isian oncom di dalamnya.

Makanan khas Cirebon yang telah disebutkan di atas hanyalah sebagian saja, karena masih banyak kuliner tradisional Cirebon yang tidak kalah enak untuk dicicipi. Jika Anda berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk berburu kuliner khasnya dan membawa oleh-oleh khasnya sebagai buah tangan.

Berita sebelumya8 Rekomendasi Tempat Wisata di Puncak Terbaru
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Palembang Terbaru dan Terpopuler