11 Makanan Khas Dayak yang Kaya Akan Cita Rasa

Makanan Khas Dayak
Images by: Kompas.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Dayak dibuat dari beberapa bahan yang tidak biasanya. Namun, hal tersebutlah yang akhirnya menjadi keunikan serta daya tarik makanan di daerah ini.

Dayak merupakan suku yang mendiami wilayah Kalimantan dan terkenal akan budayanya yang sangat kenal.

Kekayaan budaya Dayak bukan hanya tergambar dari tradisi serta adat istiadatnya saja namun juga dari ragam sajian kuliner yang dihadirkan. Olahan makanan tradisional suku Dayak dimasak dengan menggunakan resep yang telah dilestarikan zaman nenek moyang.

Deretan Sajian Makanan Khas Dayak

Cita rasa masakan Dayak memiliki sensasi yang otentik dengan perpaduan bumbu dan bahan utama yang diolah dengan cermat dengan resep yang masih dijaga hingga sekarang. Tak lagi hanya menjadi makanan tradisional yang dinikmati warga lokal.

Saat ini berbagai sajian menu masakan Dayak telah menjadi bagian dari kelezatan nusantara yang tidak tertandingi. Inilah deretan makanan Dayak yang mempesona:

1. Kue Dange

Makanan khas Dayak ini sudah sangat populer sejak dahulu. Ini merupakan jenis makanan ringan yang terbuat dari olahan kelapa yang diparut, kemudian dicampur dengan tepung dan gula.

Sebelum dipanggang dengan menggunakan bara api, adonan dimasukkan ke dalam cetakan khusus. Biasanya kue ini dihidangkan dalam beberapa acara penting. Kue ini juga cocok dijadikan sebagai pendamping untuk menikmati segelas teh.

2. Bangamat atau Paing

Sajian ini terasa aneh dan juga istimewa karena dibuat dari daging kelelawar besar. Kalong yang sudah ditangkap akan dibersihkan, kemudian dagingnya dipisahkan untuk diolah. Daging kelelawar akan dimasak dengan menggunakan bumbu pilihan.

Terkadang agar lebih nikmat, dicampur dengan menggunakan hati pisang yang telah dipotong kecil-kecil. Ini merupakan sajian terunik yang akan membuat Anda merasakan bagaimana sensasi rasa dari daging kelelawar.

Hewan kelelawar yang biasanya dipakai merupakan jenis pemakan buah sehingga aman dikonsumsi. Sajian ini akan memberikan Anda preferensi yang berbeda tentang kesan makanan Dayak yang menawan.

3. Sayur Umbut Kelapa

Makanan khas Dayak ini tak kalah unik dengan yang lainnya. Bahan utama pengolahan makan ini adalah bonggol yang berasal dari pohon kelapa muda. Pohon kelapa yang masih dalam keadaan muda akan ditebang dan diambil bagian bonggolnya.

Bahan utama ini akan dimasak bersama dengan bahan lain seperti ikan atau daging. Tak lupa bumbu rempah olahan dicampurkan agar menjadi sajian berkuah yang menawan. Bahan sajian ini bisa dikatakan cukup langka sehingga tak boleh terlewatkan untuk dicoba.

4. Wadi Ikan

Sajian yang terbuat dari ikan patin ini mempunyai sensasi rasa gurih dan asin yang menyegarkan. Daging ikan harus melakukan proses fermentasi terlebih dahulu sebelum dimasak. Ikan patin dicampurkan dengan bumbu tradisional kemudian difermentasi beberapa hari.

Setelah proses fermentasi, ikan patin bisa langsung diolah dengan cara di kukus maupun di goreng. Selain menggunakan daging ikan, bahan utama juga bisa diganti dengan menggunakan daging babi.

Tekstur dari bahan yang digunakan tentu akan mempengaruhi rasa dari masakan, namun rasa bumbu khas tetap sama dan mampu melengkapi cita rasa masakan ini.

5. Kue Lepet

Makanan khas Dayak ini merupakan kue legendaris yang wajib disajikan dalam acara besar seperti pesta adat atau pernikahan. Kue ini terbuat dari bahan utama kelapa dan gula merah.

Kedua bahan tersebut akan dicampur kemudian dibungkus dengan cara dilipat dengan menggunakan daun pisang kemudian dikukus. Tekstur kue ini cenderung manis dan lengket sehingga cocok dimakan kapan saja.

6. Botok Daun Mengkudu

Seperti namanya, makanan ini diolah dengan menggunakan ikan tongkol yang dibungkus dengan daun mengkudu. Daging ikan akan dipisahkan terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan bumbu dapur kemudian dimasak sampai matang.

Olahan tersebut kemudian diberikan bumbu dan dibungkus dengan daun mengkudu. Bukan hanya memiliki rasa yang lezat, namun aroma dari sajian ini sangat menggugah selera sehingga membuat Anda ingin menambah terus.

7. Kalumpe/Karuang

Dalam bahasa Dayak, Kalumpe diartikan sebagai sayur. Menu masakan Dayak ini menggunakan bahan utama daun singkong. Sayuran tersebut akan ditumbuk hingga halus kemudian diolah dengan terong berukuran kecil.

Tak lupa juga bumbu halus yang terdiri dari serai, bawang merah, lengkuas dan bawang putih dihaluskan kemudian dicampurkan bersama bahan lainnya. Untuk memaksimalkan cita rasanya, sajian ini dihidangkan bersama dengan ikan asin, sambal terasi dan nasi.

8. Kue Tampi

Sajian ini seringkali dijadikan sebagai menu pendamping saat penyelenggaraan acara adat. Cara membuat kue ini sangatlah mudah yaitu dengan mengolah tepung beras kemudian menggorengnya.

Kue ini diolah sehingga membentuk lingkaran kecil sehingga mudah dimakan dan digoreng. Cocok disantap sambal mengobrol Bersama keluarga.

9. Keripik Kalakai

Kalakai merupakan jenis tanaman yang dianggap sebagai warisan leluhur yang diketahui mampu menyembuhkan diare dan baik untuk Kesehatan. Orang yang rutin memakan daun ini dikatakan bisa lebih awet muda.

Tak heran jika makanan khas Dayak ini sangat populer. Sebelum diolah, tanaman ini akan dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan menggunakan adonan tepung kemudian digoreng hingga renyah.

Cemilan tradisional ini memiliki tekstur yang renyah dengan bentuk yang cukup tipis. Cemilan ini cocok dibawa sebagai oleh-oleh Ketika Anda berkunjung ke wilayah Kalimantan.

10. Juhu Singkah

Sajian dari olahan rotan muda tentu sangat langka untuk dapat dinikmati. Namun, makanan tersebut bisa Anda cicipi Ketika berkunjung ke Kalimantan Tengah. Bahan dasar rotan muda akan diolah bersama bahan lainnya seperti terong dan ikan baung.

Dilengkapi dengan bumbu rempah dan santan membuat sajian ini mampu menciptakan sensasi rasa pahit dan gurih. Sajian ini sangat menarik karena rotan muda umumnya akan menghasilkan rasa pahit dan santan gurih.

Perpaduan rasa yang otentik membuat makanan ini patut dinikmati dengan nasi. Saat pengolahan, rotan muda akan dibersihkan dan dibuang kulitnya terlebih dahulu.

Bahan tersebut kemudian dipotong menjadi kecil dan dimasak hingga matang bersama bumbu dan bahan lain.

Sajian ini bisa dimakan begitu saja atau dijadikan sebagai bahan utama lauk pauk untuk dinikmati bersama keluarga.

11. Lemang/Pulut

Makanan khas Dayak tradisional ini terbuat dari bahan beras. Proses pengolahannya pun bisa dikatakan cukup simpel.

Beras yang sudah dibersihkan dicampurkan sedikit dengan santan, kemudian dimasukkan ke dalam ruas bambu yang sudah dilapisi dengan daun pisang.

Olahan tersebut dibakar dengan menggunakan bara api hingga matang. Tekstur sajian ini akan pada dan mirip dengan lontong namun memiliki rasa yang lebih gurih dan lengket.

Proses pembakaran menggunakan bara api membuat sajian ini lebih wangi dan matang merata.

Selain adat istiadat yang tersimpan pada sebuah budaya, ternyata setiap daerah juga memiliki sajian kuliner yang menawan.

Makanan khas Dayak mungkin jarang diketahui, untuk itu Anda patut mencobanya. Sajian ini akan melengkapi perjalanan Anda dalam menjelajahi wisata kuliner Indonesia.

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Aceh Paling Populer
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Menarik