8 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Enak

Makanan Khas Indonesia
Images by: masakapahariini.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Indonesia kaya akan cita rasa yang sangat beragam. Hal tersebut terjadi karena setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki ciri serta bumbu khas tersendiri, sehingga mampu menyajikan makanan yang berbeda dari yang lainnya.

Bahan dasar yang digunakan juga sangat beragam, mulai dari rempah, sayur, seafood hingga daging.

Anda bisa menikmati keberagaman rasa yang diciptakan dari sajian makanan Indonesia. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat menu masakan terkenal dengan sebutan cita rasa nusantara.

Aneka Makanan Khas Indonesia Terpopuler

Sajian masakan Indonesia identik dengan rasa rempahnya yang khas. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama sekaligus pesonanya, sehingga membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya.

Bukan hanya warga lokal, para turis mancanegara pun banyak yang berlibur ke Indonesia untuk mencicipi olahan masakannya.

Tak heran jika sajian kuliner Indonesia sangat terkenal. Berikut beberapa sajian terpopuler khas Indonesia:

1. Woku, Manado

Woku merupakan teknik memasak khas masyarakat Manado. Terdapat dua jenis dalam penerapan metode ini, yaitu woku daun yang proses memasak bahan dilakukan dengan cara dibungkus dengan daun woka kemudian dipanggang atau dikukus.

Sedangkan woku belanga merupakan cara memasak dengan menggunakan panci khusus. Metode tradisional ini digunakan untuk membuat cita rasa masakan semakin terasa lezat dan memiliki ciri khas.

Untuk bahan utama pembuatan menu masakan ini adalah udang, ikan nila, ikan kerapu, ayam, bebek, ikan mas dan kepiting.

Bumbu rempah yang digunakan untuk membuat sajian ini terdiri dari jahe, kunyit, daun jeruk, bawang putih, cabai rawit, daun kemangi, tomat, daun bawang, daun pandan dan serai.

Semua bumbu yang digunakan akan dihaluskan kemudian dimasak bersama dengan bahan utama. Sajian ini mempunyai cita rasa pedas dan gurih.

2. Gudeg, Yogyakarta

Gudeg adalah makanan yang sudah mendunia. Sajian ini identik dengan cita rasa gurih dan manis. Bahan dasar pembuatan sajian ini adalah nangka yang diolah bersama dengan santan, gula aren, serai, daun salam serta lengkuas.

Bahan utama dimasak bersama bumbu hingga empuk dan tercampur dengan sempurna. Sebagai pelengkap, gudeg disajikan bersama dengan krecek yang dibuat dari bahan kulit sapi kenyal dengan cita rasa agak pedas.

Selain itu ada juga telur dan ayam yang sudah dibumbui sehingga warnanya menjadi hitam dan memiliki rasa yang manis. Tersedia juga sambal bagi Anda yang ingin makanan menjadi lebih pedas.

3. Nasi Liwet, Solo

Nasi liwet merupakan makanan khas Indonesia yang sangat cocok dimakan ketika pagi hari untuk menu sarapan. Namun ada juga beberapa tempat yang menjual sajian ini di makan hari. Nasi liwet merupakan menu masakan sederhana yang cocok dimakan kapan saja.

Nasi dari sajian ini nampak spesial karena dimasak dengan menggunakan santan dan juga kaldu ayam. Selain itu, ditambah beberapa bumbu dapur seperti daun salam dan serai sehingga aroma nasinya terasa lebih sedap dan wangi.

Satu porsi nasi liwet disajikan bersama dengan telur, sambal goreng dan ayam. Masakan ini memiliki rasa yang unik yaitu ada rasa pedas dan gurih.

4. Pempek, Palembang

Makanan khas Indonesia pempek, terbuat dari bahan utama adonan ikan tenggiri yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung tapioka sehingga teksturnya menjadi agak kenyal.

Terdapat beberapa jenis pempek yang dibedakan dari bentuk dan juga isinya, beberapa di antaranya adalah lenjet, kulit, kapal selam, keriting dan lenggang. Salah satu varian yang paling banyak disukai adalah kapal selam yang berisi telur.

Adonan pempek akan diolah dengan cara digoreng hingga berubah warna menjadi agak kecoklatan dan memiliki tekstur yang renyah.

Kemudian disajikan bersama dengan kuah cuko yang memiliki rasa asam dan gurih. Ditambah potongan timun dan mie kuning membuat pempek terasa sangat segar ketika dimakan.

5. Nasi Pecel, Madiun

Makanan khas Indonesia ini berisi aneka berbagai jenis sayur yang direbus kemudian disiram dengan menggunakan bumbu kacang.

Jika dibandingkan dengan masakan dari negara lain, pecel terlihat seperti salad yang menggunakan bumbu berbeda. Jika salad menggunakan mayonaise, pecel menggunakan bumbu kacang.

Sayuran yang terdapat pada satu porsi pecel terdiri dari bayam, tauge, kacang panjang, kemangi dan beberapa sayur lainnya. Kacang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan garam, cabai, bawang, jeruk purut dan asam Jawa untuk dijadikan sebagai bumbunya.

Perpaduan antara bumbu kacang dan sayuran rebus akan menyatu dan menciptakan makanan yang terasa pedas dan mengenyangkan. Umumnya, pecel bisa dikonsumsi bersama lontong atau nasi.

6. Rawon, Surabaya

Makanan khas Indonesia ini memiliki ciri utama kuahnya berwarna hitam. Cita rasa dan warna tersebut didapatkan dari keluak. Sebelum digunakan untuk memasak, keluak direbus terlebih dahulu kemudian diperam selama 1 bulan di dalam abu.

Proses tersebut dilakukan untuk mengeluarkan racun yang terkandung dalam keluak yang baru dipetik. Selain itu sajian masakan ini membutuhkan berbagai jenis rempah lain seperti kunyit, kemiri, jahe, garam dan cabai merah.

Rawon menggunakan isian daging sebagai bahan baku utama. Daging akan direbus bersama dengan bumbu khas hingga matang dengan sempurna.

Perpaduan rasa daging yang empuk akan berpadu dengan rasa bumbu gurih yang menyegarkan sehingga terasa menawan.

7. Kerak Telor, Jakarta

Makanan khas Indonesia yang satu ini merupakan bagian dari budaya Betawi. Bahkan dalam beberapa acara besar, makanan ini selalu ada dan banyak dicari.

Bahan dasar pembuatan makanan ini adalah nasi ketan yang sudah direndam dan telur yang dicampur kemudian digoreng tipis seperti telur dadar kemudian dibakar hingga kering. Keunikan sajian ini adalah proses pengolahannya yang masih menggunakan arang.

Menggunakan kipas tradisional, wangi arang akan membuat masakan terasa lebih lezat. Ketika disajikan, makanan ini ditaburi dengan kelapa parut yang sudah digoreng hingga warnanya kecoklatan dan bawang goreng.

Cita rasa gurih dari kerak telor akan membuat ketagihan. Biasanya kerap telor disajikan dengan menggunakan wadah kertas khusus yang membuatnya cocok dijadikan cemilan mengenyangkan.

8. Betutu, Bali

Bahan utama pembuatan masakan ini adalah ayam dan bebek. Bahan utama akan direbus terlebih dahulu hingga setengah matang.

Bagian perut hewan tersebut akan diisi dengan daun singkong kemudian dimasukkan bumbu bernama base genep.

Itu merupakan bumbu khas Bali yang akan menjadi bumbu utama dalam masakan ini. Selain bagian dalam, bagian luar bahan utama juga akan dibalut dengan bumbu tersebut. Ayam atau bebek kemudian dipanggang hingga matang.

Proses pembuatan masakan ini memang cukup panjang untuk memastikan bahwa tekstur daging akan empuk dan bumbu menyerap hingga ke tulang. Cita rasa sajian ini terdiri dari pedas, gurih dan agak manis.

Makanan khas Indonesia selalu memiliki daya tarik tersendiri yang tidak akan habisnya jika dibahas. Setiap masakan memberikan cita rasa yang berbeda sehingga mampu memanjakan lidah secara optimal.

Berita sebelumya11 Makanan Khas Melayu Paling Terkenal
Berita berikutnyaEkspedisi Jakarta Bali Murah Rp 2.500/kg