10 Makanan Khas Jakarta yang Terkenal

Makanan Khas Jakarta
Images by: masakapahariini.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Jakarta mengandung kebudayaan asli etnis Betawi. Sajian kuliner menjadi item yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan masyarakat setempat.

Hal inilah yang membuat makanan tersebut terasa sangat unik dan istimewa.

Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta bukan hanya memiliki seni dan budaya yang menarik, namun juga sajian kuliner yang beragam.

Cita rasa dari setiap hidangan terasa berbeda dan tentunya menarik untuk dicoba.

Daftar Makanan Khas Jakarta yang Kaya Rasa

Jakarta adalah kampung asli etnis Betawi. Tak heran jika berbagai macam kuliner yang ada di Jakarta dipengaruhi oleh perkembangan budaya Betawi.

Sajian kuliner Betawi memiliki ciri khas dari segi rasa dan juga penampilannya. Rempah yang digunakan juga sangat khas sajian identik dengan rasa gurih dan manis. Berikut sajian Jakarta yang kaya akan rasa:

1. Roti Buaya

Roti khas Betawi ini memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah acara pernikahan. Roti unik dengan panjang 50 cm ini biasanya dibawa oleh keluarga mempelai pria saat datang ke tempat mempelai wanita atau saat melangsungkan lamaran.

Dalam pernikahan adat Betawi, roti buaya merupakan sajian yang harus ada karena memiliki makna yang sangat mendalam.

Konon, roti ini merupakan ungkapan janji setia yang mampu membuat pernikahan yang berlangsung dapat langgeng dan rukun. Budaya ini sudah ada sejak dahulu dan dilakukan secara turun temurun.

2. Ketoprak

Makanan khas Jakarta ini sangat nikmat disantap ketika pagi hari. Menggunakan bahan dasar kacang, sajian ini menghadirkan sensasi santapan yang gurih dan menyenangkan.

Satu porsi ketoprak terdiri dari beberapa bahan seperti ketupat, bihun, tahu goreng dan tauge.

Kemudian bahan utama tersebut disiram dengan kuah kacang yang terbuat dari campuran kacang tanah, cabai, bawang dan gula yang ulek halus dengan menggunakan air hingga menjadi kental. Tingkat kepedasan dari sajian ini bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

3. Soto Betawi

Makanan yang satu ini mempunyai cita rasa yang menawan. Perpaduan kuah santan dan isian daging membuat sajian ini sangat menyegarkan jika dimakan pada siang hari. Untuk membuat kuahnya terasa gurih, santan akan dicampurkan dengan susu.

Sajian makanan ini terdiri dari daging sapi, kikil, paruh, tomat, kentang dan daun bawang. Kemudian disiram dengan kuah santan putih yang agak kental.

Disantap bersama nasi yang ditaburi bawang goreng membuat Anda tidak akan bisa menolak kelezatannya. Isian soto ini umumnya bisa disesuaikan dan dimodifikasi sesuai dengan keinginan Anda.

4. Kerak Telor

Umumnya makanan khas Jakarta yang satu ini bisa Anda temukan dalam berbagai acara yang diselenggarakan di daerah tersebut. Dalam berbagai acara besar, kerak telor merupakan sajian wajib yang harus ada.

Hal tersebut dilakukan karena sajian ini mampu memperlihatkan kebudayaan Betawi yang kental. Bahan dasar pembuatan sajian ini adalah beras ketan dan telur. Namun, ada juga yang ditambahkan dengan ebi kering agar cita rasanya semakin gurih.

Bumbu yang digunakan untuk mengolah masakan ini terdiri dari berbagai rempah seperti kencur, jahe, merica, bawang merah, kelapa sangrai dan cabai. Beras ketan yang sudah direndam akan dicampur bersama dengan telur dan bumbu halus.

Kemudian dibakar dengan menggunakan arang seperti telur dadar. Adonan dibiarkan hingga mengering kemudian ditaburi dengan kelapa sangrai dan bawang goreng.

5. Nasi Ulam

Sajian ini memang terbuat dari bahan utama nasi putih, namun yang membuatnya menjadi istimewa adalah percampuran daun kemangi, serundeng kelapa dan kacang-kacangan di dalamnya. Nasi ini memiliki rasa yang berbeda dengan nasi uduk.

Nasi ulam akan terasa lebih gurih dan wangi. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan semur, empal, ayam goreng dan lain sebagainya.

Tak lupa diberikan sambal untuk memberikan sensasi pedas pada sajian ini. Kepopuleran nasi ulam membuat sajian ini sangat pas untuk menemani Anda sarapan. Meskipun sederhana, namun dapat membuat perut kenyang seketika.

6. Gado-Gado

Hampir mirip dengan ketoprak yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih. Namun bedanya, makanan khas Jakarta yang satu ini berisi berbagai jenis sayuran seperti kacang panjang, jagung, tauge, kangkung, labu hingga telur rebus.

Sajian ini biasanya dihidangkan bersama dengan nasi atau lontong sehingga bisa membuat perut menjadi kenyang setelah memakannya. Gado-gado sering juga disebut sebagai salad versi lokal karena dibumbui dengan kacang.

Bahan utama bumbunya adalah kacang, cabai dan gula yang dihaluskan dengan menggunakan sedikit air.

Semua bahan sayuran akan direbus kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang telah dihaluskan. Sebagai sentuhan akhir, sajian ini ditambahkan kerupuk dan bawang goreng.

7. Semur Jengkol

Sajian ini terkenal dengan baunya yang sangat identik dan mencolok. Beberapa orang mungkin tidak suka dengan baunya, namun tekstur jengkol dikatakan hampir mirip seperti daging sehingga membuat penasaran.

Jika memakan sajian ini memang mungkin mulut Anda akan sedikit bau, namun akan hilang seiring waktu. Dimasak dengan menggunakan rempah pilihan yang membuat bahan utama mampu memiliki tekstur yang empuk.

Umumnya jengkol akan direndam terlebih dahulu sebelum direbus agar cepat empuk. Setelah itu jengkol dicampur dengan menggunakan rempah yang telah haluskan kemudian ditumis sebentar.

Agar terasa manis, sajian diberikan kecap dan sedikit air kemudian dimasak hingga air yang diberikan hampir habis.

8. Getuk Lindri

Kue dengan tekstur agak kenyal ini merupakan makanan khas Jakarta yang terbuat dari singkong. Anda bisa menemukan makanan ini diberbagai toko maupun restoran ala Betawi. Getuk dibuat dari singkong berkualitas yang sudah dikupas dan dibersihkan.

Kemudian bahan utama tersebut direbus hingga empuk kemudian dihaluskan menjadi sebuah adonan. Agar menarik, sajian ini ditambahkan pewarna makanan.

Ketika adonan siap, akan dicetak panjang kemudian dikukus agar teksturnya lembut dan agak kenyal ketika dimakan. Keistimewaan sajian ini adalah penggunaan taburan kelapa saat menyajikannya. Rasanya gurih dan manis.

9. Kue Rangi

Kue tradisional khas Betawi ini sangat unik karena terbuat dari bahan campuran sagu dan kelapa parut.

Keistimewaannya adalah penggunaan saus gula merah yang kental sehingga membuat cita rasa gurih dan manis menyatu dengan sempurna. Anda bisa menyiramkan saus gula ke bagian atas kue atau mencocolnya sedikit demi sedikit.

10. Gabus Pucung

Makanan khas Jakarta ini terbuat dari bahan dasar ikan gabus yang dilengkapi dengan kuah hitam pekat. Kuah tersebut dihasilkan dari campuran kluwak dan pucung.

Meskipun terlihat hampir mirip dengan rawon, namun tekstur kuah yang dimiliki oleh sajian ini tampak berbeda.

Ikan gabus yang sudah digoreng kering akan disiram dengan kuah sehingga menciptakan sajian yang gurih agak sedikit pedas.

Makanan khas Jakarta memang identik dengan cita rasanya yang gurih dan menyegarkan.

Tak heran jika Jakarta selalu menjadi tujuan wisata banyak wisatawan. Dengan mencoba berbagai jenis sajian, Anda bisa menikmati cita rasa yang berasal dari berbagai daerah.

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Jakarta Kendari Kirim 10kg Gratis Jemput
Berita berikutnya2 Bacaan Niat Sholat Jumat, Lengkap Beserta Syaratnya